Pengenalan Program BOTA – Beaches On The Air

Beaches On The Air (BOTA) adalah skema penghargaan untuk amatir radio yang melakukan kegiatan diluar ruangan yaitu khusus portable dari pantai, bisa dikatakan sebuah kegiatan outdoor untuk mengaktivasi sebuah pantai. Akan banyak didapat penghargaan untuk aktivator (mereka yang beroperasi dari pantai) dan chasers (mereka yang menghubungi aktivator dari rumah atau di tempat lain) jika mereka telah saling konfirmasi QSO dan teregistrasi di web site Beaches On The Air.

Anda dapat melakukan aktivasi dari pantai di negara atau wilayah mana pun di seluruh dunia. Ribuan pantai telah terdaftar, dan pantai baru juga dapat ditambahkan saat diaktifkan. Hal ini berbeda dengan Summits On The Air (SOTA) yang dilakukan di Gunung, dimana setiap gunung telah ada didaftar dahulu dengan kode tertentu.

Di Indonesia kegiatan BOTA pertama kali dilakukan pada tahun 2019 oleh Kenji Sekiguchi – YC3KNJ. Pada waktu itu untuk mengaktivasi, seorang aktivator harus membayar dengan sejumlah uang dengan nominal tertentu. Karena berbayar maka kegiatan BOTA kurang populer di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya, kemudian muncul Summits On The Air (SOTA) dan Park On The Air (POTA).

Untuk saat ini kegiatan Beaches On The Air adalah free! (GRATIS). Anda dapat bergabung / registrasi keanggotaan melalui web BOTA. Berbeda dengan SOTA dan POTA, pada BOTA rulenya sangat mudah. Menurut Galih Suryananto – YC2VOC (seorang aktivator) sekaligus yang menjadi anggota dewan (Om Council) di BOTA, “BOTA is just fun!”.

Saat penulis ngobrol santai via chat dengan Om Galih yang merupakan admin perwakilan Indonesia di BOTA, menurut beliau “Kegiatan bagi amatir radio Indonesia di alam terbuka ini memeberi kesempatan kepada mereka yang tidak bisa melakukan SOTA dan POTA karena keterbatasan lokasi yang harus sudah teregister. Karena di dalam kegiatan BOTA tempat yang belum terdaftar / unlisted bisa diaktivasi“.

Ribuan pantai tersebar di negeri kita tercinta ini, untuk lebih mengenalkan keindahan pantai diwilayah Anda, Anda dapat akan lebih mudah untuk melakukan aktivasi sebuah pantai dengan kegiatan BOTA. Secara kebetulan di Indonesia ada Amatir Radio (YC2VOC) yang masuk di daftar OM Council di BOTA, jadi Anda dapat mengaktivasi pantai diwilayah Anda meski masih unlisted. Sehingga melalui Om Galih – YC2VOC sebagai management and strategic development of Beaches On The Air yang diberi fasilitas untuk menjadi sponsor di Indonesia dan sekaligus sebagai approvel sebuah aktifasi pantai.

Mari lakukan kegiatan hobby amatir radio sesuai minat Anda, khususnya yang suka di luar ruangan Anda dapat melakukan BOTA, seperti yang telah dilakukan oleh beberapa rekan-rekan amatir radio di Indonesia; YC3KNJ, YC2VOC, YC2LLT, YC0AUW dan yg lainnya seperti yang pernah penulis tampilkan disini .(2\TFB)

Apa itu BOTA, bagaimana cara mendaftar dan bagaimana cara melakukan BOTA ? selengkapnya Anda dapat simak dibawah ini;

Youtube Chanel YC2VOC

Salam sehat dan bermanfaat.(\2tfb)