CQ BOTA Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

11 April 2021 Anang – YD2ELT melakukan kegiatan Beaches On The Air (BOTA) untuk mengaktivasi sebuah pantai Pok Tunggal – Yogyakarta. Kegiatan outdoor dalam program BOTA ini dilakukan Anang saat seminggu menjelang bulan Ramadhan.

Pantai Pok Tunggal di Yogyakarta memang masih belum populer, sepopuler Parangtritis atau Baron. Namun keindahan Pantai Pok Tunggal ini panorama alamnya tak kalah menarik juga untuk dijadikan sebagai tempat melepas lelah dan rekreasi bersama keluarga. Tak heran biarpun lokasinya harus ditempuh jalan kaki sejauh 1km dari jalan utama, tak membuat pengunjung sepi.

Setiba dilokasi Anang mempersiapkan perangkat komunikasinya. Cukup sulit mencari tempat untuk mendirikan antena, karena dengan antena dipole model inverted full zise. Kendalanya adalah tiang yang harus digunakan untuk menaruh antena tersebut.
Beruntung penyewa payung di pantai tersebut memberi fasilitas untuk menggunakan tiang payung sebagai penopang. antenanya.

Setelah perangkat siap digunakan Anang – YD2ELT melakukan CQ BOTA Pantai Pok Jogja. Hampir dua setengah jam, dimulai dari pukul 12:00W ib s/d 14:30 Wib Anang berhasil melakukan kontak dengan beberapa stasiun (chaser). Jumlah yang lumayan (49 QSO) untuk sebuah aktivasi running dengan QRP dan terkendala dengan banyak gangguan, yaitu adanya suara bising mesin diesel di sekelilingnya.

Beaches On The Air – Nguluran Beach

Suasana memang berbeda dengan lokasi awal yang diaktivasi sebelumnya pada tanggal 21 Febuari 2021, yaitu pada Beaches On The Air di Nguluran Beach.

Lokasi Pantai Pok Tunggal sendiri tepatnya berada di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, koordinat -8.155227106051445, 110.62177103908404. Anda dapat berkunjung ke lokasi ini bersama keluarga.

Untuk yang belum paham dengan kegiatan Amatir Radio Outdoor, Beaches On The Air (BOTA), Anda dapat menyimak di: Pengenalan Program BOTA di Indonesia. Be Happy and Just Fun!(\2tfb)

Tinggalkan Balasan