Cara Melakukan Kegiatan di Program Beaches On The Air – BOTA

Cara Melakukan Kegiatan BOTA

Kemarin kita telah membahas tentang Pengenalan Program Beaches On The Air dalam kegiatan amatir radio atau orang sering menyebutnya BOTA.

Diawal kita tahu bahwa Beaches On The Air merupakan kegiatan Amatir Radio yang beroperasi dari sebuah pantai. Mirip halnya dengan kegiatan outdoor lainnya seperti Summits On The Air, Parks On The Air, Island On The Air dan lainnya, program BOTA adalah skema penghargaan untuk amatir radio namun khusus beroperasi di pantai.

Sangat beruntung menjadi seorang amatir radio di Indonesia, karena jumlah pantai hampir tercatat dua ribu pantai dan bahkan banyak yang belum mempunyai nama. Dalam berkegiatan BOTA, kita bebas untuk melakukan di pantai manapun. Pada data website Beaches On The Air, telah tercatat lebih dari tiga puluh ribu pantai. Data itu diambil dari badan perlindungan lingkungan di seluruh dunia.

Namun bagaimana kalau nama pantai yang akan kita aktivasi untuk kegiatan BOTA masih unlist/belum terdaftar? Kita dapat menambahkan nama pantai tersebut dengan mencari / menjadi sponsor untuk menambahkannya.
System Sponsorship dapat dilakukan dengan cara membayar sejumlah uang melalui donasi di website BOTA. Berbeda dengan aturan sebelumnya, Anda dapat membaca ulang di artikel sebelumnya.

Berapa nominal yang perlu kita donasikan untuk menjadi sponsor? sebelum menjawab pertanyaan ini, cara donasinya adalah melalui akun PayPal / credit card. Untuk saat ini nominal donasi minimal adalah €9.99, dengan melakukan donasi otomatis sudah dapat menjadi seorang sponsor untuk listed sebuah pantai.

Nilai €9.99  kira-kira Rp.215.000 dan jika dikurskan dengan mata uang negara pemilik web adalah 1000 B-Sheels. Sementara untuk mensponsori satu buah pantai dibutuhkan 200 B-Sheels (berlaku untuk sponsor khusus dari Indonesia), jika sponsor dari luar negeri hanya 100 B-Sheels. Jadi jika sponsor melakukan sekali donasi bisa digunakan untuk listed 5 buah pantai.

Di Indonesia, sekarang ada komunitas (masih dirintis kayaknya) yaitu iBOTA kepanjangannya Indonesian Beaches On The Air. Di iBOTA ada banyak rekan-rekaan amatir radio yang sudah menjadi sponsor. Jadi kalau kita mau aktivasi sebuah pantai, kita bisa minta tolong ke mereka menjadi sponsor untuk aktivasi pantai yang masih unlist.

Setelah pantai yang menjadi sasaran untuk diaktivasi sudah terdaftar, aktivator dapat melakukan aktivasi di pantai tersebut. Diawal saya sebutkan bahwwa program BOTA adalah skema untuk mendapatkan penghargaan atau award, jadi sebelumnya juga harus teregister di website BOTA untuk dapat claim award sesuai rule yang ditentukan.

Dalam kegiatan BOTA bukan saja seorang aktivator saja yang akan mendapatkan award, namun seorang chaser (orang yang beroperasi dari rumah/tempat lain) juga berkesempatan mendapatkan award.

Award didapatkan dengan cara mengumpulkan point di setiap aktivasi, baik aktivator maupun chasernya. Point dihitung berdasarkan jumlah chaser yang mengkonfirmasi aktivasinya dengan menambahkan/melaporkan hasil komunikasi di website BOTA.

Setiap chaser akan mendapatkan point dari setiap komunikasi yang terkonfirmasi di web tersebut. Jadi kalau menjadi chaser, sebaiknya konfirmasilah komunikasi Anda melalui web tersebut sesuai dengan hasil QSO Anda.

Untuk aktivator maupun chaser dibolehkan mengejar point di pantai yang sama sebanyak yang diinginkan. Sehingga akan ada point tambahan dalam setiap aktivasi.

Kegiatan Beaches On The Air menurut Galih Suryananta – YC2VOC merupakan kegiatan amatir radio dengan prinsip “just fun and happy“. Namun demikian menurut saya banyak sisi positif jika kita melakukannya, diantaranya untuk membantu mempromosikan destinasi wisata khususnya pantai di daerahnya masing-masing.

Bukan saja itu, tetapi juga dapat menjadi ajang latih diri untuk komunikasi dengan daya sekecil-kecilnya untuk jangkauan sejauh mungkin. Bagi club station yang mau menyelenggarakan kegiatan BOTA juga dapat digunakan untuk melatih anggotanya dalam teknik emergency set up antena dan perangkat dengan baik.

Tunggu artikel terkait berikutnya tentang sejarah BOTA di Indonesia dan bagaimana persiapan untuk melakukan BOTA, SOTA atau OTA yang lainnya. Beberapa contoh kegiatan BOTA yang sudah dilakukan rekan-rekan Amatir Radio Indonesia dapat di baca DISINI

Semoga tulisan ini bermanfaat, terkhusus untuk Lokal saya ORARI Lokal Kendal.
Anda dapat membagikan artikel ini, namun jangan lupa untuk backlinknya.(\2TFB)

Foto: YB1UUU saat QRP di sebuah pantai.