Program Amatir Radio Parks On The Air

Parks On The Air

Parks On The Air (POTA) adalah sebuah program Amatir Radio untuk beroperasi di alam terbuka, taman nasional maupun hutan lindung tingkat propinsi.

Keahlian operator sangat diperlukan, termasuk Skill Survival Communication atau radio prefing, dimana skill ini dibutuhkan pada saat kondisi DARURAT. Sehingga seorang operator radio harus mampu membangun stasiun pemancar radio dalam keadaan darurat.

Kegiatan Parks On The Air ini sangat mengasyikan untuk amatir radio yang suka berpetualang. POTA juga bisa digabungkan dengan kegiatan outdoor lainnya seperti, Camping, Highking, memancing, dll

Daftar nama taman nasional telah dikirim ke koordinator POTA dan telah tersedia.

Bagi yang sudah familiar dengan Island On The Air (IOTA) program POTA ini sudah tidak begitu membingungkan. Akan tetapi bagi anggota amatir baru dan belum pernah mengikuti program kegiatan dalam IOTA atau On the Air yang lainnya, akan bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya.

Singkatnya adalah salah satu amatir yang kita sebut sebagai aktivator, seorang aktivator akan melakukan kegiatan amatir radio outdoor di taman nasional atau hutan lindung propinsi dan melakukan panggilan CQ Parks On The Air. Contohnya “ CQ Parks On The Air YC2VOC ” dan nanti dalam periode tertentu atau interfal tertentu sang aktivator bisa menyebutkan number POTA tersebut. Misalnya YC2VOC POTA Number YB002. Kemudian amatir radio lainnya akan mencari dan merespon panggilan tersebut dan saling tukar report.

Biasanya QSO nya sangat singkat atau singkat, dan para amatir radio yang merespon panggilan CQ tersebut disebut hunter, lebih gampangnya lagi di POTA anda juga boleh CQ-CQ polos tanpa embel-embel menyebutkan POTA, itupun tetap syah, jadi sangat enak sekali.
Bahkan Anda monitor yang ada di list POTA dan menjawab CQ kita menjawab dan sedang berada di list POTA tersebut itu juga bisa dimasukkan dalam log POTA tersebut. Dan enaknya lagi apabila kita sedang melakukan kontes di kawasan POTA tersebut kita juga bisa mengirimkan log tersebut.

Log hasil QSO tersebut nantinya akan dikirim oleh aktivator (orang yang beroperasi di park tersebut) ke koordinator log sesuai call area.

Bagaimana cara mengirimkan log ?

Masing-masing peserta baik aktivator maupun hunter bisa mendapatkan award yang bisa dilihat jenis-jenisnya di web POTA. Adapun amatir yang wajib menyerahkan log hanya si aktivator. Jadi Hunter tidak wajib mengirimkan log dan tidak perlu melakukan apa-apa, disarankan hunter tetap mendaftarkan akun untuk mendapatkan award dalam program POTA tersebut.

Dalam melakukan aktivasi di Parks On The Air, Anda harus mendaftarkan di website POTA (Parks On The Air) dengan akun gmail atau facebook. Ada beberapa yang harus dipatuhi dalam program POTA, diantaranya Anda harus menyetujuinya beberapa code of conduct.

Bagaimana Peraturan POTA?

Untuk rule/aturan pada program POTA ini, Anda dan atau perangkat Anda harus berada pada perimeter atau kawasan hutan pada list yang ada yaitu kawasan hutan lindung tersebut, meskipun Anda juga beroperasi didalam kendaraan atau metode lain selagi masih di kawasan tersebut.

Gunakan peta di website POTA yang dikombinasikan dengan gogle map dan lokasi hutan yang resmi untuk mengetahui batas-batas hutan tersebut. Jika taman atau hutan tersebut merupakan bagian dari sistem jalan setapak atau sungai, Anda harus berada didalam hutan dengan jarak minimal 30 meter dari jalan setapak atau sungai tersebut.
Anda juga dilarang melanggar atau melewati batas-batas properti milik pribadi untuk mengakses kawasan taman nasional atau hutan tanpa izin pemilik properti yang mana dapat mencoreng nama baik program POTA.

Dalam mengikuti program ini Anda bertanggung jawab atas keamanan diri sendiri dan mematuhi peraturan pemerintah setempat. Anda hanya bisa bekerja pada satu referensi setiap saat. Jika Anda berada di taman nasional yang mana taman nasional / hutan tersebut.(\2TFB)

Sumber info: Galih – YC2VOC