Macam-macam Program DXPedition Berdasar Lokasi

Amatir Radio adalah sebuah hooby yang menyenangkan, apa lagi jika dilakukan berpetualang di luar base station. Karena dalam berpetualang tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Petualang Amatir Radio dengan kegiatan DX Pedition (beroperasi di luar rumah / out door) banyak sekali macamnya. Salah satu contoh kegiatan DX Pedition yang populer saat ini adalah BOTA (Beaches On The Air).

Namun beberapa Amatir Radio di Indonesia ada yang belum tahu, bahwa DX Pedition banyak program yang dibuat berdasarkan lokasi yang digunakan. Sehingga saat ada kegiatan CQ… CQ… di band khususnya mode phone banyak yang salah meresponnya dalam berpartisipasi sebagai chaser/hunter. Inilah beberapa contoh Program DX Pedition yang sering dioperasikan Amatir Radio di YB Land;

LOTA (Lakes On The Air)

Lakes On The Air
Lakes On The Air

Program ini bertujuan memperkenalkan wisata danau (lake tourism) di Indonesia yang ditujukan terutama penggiat kegiatan Amatir Radio OutDoor di danau. Program ini dibuat oleh YB6DX_Community, untuk lebih lengkapnya apa dan bagaimana aturan mengikuti program Lakes On The Air dapat disimak melalui YB6_DXPedition-LOTA.

BOTA (Beaches On The Air)

Beaches On The Air
Beaches On The Air

Ada dua Program Beaches On The Air di YB Land yang dibuat yaitu, Indonesian Beaches On The Air (iBOTA) dan BOTA dari YB6_DXPedition. Program ini sama-sama bertujuan mengenalkan wisata pantai kepada dunia khususnya wisata Pantai yang ada di Indonesia dan ditujukan kepada semua Amatir Radio terutama kegiatan Amatir Radio Out Door di Pantai.
Untuk Indonesian Beaches On The Air (iBOTA) yang dibuat oleh PT.DXPortable Amatir Radio yang berbasis di Indonesia secara lengkap Anda dapat mengunjungi pada https://ibota.id/.
Sementra untuk Program BOTA yang dibuat oleh YB6_DXpedition, bagaimana cara mengikuti, apa saja aturan dalam program BOTA ini dapat mengunjungi https://bota.yb6-dxc.net/. Untuk BOTA dari https://www.beachesontheair.com/ penulis menilai bahwa program tersebut akhir-akhir ini tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya.

MOTA (Mountains On The Air)

Mountains On The Air
Mountains On The Air

Program MOTA sama halnya dengan kegitan SOTA (Summits On The Air), Kegiatan Amatir Radio Mountains On The Air dibuat oleh YB6_DXpedition. Program ini bertujuan untuk mengenalkan wisata Gunung kepada dunia khususnya wisata Gunung di Indonesia dan ditujukan kepada semua Amatir Radio terutama penggiat kegiatan Amatir Radio Out Door di Gunung atau Mountains.
Bagaimana cara mengikuti MOTA YB6_DXPedition Anda dapat mengunjungi website nya di YB6_DXPedition MOTA.

LHOTA (Lighthouse On The Air)

Lighthouse On The Air
Lighthouse On The Air

Program ini bertujuan untuk mengenalkan wisata Lighthouse atau Mercusuar di Dunia khususnya wisata Lighthouse atau Mercusuar yang ada di Indonesia dan ditujukan kepada semua Amatir Radio terutama penggiat kegiatan Amatir Radio Out Door di Lighthouse. Bagaimana cara mengikuti LHOTA Anda dapat mengunjungi YB6_DXPedition https://dxpedition.yb6-dxc.net/lighthouse/

TOTA (Temples On The Air)

Temples On The Air
Tamples On The Air

Program ini bertujuan untuk mengenalkan wisata Candi di Dunia khususnya wisata Candi yang ada di Indonesia serta mengenalkan dan melestarikan budaya dan kebudayaan leluhur dan ditujukan kepada semua Amatir Radio terutama penggiat kegiatan Amatir Radio Out Door di Area Candi atau Temple. Cara mengikuti TOTA YB6_DXPedition secara lengkap dapat mengunjungi https://dxpedition.yb6-dxc.net/temple-activation/

TPOTA (Tourist Parks On The Air)

Tourist Parks On The Air
Tourist Parks On The Air

Program ini bertujuan untuk mengenalkan potensi tempat wisata dan pariwisata di Dunia khususnya tempat wisata dan pariwisata Taman Nasional atau Hutan Wisata dan Tempat Rekreasi yang ada di daerah daerah Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia dan ditujukan kepada semua Amatir Radio terutama penggiat kegiatan Amatir Radio Out Door di Taman atau Parks. Cara mengikuti TPOTA YB6_DXPedition secara lengkap dapat mengunjungi YB6_DXPedition https://dxpedition.yb6-dxc.net/tourist-park-activation/.

SOTA dan iSOTA (Indonesian Summits On The Air)

iSOTA – SOTA – MOTA

Indonesian Summits On The Air (iSOTA) sama halnya dengan kegiatan SOTA dari website https://www.sota.org.uk, namun iSOTA adalah program yang dibuat oleh PT.DXPortable Amatir Radio yang berbasis di Indonesia.
Sementara MOTA adalah program yang dibuat oleh YB6DX_Pedition. Untuk rule/aturan dan devinisi secara lengkap apakah itu SOTA dapat dibaca kembali pada postingan terdahulu di YB – Summits On The Air (SOTA).

POTA dan iPOTA (Indonesian Parks On The Air)

Indonesian Park On The Air

Amateur radio from the parks yaitu program yang dibuat untuk Amatir Radio yang beroperasi di taman nasional. Tujuan iPOTA mirip dengan POTA pada postingan terdahulu. Anda dapat kembali membacanya di sini: Program Amatir Radio Parks On The Air

iBOTA (Indonesian Beaches On The Air)

Logo iBOTA

iBOTA adalah Program untuk semua Radio Amatir di seluruh dunia yang suka bekerja Portable dari pantai. Kegiatan ini dikenal sebagai salah satu DXPedition yang paling terkenal dan dicari di kalangan radio amatir. Ini adalah program yang menyenangkan dan berguna untuk mempromosikan pantai melalui amatir radio.
Program iBOTA dibuat oleh PT DXPortable Amatir Radio yang berbasis di Indonesia secara lengkap Anda dapat mengunjungi pada https://ibota.id/.

Masih ada beberapa program On The Air yang lainnya nanti yc2tfb.net akan kembali mencoba update berikutnya. Jika Anda mempunyai pengetahuan yang lain untuk dibagikan Anda dapat berkontribusi melalui menu kontribusi yang tersedia. Semoga informasi ini bermanfaat dengan harapan tidak akan terjadi lagi kesalahan dalam merespon panggilan.(2TFB)

Sumber: DXPortable, DXpedition YB6_DXCommunity Indonesia, Beaches On The Air YB6_DXCommunit, iBOTA

Tinggalkan Balasan