Menata Ruang Operator Stasiun Amatir Radio – Ham Shacks

Ruang yang sempit, beberapa perangkat alat komunikasi yang terlihat acak-acakan belum lagi kabel yang berseliweran disana-sini tentu tidak enak dipandang nyaman apalagi aman, tentu kita tidak menginginkan bukan?

Sebagian orang mengabaikan hal penataan ruang komunikasi atau studio stasiun radio. Ada banyak yang menyatu dengan ruang lain. Bahkan ada yang satu ruang dengan tempat melepas lelah sehabis aktifitas yaitu kamar tidur. Beberapa dari mereka mempunyai alasan keterbatasan tempat untuk menyediakan ruang tersendiri studio atau stasiun radio mereka.

Kelihatan sepele memang kalau kita pikir sesaat dan hanya memandang fungsinya tanpa memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Coba bayangkan sebuah stasiun radio yang mempunyai beberapa perangkat dan beberapa asesoris yang tidak ditata dan tanpa ruang tersendiri. Hal itu pasti akan cukup mengganggu kenyamanan berkomunikasi, keamanan bagi anggota keluarga lain terutama anak-anak yang rentan bahaya arus listrik. Mengganggu kegiatan anggota keluarga lain disini misalnya anak-anak yang perlu belajar dirumah tentu membutuhkan ketenangan dan konsentrasi mereka.

Tak jarang kalau ada teman se-hobby yang berkunjung akan penasaran kalau tidak ikut melihat peraangkat kita, apa mereka akan kita usung ke kamar tidur? tentu tidak bukan… kecuali dengan lawan jenis yang menjadi “pojokan” kita, hehehe…

Untuk itu ada baiknya kita menyediakan ruangan khusus untuk melakukan hobby ngebreak ini. Sayangnya tidak semua orang memiliki ruang yang bisa dipergunakan khusus untuk stasiun radionya, terutama yang menempati rumah ber- type kecil. Sebenarnya alasan ini bisa kita atasi dengan penataan yang sedemikian kita atur.

Penempatan stasiun radio amatir (Ham Shack) tergantung ketersediaan ruang dirumah, jumlah peralatan yang dipergunakan juga perlu diperhitungkan. Bagi yang memiliki banyak peralatan memang perlu memiliki ruang tersendiri untuk menempatkan peralatannya. Ada beberapa alternatif diantaranya kita pilih sudut ruangan sebagai tempat stasiun dengan memberi beberapa rak atau meja bertingkat. Sehingga akan lebih mudah menjangkau peralatan yang akan pergunakan.
Banyak sekali pilihan model rak yang dijual ditoko-toko meubel. Kalau membuat sendiri kita bisa menyesuaikan ukuran dan model sesuai kebutuhan. Untuk membuat rak, kita bisa memilih permanen atau non pemanen atau lepas pasang.

YB0SHR & YB0GIN

Beberapa pilihan bahan bisa kita pakai baik dari kayu atau besi letter L berlubang, baja ringan atau alumunium. Kita bisa meminta bantuan seorang tukang dan menentukan desainnya. Yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat rak kita ukur dulu peralatan yang akan ditempatkan, baik tingginya maupun lebar dan panjangnya.

Sesuaikan jarak antara rak atas dan bawah, misalnya untuk meletakkan Power Supply kita ukur ketinggian lebar dan panjangnya dulu. Sehingga setelah jadi nanti tidak ada kesulitan kita meletakannya. Perlu diingat berikan jarak untuk lubang angin, karena saat peralatan kita bekerja tentu membutuhkan ventilasi agar tidak cepat panas.

Pertimbangkan pula penataan kabel baik kabel antena maupun kabel listrik. Sebisa mungkin kabel diletakkan pada tempat yang “tersembunyi” agar terlihat rapi dan aman. Steker / colokan  dan kabel dengan arus listrik agar tidak mudah dijangkau anak-anak ( bagi yang mempunyai anggota keluarga anak-anak). Kecuali beberapa kabel yang tidak mungkin bisa kita “sembunyikan” seperti kabel extramic dan lain sebagainya.

Usahakan pula tempat untuk menulis disebelah atau didepan perangkat. Setiap kegiatan komunikasi di Amatir Radio kita dituntut untuk mengisi log sheet atau menulis hal lain yang sekiranya diperlukan. Walau tidak menutup kemungkinan didepan ada layar monitor dan keyboard PC atau pun laptop sebagai alat bantu logger.

Stasiun Amatir Radio Anda Yudas -YB6HAI banyak sekali perangkat yang dimilikinya, coba bayangkan bila tidak ditata mungkin terlihat seperti kapal pecah. Namun tidak demikian dengan beliau, (LIHAT FOTO DIATAS) dengan meja operator yang ditata sedemikan terlihat rapi dan mudah pengoperasiannya.

Beberapa contoh gambar yang lain dari stasiun radio dibawah ini patut kita contoh;

Artikel ini pernah saya tulis pada tahun 2011 bulan Mei di blogspot dengan judul: “Ruang Operator Stasiun Radio Amatir”. Namun saat laptop saya diambil pencuri semua artikel dan data yang ada di semua akun online saya hilang.(\2TFB)

FOTO selengkapnya yang diambil dari beberapa sumber dan keterangan lengkapnya dapat di lihat di SINI.

Tinggalkan Balasan