iBOTA Pantai Parangkusumo di Bantul Jogjakarta

iBOTA Pantai Parangkusumo

Selain aktivasi sebuah puncak iSOTA YB/YO-S003, YC5YC/2 juga akan aktivasi pantai dalam kegiatan iBOTA Pantai Parangkusumo di Bantul Jogjakarta pada tanggal 14/03/2022.

Aktivasi pantai dalam Indonesian Beaches On The Air (iBOTA) Pantai Parangkusumo akan dilakukan president DXPortable (YC5YC/2) bersama 4 aktivator yang sama iSOTA Gunung Merapi Pesanggrahan Ngeksigondo. 4 activators tersebut adalah Davidcy (YC5YC), Jilly (YB1JYL), Ravie (YB7RV) dan Joko Trisartono (YC7HKV) dengan portable 2 atau /2.

Kegiatan Beaches On The Air tersebut merupakan rangkaian dalam rangka kunjungan eyeball QSO untuk memeriahkan MUSDA VIII ORDA DIY.

iBOTA Pantai Parangkusumo di Bantul Jogjakarta
Pantai Parangkusumo

Dari Pantai Parangkusumo yang bersebelahan dengan Pantai Parangtritis, activators akan melakukan aktivasi melalui 40m band dengan mode SSB.

Lokasi Pantai Parangkusumo jaraknya kurang lebih 60km dari lokasi MUSDA VIII ORDA DIY @K Hotel Kaliurang. Jika ditempuh dengan mobil pribadi dari @K Hotel Kalasan estimasi 1 jam 44 menit. Koordinat pantai berada pada Latitude: -8.022366595361671 dan Longitude: 110.32231518465477 yang termasuk wilayah Kabupaten Bantul, Prov. Yogyakarta.

Tentang Pantai Parangkusumo

Parangkusumo terkenal dengan cerita mistis dengan adanya batu cinta, yang konon katanya sebagai tempat pertemuan Nyi Roro Kidul dengan Penembahan Senopati. Nyi Roro Kidul sangat dikenal sebagai Ratu atau Penguasa pantai selatan. Legenda Ratu Kidul (Nyi Roro Kidul) sangat dipercaya oleh masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta.

Pada hari-hari tertentu Pantai Parangkusumo, khususnya Jum’at Kliwon atau Selasa Kliwon banyak pengunjung yang melakukan ritual semedi/tirakat.

Dibalik cerita/legenda mistis, Pantai Parangkusumo menyimpan keindahan yang mempesona dan menakjubkan. Bagi wisatawan yang berkunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, salah satu favorit para wisatawan adalah sandboarding di gumuk pasir.

Gumuk pasir Parangkusumo merupakan satu-satunya tempat sandboarding pasir di Asia Tenggara, sehingga banyak wisatawan manca ingin berkunjung disini. Selain melakukan sandboarding pengunjung dapat menyewa andong kendaraan yang ditarik kuda khas Yogyakarta.

Bagi anggota Amatir Radio yang suka melakukan DXPedition, tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan melakukan kegiatan BOTA jika berkunjung ke pantai. Berkegiatan BOTA selain berwisata juga akan dapat mengabarkan keseluruh dunia tentang kekayaan alam khususnya wisata pantai di Indonesia

iBOTA Pantai Parangkusumo di Bantul Jogjakarta

Aktivasi Pantai Parangkusumo pada tahun lalu (14 Mei 2021) pernah juga dilakukan oleh aktivator Dedy Hendra Wardana – YD2UJT asal Bantul Jogjakarta. Saat itu adalah masa puncak pandemi covid-19, sehingga melalui kegiatannya sambil ikut mengkampanyekan anjuran pemerintah untuk tetap dirumah saja.

Pada aktivasi Pantai Parangkusumo bersamaan kunjungan President DXPortable dan President YLCI acara MUSDA VIII ORDA Jogjakarta, silahkan para chasers untuk hunting di 40m band mode SSB tanggal 14 Maret 2022.

QSL info selengkapnya dapat dilihat melalui ibota.id Pantai Parangkusumo dengan beach number 168.

Kontributor: Davidcy – YC5YC

Tinggalkan Balasan