Apa itu, Young Lady Contester of Indonesia?

Logo YLCI

Untuk mengetahui apa itu Young lady Contester of Indonesia, kita bisa menyimak pada website yang telah launching hari ini tanggal 29 Mei 2021. Berikut kutipan about Young Lady Contester of Indoneseia (YLCI);

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 17 tahun 2018 pasal 1 ayat 2 menyebutkan bahwa Kegiatan Amatir Radio adalah Komunikasi Radio mengenai ilmu pengetahuan, penyelidikan teknis dan informasi yang berkaitan dengan teknik radio dan elektronika. Sedangkan Amatir Radio adalah orang yang melakukan Kegiatan Amatir Radio berdasarkan Izin Amatir Radio.

Di Indonesia Amatir Radio diwadahi dalam satu organisasi yakni ORARI, anggota ORARI tersebar dari Call Area 0 sampai dengan Call Area 9. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam kegiatan Amatir Radio, salah satunya adalah kontes bagi para Amatir Radio.

Dari berbagai macam kontes yang diadakan, masih sedikit YL’s operator yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Berawal dari hal tersebut beberapa kawan diantaranya Old Man Bobby Nurhasyim Khalik – YB4GBN/1 sebagai bagian dari YB6_DXC menghubungi beberapa YL diantaranya Liesda Riyani – YB1JYL, Nina EBW – YC3DOC dan Endang Sulistyowati – YB2BSE menyepakati untuk membentuk wadah bagi para YL operator yang memiliki semangat dan keinginan untuk belajar dalam kegiatan kontes amatir radio.

Rabu 24 Maret 2021 merupakan moment special dimana para YL operator mengadakan meeting untuk pertama kalinya. Dipandu oleh Old Man Bobby Nurhasyim Halik YB4GBN/1 dan Young Lady Liesda Riyani – YB1JYL sebagai moderator meeting dihadiri kurang lebih 43 peserta. Disampaikan pula tujuan dibentuknya grup semula bernama Young Lady Contester Trainee kemudian sesuai kesepakatan bersama berubah menjadi Young Lady Contester of Indonesia (YLCI), dan tanggal tersebut ditetapkan pula sebagai lahirnya Young Lady Contester of Indonesia.

Salah satu tujuan dibentuknya YLCI adalah untuk mempersiapkan kontester-kontester handal dari Indonesia. Target jangka pendek dari YLCI adalah mempersiapkan YL Contester dalam ajang WPX Contest tanggal 27 – 28 Maret 2021. Pertemuan intensif dilakukan dengan bimbingan OM Bobby diantaranya persiapan N1MM, cara pengisian sampai pada pengiriman logsheet. Sedangkan program jangka panjang pelatihan akan mendatangkan guest star yang memiliki kapabilitas dibidangnya masing-masing misalnya tentang Operating Prosedur, BOTA/SOTA, RTTY, CW, Antena, dll.

Source: https://ylci.yb6-dxc.net/