Apa itu, YBLand DXing Passion Is (YBDXPI) ?

YBLand DXing Passion Is

Di Indonesia ada banyak sekali club atau komunitas anggota amatir radio. Contohnya club yang diprakarsai oleh seorang pegiat hobby di Amatir Radio Budi Santoso – YE1AR yaitu YBDXPI.

Apa itu YBDXPI? Jawaban lengkapnya dapat kita lihat pada website yang dibangun oleh club tersebut. Jika kita membuka tentang YBDXPI disana dijelaskan bahwa YBDXPI merupakan kependekan dari YBLand DXing Passion Is.

Maksudnya YBland adalah anggota Amatir Radio Indonesia, sedang DX-ing adalah komunikasi jarak jauh menggunakan radio lintas negara. Sementara passion menunjukkan semangat yang tinggi untuk melakukan DX.

Sejarah YBDXPI terbentuk dari sebuah kelompok kecil melalui sebuah WhatsApp Group. Dalam kelompok kecil tersebut digunakan untuk saling berbagi pengetahuan tentang DX-ing, Contest, eksperimen radio dan teknik pengoperasian software pendukung dalam komunikasi. Semua yang berkaitan dengan DX dibahas tuntas dalam kelompok atau group tersebut.

Tujuan utama YBDXPI adalah untuk berbagi pengetahuan atau prosedur komunikasi yang baik dan benar dengan berbagai entitas. Tidak hanya itu, grup ini juga mendorong Anggota Radio Amatir untuk bisa mendapatkan penghargaan berupa DX Century Club (DXCC)dari The American Radio Relay League (ARRL).

Visi dibentuknya YBDXPI diharapkan untuk menciptakan DX-er baru yang berkwalitas, profesional dan berintegritas bagi anggota Amatir Radio di Indonesia dengan motto YBDXPI “Keep High Spirit for New Entity”.

Saat ini member dari YBDXPI semakin hari semakin meningkat. Hal ini menunjukkan semangat Amatir Radio di Indonesia untuk lebih maju dan siap berkompetisi di tingkat Internasional.

Saat penulis mencoba menggali informasi, salah satu member/anggota mengatakan “Menjadi member YBDXPI ada tantangan tersendiri yang mendorong untuk lebih maju di kegiatan Amatir Radio, sehingga memotivasi untuk terus belajar dan mengejar target meraih prestasi“.

Di dalam YBDXPI secara sabar dan penuh keakraban bimbingan serta arahan diberikan kepada setiap member. Sebagai wadah penyemangat untuk meraih entity, YBDPI juga memberikan penghargaan kepada setiap member yang meraih prestasi baru.

Jika Anda ingin menjadi seorang Amatir Radio yang berkwalitas, tak salah jika ikut bergabung untuk belajar dan berbagi ilmu pengetahuan di YBDXPI.

Cara bergabung cukup mudah, masuk di situs YBDPI dan tekan tombol “Joint”. Ada beberapa syarat dasar yang harus dipenuhi untuk bergabung disana. Bagi YB-Land minimal 10 entity mixed di LoTW dan untuk DX station 100 entity mixed LoTW.(\2TFB)

Sumber: YBDXPI.NET
Foto: Facebook

Tinggalkan Balasan