Temple On The Air (TOTA) Pura Taman Ayun

iTOTA Pura Taman Ayun Temple On The Air Pura Taman Ayun

Kegiatan Amatir Radio program “Temple On The Air” (TOTA) Pura Taman Ayun, akan dilaksanakan oleh 6 aktivator pada 13 Maret 2022. Kegiatan akan menggunakan program dari DXpedition.yb6-dxc (TOTA) dan DXPortable dengan nama Indonesian Temple On The Air (iTOTA) Pura Taman Ayun.

Activators yang akan beroperasi melalui 40m band dengan mode SSB yaitu; YC9BFQ/P, YB9ETJ/P, YC9BEG/P, YC9BQM/P, YC9AGM/P dan YG9CVB/P. Para aktivator tersebut tentu sudah tidak asing bagi pecinta kegiatan DXPedition Beaches On The Air, karena telah beberapa kali melakukan aktivasi pantai yang ada di Pulau Dewata.

Pada kegiatan Amatir Radio di Candi (Temple) tujuannya adalah sama dengan yang dilakukan pada program lain seperti BOTA, namun ini untuk mengenalkan wisata Candi khususnya di Indonesia. Sehingga kegiatan TOTA diharapkan dapat menjadi peran Amatir Radio untuk dapat ikut melestarikan budaya dan kebudayaan para leluhur khusunya candi.

Seperti halnya dengan Temple On The Air Pura Taman Ayun, mereka (activators) akan mengabarkan ke seluruh dunia tentang Pura Taman Ayun yang merupakan Pura Paibon/Pedarman Raja Mengwi.

Pura Paibon/Pedarman Raja Mengwi adalah tempat untuk memuja roh leluhur dari raja-raja yang diwujudkan dengan sebuah gedong Paibon. Di Pura Paibon juga dibangun meru-meru untuk pemujaan dan persembahyangan kepada para Dewa bagi masyarakat kerajaan Mengwi untuk melakukan ritual do’a.

Kegiatan Amatir Radio program "Temple On The Air" TOTA Pura Taman Ayun, Mengwi - Badung - Bali

Pura Taman Ayun menempati lahan seluas 4 hektar lokasinya berada di Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, Indonesia. Dengan lahan yang luas, taman ini memiliki tiga bagian utama yaitu bagian luar (Nista Mandala), bagian dalam (Mandya Mandala) dan bagian inti yakni Utama Mandala.

Pada setiap sisi luar, terdapat saluran air yang lebarnya kurang lebih lima meteran. Untuk memasuki bagian dalam tentu harus melewati jembatan yang tersedia di ujung Gapura. Gapura ini merupakan jalan masuk utama ke pelataran, dan disekelilingnya dipagari batu. Didepan gapura terdapat sepasang arca raksasa sebagai simbol penjaga.

Pura Taman Ayun adalah Pura terindah di Bali, keindahan lingkungan, suara aliran air dan rindangnya pepohonan memberikan kesan suci, nilainya bukan hanya indah tetapi juga bersejarah. Pada tahun 2012 Pura Taman Ayun telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia. Dengan Kegiatan Amatir Radio Outdoor DXPedition Temple On The Air mereka akan turut serta melestarikan cagar budaya candi/pura tersebut.

Apabila Anda suka melakukan DXPedition dan berekreasi/wisata di sebuah candi ada baiknya mengaplikasikan kegiatan program Temple On The Air. Melalui Program TOTA maupun iTOTA, Anda dapat melakukan aktivasi sambil berekreasi tentu dengan catatan tetap mengikuti rule yang ditetapkan.

Suharyanto – YC9BQM (Kang Tya) salah satu activator mengajak rekan-rekan chaser untuk partisipasi pada tanggal 13 Maret 2022. Apabila Anda berkunjung ke Bali Kang Tya juga menyarankan untuk datang juga ke Pura Taman Ayun.

Akses Menuju Lokasi Pura Taman Ayun Mengwi

Untuk menunuju Lokasi Anda dapat menyewa mobil atau menggunakan kendaraan pribadi, karena transportasi umum sangat terbatas.

Tidak akan memakan waktu yang lama jika dari Bandara Internasional Ngurah Rai, dengan jarak kurang dari 30km estimasi perjalanan adalah 1 jam. Apabila Anda dari Kota Denpasar perjalanan dapat ditempuh dengan membutuhkan waktu kurang dari 30 menitan saja, karena jaraknya cuma 17km.

Sumber Info/Kontribusi: Suharyanto – YC9BQM (Kang Tya)
Foto Source: https://web.facebook.com/TamanAyunMengwi/
Anda juga dapat ber-KONTRIBUSI DISINI.

Tinggalkan Balasan