Aktivasi Sungai Pertama kali dalam iROTA Sungai Martapura

Aktivasi sungai pertama kali dalam Extra Program dari DX Portable iROTA akan diaktifkan oleh YB0DX Chairman of ORARI dan YC5YC President of DXPortable. Selain dua tokoh besar tersebut dari team Sa-ijaan DXpedition yaitu YB7RV dan YC7HKV akan turut menjadi aktivator pertama kali dalam iROTA Sungai Martapura

Dalam Indonesian Rivers On The Air Sungai Martapura, keempat aktivator akan beroperasi portable (/P). Kegiatan aktivasi iROTA Sungai Martapura di Menara Pandang dijadwalkan pada tanggal 24 Januari 2022. Melalui High Frequency dengan mode SSB dan digital mereka akan memanggil seluruh chaser dimanapun berada. Dalam melakukan panggilan sekaligus mengabarkan tentang keindahan Sungai Martapura sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi jika ke Kalimantan Selatan.

Menara Pandang Sungai Martapura
Tentang Sungai Martapura

Sungai Martapura atau Sungai Banjar Kecil adalah anak sungai Barito dengan muara di Kota Banjarmasin dengan hulunya di Kota Martapura. Nama Sungai ini diambil dari nama Kota Martapura, yang terletak disebelah hulu Kota Banjarmasin. Di Kota tersebut banyak ditemui para santri yang sedang menuntut ilmu agama sehingga sering juga disebut kota Serambi Mekah.

Selain dikenal sebagai kota santri dengan pesantren Darussalam, Martapura merupakan pusat transaksi penjualan intan dan batu-batu mulia sebagai cendera mata. Lokasi lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah muara sungai Martapura yang terdapat bangunan Menara Pandang Sungai Martapura di Kota Banjarmasin.

Menara Pandang Sungai Martapura merupakan obyek wisata yang rekomendasi untuk dikunjungi. Lokasinya berhadapan dengan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan dan hanya terbelah oleh sungai tersebut. Dari Menara Pandang Sungai Martapura, wisatawan dapat melihat dengan jelas pemandangan sekeliling Kota Banjarmasin.

Anda dapat naik perahu “Kelotok” menyusuri sepanjang Sungai Martapura untuk melihat pemukiman disepanjang tepi sungai. Salah satu pemukiman tak jauh dari Menara Pandang yaitu di Kampung Sasirangan pengunjung juga dapat membeli cindera mata kain Sasirangan. Kain Sasirangan ini merupakan kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan yang diwariskan secara turun-temurun.

Kurang lebihnya tersebut diatas yang akan dikabarkan ke penjuru dunia tentang destinasi wisata melalui kegiatan Amatir Radio. Program iROTA Sungai Martapura untuk check point akan dilakukan di Menara Pandang Sungai Martapura secara bergantian oleh ke empat aktivator.

Rekan-rekan Amatir Radio yang lain juga dapat melakukan hal yang sama dengan mengaktivasi sungai didaerahnya masing-masing. Selain sungai juga ada program lain dari DXPortable yang pernah kita ulas sebelumnya diantaranya; Temple (Candi), Lake (Danau), Vacation (Tempat wisata) dan Beach (Pantai) yang terkenal dengan kegiatan Beaches On The Air.

Kegiatan iROTA (Indonesian Rivers On The Air) Sungai Martapura ini juga di support oleh ORARI Daerah Kalimantan Selatan (ODKS).

iROTA Menara Pandang Sungai Martapura
QSL

Dalam Kegiatan DXPortable iROTA Sungai Martapura semua chaser dapat melakukan QSL melalui DXPortable , LoTW , dan Clublog.

Sementara kabar dari DXNEWS.COM YB0DX/7 & YC5YC/7 akan aktif dari pulau Kalimantan, dengan IOTA DXpedition OC-088 akan bekerja melalui beberapa band dan mode selama 2 hari pada tanggal 23-24 Januari 2022. Khusus kegiatan IOTA QSL untuk YB0DX/7 dilakukan via YB8RW, Ads for direct QSL: SYARIEFUDIN SYAH, Jl. Kartini No. 110 Bitung City, North Celebes, (North Sulawesi), 95524, Indonesia. Untuk QSL YC5YC/7 dapat dilakukan via EA7FTR sebagai QSL Manager, Ads for direct QSL: Francisco Lianez Suero, Asturias 23, 21110 Aljaraque-Huelva, Spain.

Semoga Sukses.
de admin yc2tfb.net

Tinggalkan Balasan