DXPortable iTOTA Benteng Otanaha Gorontalo

iTOTA Benteng Otanaha

DXPortable Amatir Radio adalah suatu perkumpulan amatir radio minat khusus di Indonesia dengan spesialisasi operasi di luar Homebase (Away from home) atau Portable. Dibawah ini adalah kegiatan DXPortable yang telah dilakukan dengan program extra yaitu iTOTA Benteng Otanaha di Gorontalo.

DXPortable mempunyai berbagai macam program, salah satunya adalah iBOTA (Indonesian Beaches On The Air). Program iBOTA tersebut resmi launching pada tanggal 15 Oktober 2021 dan dengan alamat website www.ibota.id.

Contoh Pemblokiran Sepihak Dari BOTA yc2tfb
Contoh Pemblokiran Sepihak Dari BOTA yc2tfb

Pada awalnya kegiatan out door dengan beroperasi di pantai ini banyak diminati amatir radio di Indonesia melalui program BOTA dengan alamat website www.beachesontheair.com. Karena beberapa akun anggota dari YB Land (Indonesia) di blokir secara sepihak oleh admin BOTA, maka untuk aktivasi pantai para aktivator terbantukan dengan adanya DXPortable program iBOTA buatan Indonesia ini.

Disamping Program iBOTA ada program yang lainnya yang masih dalam pengembangan yaitu iPOTA dan iSOTA
iBOTA – iPOTA – iSOTA

Baca Juga: Macam-macam Program DXPedition Berdasar Lokasi

Disamping Program iBOTA ada program yang lainnya yang masih dalam pengembangan yaitu iPOTA (Indonesian Parks On The Air) dan iSOTA (Indonesian Summits On The Air) ditambah 4 program extra lainnya.

Extra Program DXPortable

Inilah empat extra program yang dibangun oleh DXPortable yaitu;

  1. iTOTA (Indonesian Temples On The Air)
    iTOTA adalah program dari DXPortable bagi amatir radio untuk beroperasi melalui candi dan bangunan sejarah diseluruh dunia, dengan tujuan ikut mempromosikan lokasi tersebut.
  2. iLOTA (Indonesian Lake On The Air)
    iLOTA adalah program dari DXPortable untuk beroperasi dari danau (Lake), terbuka untuk semua danau yang telah teregister di web tersebut.
  3. iROTA (Indonesian Rivers On The Air)
    iROTA adalah program dari DXPortable untuk beroperasi dari pinggir sungai.
  4. iVOTA (Indonesian Vacations On The Air)
    iVOTA merupakan program radio amatir yang dibuat untuk mempromosikan tempat wisata di seluruh dunia, tempat wisata dapat diaktifkan melalui kegiatan DXPortable iVOTA

Semua Program DXPortable tersebut adalah satu paket, artinya jika sudah punya akun di web ibota tidak perlu registrasi lagi. Jadi bagi chaser atau aktivator dapat menggunakan username dan password yang teregistrasi pada web iBOTA, demikian juga untuk system upload log bagi aktivator.

iTOTA Benteng Otanaha – Gorontalo

Kegiatan iTOTA pertama kali dilakukan oleh anggota ORARI Lokal Gorontalo untuk aktivasi Benteng Otanaha di Gorontalo pada tanggal 24-25 Desember 2021. Tercatat di website dxportable ada 16 aktivator yang melakukan aktivasi Benteng Otanaha dan mereka memencar secara bergantian dari pagi hingga malam hari.

Ativasi Benteng Otanaha di Gorontalo tersebut mendapat apresiasi dari Walikota Gorontalo Marten A. Taha, SE M.Ec.Dev. Karena melalui kegiatan iTOTA Benteng Otanaha tersebut dpat membantu pemerintah tidak hanya untuk bantuan komunikasi kebencanaan tapi juga promosi wisata dan asset nasional.

Walikota Gorontalo memberikan apresiasi tersebut dengan Piagam Penghargaan kepada Activation & Chaser. Penghargaan Walikota Gorontalo – Marten A. Taha, SE M.Ec.Dev. tersebut diberikan atas partisipasi dan dukungan pelaksanaan DX Portable iTOTA Benteng Otanaha.

Kegiatan iTOTA yang pertamakali ini adalah kerjasama DX Portable dengan ORARI Lokal Gorontalo. Benteng OTANAHA ini merupakan saksi dari perlawanan rakyat Indonesia terhadap bangsa Portugis pada tahun 1552 Masehi.

Kenyataan yang terjadi dan terdengar di frekuensi, banyak rekan-rekan yang salah mengira, bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan iBOTA. Karena para chaser atau yang berpartisipasi tidak mendengarkan dulu dengan baik saat aktivator melakukan panggilan. Akibatnya iTOTA Benteng Otanaha dikira iBOTA Pantai OTANAHA oleh beberapa chaser/partisipan yang tidak mendengarkan dan mendengarkan dahulu.

Vidio diatas adalah Persiapan Serta Ucapan / Apresiasi dari Pemerintah Gorontalo oleh Walikota – Marten A. Taha, SE M.Ec.Dev.

Semoga tulisan ini dapat menambah catatan untuk saya sendiri dan kepada teman-teman yang melintas di yc2tfb.net.
Info ini sesuai keterangan website yang dimiliki oleh perkumpulan DXPortable di www.dxportable.com, ibota.id dan beberapa sumber lainnya.

Sumber foto/vidio: Media Sosial Facebook Indonesian Beaches On The Air and DX Portable

Tinggalkan Balasan