Callbook ORARI Online Apps untuk Android

Aplikasi ORARI Callbook

Callbook ORARI online Apps adalah berisi data nama panggilan (callsign), nama operator, tingkat kecakapan, asal daerah, masa laku dan lain sebagainya.

Dimasa lalu callbook ORARI dicetak berupa buku (paper) yang dijilid sedemikian rupa dan digunakan secara offline. Pada jamannya callbook ini juga cukup membantu untuk mengetahui data teman lawan bicara dan sebagainya, namun untuk saat ini tentu cukup merepotkan.

Setelahnya pada tahun 1995 muncul e-callbook yang dapat diakses melalui internet yang dibangun oleh YBoEMJ melalui situs callbook.orari.net. Karena problem dengan hardware layanan itu dihentikan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Serupa dengan callbook.orari.net saat ini teman-teman amatir radio dapat mengakses data keanggotaan ORARI melalui website SDPPI iar-ikrap.postel.go.id/. Pada kolom pencarian callsign. Selain berisi data anggota ORARI melalui website tersebut dapat diakses juga anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) yang masih aktif.

Seiring perkembangan jaman, berkat inovasi dan kreatifitas dari amatir radio di Indonesia memudahkan kita mencari data setiap anggota yang terdaftar.

Salah satu inovasi dan kreatifitas yang dapat kita gunakan adalah hasil karya dari YC2DSV, Om Welly Raharjo asal Lokal Banjarnegara, yaitu callbook ORARI online apps.

Callbook ORARI online apps ini dapat dijalankan melalui hp berbasis android. Melalui aplikasi tersebut dapat diakses data anggota ORARI seluruh Indonesia secara online. Data tersebut diambil langsung dari iar-ikrap.postel.go.id/, sehingga akan didapat data secara real time. Berbeda dengan melalui website SDPPI, aplikasi online callbook ini hanya dapat diakses anggota ORARI saja, tidak termasuk RAPI.

Aplikasi ini dirilis pertama kali dengan versi 1.01 dan telah diupdate Januari 2023 yang lalu (Versi 1.02) dengan penambahan penampilan format hasil yang lebih baik. Untuk update atau unduh aplikasinya dapat dilakukan melalui gogle apps store, atau klik DOWNLOAD DISINI.

Callbook ORARI Online Apps
Screenshot Callbook ORARI Online

Aplikasi 2DSV logger

Untuk pengguna komputer atau laptop berbasis windows dapat menggunakan Aplikasi 2DSV logger yang juga hasil karya dari YC2DSV. Melalui 2DSV logger dapat juga menampilkan nama operator dan asal lokal atau daerah masing-masing callsign.

Kelebihan dari 2DSV logger selain hal diatas sesuai namanya dapat dijadikan sebagai pencatat saat berkomunikasi. Hasil catatan tersebut dapat di ekspor ke file ADIF (Amateur Data Interchange Format). File ADIF Ini berisi satu atau lebih entri log yang telah diisikan di software 2DSV logger. File ADIF ini disimpan dalam teks biasa dan digunakan untuk bertukar informasi log antara program logging radio amatir.

Untuk download 2DSV Logger versi v2.5.1.7 dapat Anda unduh DISINI. Jika hendak melakukan update 2DSV logger versi terbaru dapat langsung melalui 2DSV.WEEBLY.COM/#. Untuk manual user dan spesifikasi secara lengkap 2DSV logger dapat Anda baca di Software Logsheet QSO Bahasa Indonesia untuk Windows.

Tinggalkan Balasan