Special Call 8D2022HKB Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022

Special Call 8D2022HKB Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022

Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama menyelengarakan Special Call 8D2022HKB Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022.

Special Call 8D2022HKB merupakan Special Event Station dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April. Tahun 2022 Hari Kesiapsiagaan Bencana menggunakan tema “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana” dengan pesan utama yaitu Siap Untuk Selamat.

Melalui tema dan pesan Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut kegiatan Special Event Station 8D2022HKB dengan maksud dan tujuan sebagai berikut;

  1. Mensosialisasikan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) kepada Keluarga Besar ORARI.
  2. Meningkatkan kesadaran berbagai pihak pada pengetahuan dan pemahaman risiko bencana.
  3. Menumbuhkan budaya sadar bencana.
  4. Membangkitkan kemauan melatih keterampilan cara-cara yang tepat untuk menyelamatkan diri.
  5. Membangun kesadaran anggota ORARI dalam mempersiapkan stasiun radionya dalam memberikan dukungan komunikasi jika terjadi bencana.

8D2022HKB mulai memanggil seluruh Amatir Radio pada tanggal 26 April 2022 00.00 UTC sampai 30 April 2022 23.59 UTC. Stasiun khusus 8D2022HKB akan memancar pada band HF 40M dan VHF 2m menggunakan mode komunikasi Phone (SSB dan FM).

Siapa saja dengan syarat utama adalah anggota Amatir Radio yang mempunyai izin yang masih berlaku dapat mengikuti kegiatan ini. Dalam partisipasi mengikuti kegiatan, peserta dapat melakukan pertukaran report dengan menyebutkan Callsign, RST dan pesan utama HKB “Siap Untuk Selamat“.

SEStakuler Special Call 8D143K, 8D97WARD dan 8D2022HKB ORARI Pusat

Special Event Station ini akan menutup rangkain kegiatan ORARI Pusat “SEStakuler” (SES Spektakuler) bulan April 2022 yaitu Special Call 8D143K, 8D97WARD dan 8D2022HKB.

Ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Ketua Panitia:

  1. ORARI Daerah dan ORARI Lokal dapat menyelengarakan kegiatan ini di Band VHF 2M (Frekuensi Kerja ORARI Daerah / ORARI Lokal).
  2. ORARI Daerah dan ORARI Lokal yang mengikuti kegiatan ini harus mendaftarkan diri ke Sekretariat ORARI melalui email: ses@oraripusat.org.
  3. Bagi ORDA/ORLOK yang mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ini, wajib mengirimkan data log hasil komunikasinya dalam bentuk ADIF.
  4. Peserta wajib mentaati tata cara berkomunikasi yang baik dan benar.
  5. Cukup menyebutkan callsign secara lengkap pada saat melakukan chekin di setiap roll call/sesi pemanggilan.
  6. Tidak boleh melakukan panggilan secara berulang-ulang.
  7. Peserta hanya boleh komunikasi secara langsung melalui radio. Panitia melarang peserta menggunakan fasilitas Link Gateway dari software TeamSpeak3, Echolink, eQSO, serta menggunakan callsign milik orang lain sangat.
  8. Yang berhasil melakukan QSO tidak perlu mengirimkan QSL card.
  9. Peserta dapat mengunduh Piagam kegiatan ini melalui situs web ORARI Pusat www.orari.or.id

Itulah Kegiatan Special Call oleh ORARI Pusat dengan sumber/source: Petunjuk Pelaksanaan dengan Panitia sekaligus Pengurus ORARI Pusat Bagian Kegiatan Amatir Radio, H.R.GINANJAR TAUFIQ, S.IP,M.SI. – YB0GIN.

Tinggalkan Balasan