Komunikasi dengan Aplikasi Teamspeak3 TS3

teamspeak3 communication system

Banyak sekali aplikasi komunikasi semacam radio diantaranya eQSO by M0ZPD, ECHOLINK,Zello dan masih banyak lagi.

Bagi para pengguna radio komunikasi yang terbatas untuk berkomunikasi direct dan jauh dari jangkauan repeater saat menggunakan radio ht dengan antena pendek mengalami kesulitan, ada salah satu software untuk mengakses internet radio yang dapat bermodulasi dan digunakan komunikasi melalui jaringan internet, yaitu teamspeak3.

Dengan teamspeak3, kita dapat berbicara dengan rekan atau keluarga kita baik di dalam kota, luar kota, bahkan luar negeri sekalipun, dengan catatan, kedua pengguna menggunakan alat yang tersambung dengan jaringan koneksi internet dan server yang sama.

Untuk bisa terkonek atau tersambung untuk komunikasi bersama teman-teman AMATIR RADIO, harus melalui server yang telah dibangun teman-teman amatir, salah satu contoh server nya yaitu samernet.link 
Melalui server ini kita juga bisa bericara melalui PC,Laptop maupun smartphone dengan radio ht. Ada juga server dari HAM Radio Indonesia dengan server address: hamradio.id atau 156.67.214.12

Salah satu kelebihan utama aplikasi teamspeak3 ini adalah penggunaan resource yang sangat kecil sehingga kita dapat membuka perangkat lunak ini sembari membuka aplikasi lain secara bersamaan, sehingga kita tidak terbatas tempat pada memori smartphone Anda.

Contoh yang ter-link dengan gateway pada frekuensi 147.680 MHz dengan SysOp YD2BEB di Pudak Payung Semarang. Di Orari Lokal Kendal sendiri dulu pernah dibangun stasiun gateway yaitu Gateway yang diberi nama Bahurekso yang dibangun oleh YD2OLH  di Purin Kendal, Dan Gateway Boja, di Gentan Kidul dengan SysOp YD2TFB. Namun antusias pengguna semakin berkurang maka “dipensiunkan”.
Sebenarnya pada waktu itu cukup banyak membantu bagi teman2 amatir radio yang dalam tahap pemula untuk belajar berkomunikasi, karena rata2 operating prosedur dan cara berkomunikasi yang baik bisa didengar dan dicontoh.

Jadi komunikasi yang ter-link dengan gateway ini bisa kita dengarkan melalui gadget dan radio pada frekuensi dan Room yang sama yang telah disediakan.

CARA INSTALASI TEAMSPEAK3

Instalasi Teamspeak3 juga cukup mudah, cukup download file pada situs resmi nya, untuk hp atau smartphone berbasis android melalui app store gogle klik disini, Untuk PC atau laptop KLIK DISINI. Setelah di download kemudian install pada PC , laptop atau Smartphone berbasis ANDROID Anda.

Setelah selesai download di instal di HP Anda maka akan nampak seperti ini:

Gambar 1

Pada gambar 1 ini sebenarnya “orari” yang ada nampak pada gambar belum ada.
Untuk membuat label “orari” tersebut klik “NEW BOOKMARK”.
Kemudian akan nampak seperti pada Gambar 2.

Gambar 2

Tulis Label dengan orari
Adrdres isi dengan samernet.link atau server yang lainnya, misalnya hamradio.id atau 156.67.214.12
Nick Name, Tulis Callsign Anda dan Nama juga QTH.
Identity pilih Android defauld.
Selanjutnya Klik SAVE. 
maka akan nampak lagi seperti Gambar 1.
Langkah berikutnya klik tombol setting dengan simbol kunci palang. Nampak seperti Gambar 3.

Gambar 3
Gambar 4
kemudian pada menu setting (Gambar 4)
Centang (use push-to-talk)
Centang (hands free)
Klik sound pack pilih disable lalu save
Klik Audio setting pilih voice atau mic lalu save
Centang (Bigger PTT button)
Centang (full screen)
scroll kebawah dan save.
Setelah di save akan nampak seperti Gambar 1 lagi, selanjutnya klik Bookmark yang telah dibuat tadi ( *tulisan “orari” ) Maka aplikasi akan mencoba konek ke server yang telah di bookmark yaitu server samernet.link . Jika koneksi internet Anda bagus beberapa detik akan segera terhubung. Dan Anda akan berada pada room ter atas, yaitu room SAMERNET (Sabang Merauke Net). Biasanya pada jam-jam diluar kerja atau waktu senggang banyak teman-teman amatir radio yang terlihat Callsign dan nama mereka (seperti nampak pada Gambar 5 ). Jika ada nampak titik warna biru menyala berarti orang tersebut sedang melakukan pembicaraan (transmite) maka dari itu sebelum nya dengarkan dulu beberapa saat, apakah yang sedang dibicarakan disitu.
Gambar 5
Jika Anda hendak tranmite atau memanggil maupun menjawab panggilan silahkan tekan PTT yang ada dibawah dengan simbol microphone, maka akan ada titik biru di depan nama panggilan Anda yang artinya Anda bisa langsung bicara seperti pada penggunaan radio.
Seperti dijelaskan diatas aplikasi ini bisa digunakan beriringan dengan aplikasi yang lain. Maka sebaiknya jika Anda selesai berbicara dan berhenti beberapa saat dan atau menggunakan aplikasi lain di latar belakang silahkan di mute microphone nya, (tombolnya disebelah kiri PTT). Sedang Tombol di sebelah kanan PTT (dgn simbol mata) adalah untuk melihat keseluruhan siapa saja yang ada disitu dari beberapa room yang ada. Anda juga dapat pindah pada room lain dengan tekan beberapa saat pada channel atau room itu  kemudian klik joint.,maka Anda akan berpindah pafa room atau chanel itu. banyak pilihan room scroll saja ke bawah.
Selain server samernet.link Anda dapat menambahkan Bookmark yang lain dengan server berbeda diantaranya server orari.link pada server itu setiap hari diadakan kegiatan net pada eQSO-nasional.net dimulai pada pukul 19.00 WIB.
Untuk mengikuti kegiatan net tersebut tidak ada bedanya saat kita mengikuti kegiatan net atau ceck in melalui radio, CARA BERGABUNG (CHEK IN) pertama sebutkan calsign setelah dipanggil oleh NCS (Net Control Station) /stasiun pengendali. memberi report RX audio NCS, memberi tahu QTH (lokasi Anda), menjelaskan Qrp station / Mobile / Portable atau Base Station Anda. Ingat suara Anda akan terdengar juga melalui semua Android Mobile, PC Client, Zello, eQSO, FRN server,Echolink yang terhubung atau di link dengan server orari.link . Untuk membuat bookmark server orari.link lakukan langkah pertama diatas kemudian:
1. Kolom label diisi: orari.link
2. Kolom address : orari.link
     atau 103.49.228.210
3. Kolom server password tidak usah diisi
4. Nickname diisi callsign dan nama asli
5. Kolom Channel tidak usah diisi
6. Kolom Channel password tidak usah diisi
7. Klik SAVE
Jika Anda mau pergunakan Bookmark yang kedua silahkan tekan sekali klik saja pada nama bookmark yang Anda buat, maka aplikasi akan segera mencoba menghubungkannya.
 Disamping voice Anda juga bisa melakukan chat atau sms melalui tombol paling bawah paling kiri.
Selamat berkomunikasi, sampai ketemu di room. 73
NB: APLIKASI DIATAS ADALAH BERBAYAR, SAAT ANDA DOWNLOAD MELALUI APP STORE.
JIKA INGIN YANG GRATIS ANDA BISA KLIK DISINI

1 thought on “Komunikasi dengan Aplikasi Teamspeak3 TS3

Tinggalkan Balasan