Ops SAR Bocah Hanyut di Sungai Comal berhasil di hari ke-5

Ops SAR Bocah Hanyut di Sungai Comal berhasil di hari ke-5

Izdihar Najila Basyma bocah umur 10 tahun hanyut di sungai Comal saat main bersama 4 orang temannya. Kejadian bocah perempuan hanyut warga Desa Kelangdepok RT.04/02 Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang di Sungai Comal ini terjadi 20 April 2022 sekitar pukul 15.30 Wib.

Kronologi kejadian saat itu korban bermain di pinggir aliran Sungai Comal bersama temannya. Karena kakinya (korban) terkena kotoran lumpur ia ingin membersihkan dengan aliran air sungai Comal, namun terpeleset dan tenggelam. Rekan-rekannya berusaha menolong namun tak berhasil. Salah satu saksi, Anggun (11) yang melihat kejadian tersebut melapor ke keluarga korban

Akibat kejadian itu keluarga bocah hanyut Bapak Esa melaporkan dan meminta bantuan upaya pencarian dan pertolongan.

Satu tim rescue KPP Semarang diberangkatkan kelokasi kejadian untuk melakukan Ops SAR dengan tahap tindak awal untuk menyampaikan laporan kejadian kepada BCC dan koordinasi intensif dengan SRU (Satuan Unit Regu).

Menurut salah satu laporan dari anggota CORE ORARI Lokal Kendal yang ikut dalam Ops SAR ada 11 Satuan Unit Regu (SRU) yang terlibat dalam pencarian yaitu;

  1. KKP Semarang
  2. BPBD Pemalang
  3. Polsek Bodeh
  4. PMI Pemalang
  5. ORARI Lokal Kabupaten Pemalang
  6. ORARI Lokal Kabupaten Kendal
  7. SAR MTA
  8. Pemalang Rescue
  9. SARDA Jateng Wilayah Batang
  10. Banser
  11. Exalos Pemalang.

Hari berikutnya setelah kejadian yaitu 23/04/2022 Pukul 07.00 WIB seluruh SRU melaksanakan perencanaan (planning stage) pencarian. Operasi pencarian korban tenggelam ini menurunkan 4 regu, 2 regu perahu karet dan 2 regu susur darat.

Untuk Regu perahu menyusuri aliran sungai Comal start dari atas ruas sungai Desa Belimbing sampai dengan bawah jembatan Sungai Comal, dan Regu 3 susur darat turun menyusur titik awal dilaporkan kejadian, Regu 4 menyusur sekitar jembatan Sungai Comal Pantura.

Ragil (YD2LML) pada 24/04/2022 13.06 Wib melaporkan via Repeater ORARI Lokal Kendal bahwa upaya pencarian hingga hari ke-5 Ops SAR laka air sungai Comal belum membuahkan hasil (nihil). Beberapa kendala yang dihadapi diantaranya cuaca dan mesin perahu yang mengalami trouble.

Operasi pencarian dilanjutkan pada hari ke-5 25/04/2022.

Ops Pencarian Izdihar Najila Basyma dilanjutkan 25/04/2022 dan sebelum menjelang siang ada informasi penemuan jasad mengambang oleh seorang pemancing. Informasi tersebut diterima oleh Tim relawan dari Banser saat melakukan pemantauan dilokasi kejadian.(detik.com)

Tim kemudian melakukan pengecekan atas informasi tersebut, dan benar bahwa ada jasad yang mirip dengan korban yang hanyut dan mengapung terbawa arus.

Selanjutnya atas penemuan korban hanyut di Sungai Comal dilakukan evakuasi terhadap jenazah menggunakan perahu. Setelah dilakukan pemeriksaan jenazah akan diserahkan ke keluarga. Dengan demikian Ops SAR Bocah Hanyut di Sungai Comal berhasil di hari ke-5.

Tinggalkan Balasan