Tipalayo DX Contest 2022

Tipalayo DX Contest 2022

ORARI Lokal Polewali Mandar dengan 7C8C TIPALAYO DX Club mengagendakan kegiatan kontes TIPALAYO DX Contest 2022 pada hari Sabtu, 7 Mei 2022.

Tujuan dari kegiatan kontes TIPALAYO DX Contest adalah untuk mempromosikan Kabupaten Polawali Mandar, Sulawesi Barat dengan berjuta pesona yang ada. Melalui kegiatan TIPALAYO DX Contest juga diharapkan akan dapat menjalin semangat kekeluargaan dan persatuan sesama anggota Amatir Radio dimanapun berada.

Bagi para kontester tentu tidak akan melewatkan kegiatan yang cukup mengasyikan ini. Jika berminat mengikuti catat tanggal pelaksanaannya yaitu Sabtu, 7 Mei 2022 Pukul 08.00 UTC s/d Minggu, 8 Mei 2022, Pukul 11.59 UTC.

Bagi para pemula (termasuk penulis*) dalam mengikuti kontes dapat dijadikan sebagai ajang latih diri untuk komunikasi dengan baik dan benar. Mulanya cukup penasaran pada waktu dulu sebelum tahu apa itu kontes dan bagaimana cara melakukan kegiatan kontes di Amatir Radio.

Melalui beberapa literasi dan bergabung dengan club DX (komunitas DX-er) contohnya di yb6-dxcommunity akhirnya berkat bimbingan dari kawan-kawan di club tersebut segudang ilmu didapatkannya.

Hal yang utama perlu diingat adalah membaca rule atau juklak dan pahami dulu peraturan serta etika yang harus ditaati, dan jangan lupa gunakan sesuai alokasi frekuensi yang diperbolehkan. Hal itu disampaikan oleh Om Anda YudasYB6HAI sebagai presiden di YB6_DXC saat ada member mempertanyakan pedoman dalam mengikuti kontes.

Seperti halnya untuk mengikuti kontes Tipalayo DX Contest 2022 ada baiknya kita simak dulu rule atau petunjuk pelaksanaannya.

Dalam Tipalayo DX Contest akan menggunakan mode SSB di 40m band, tentu kita harus melihat frekuensi yang diperbolehkan sesuai alokasi band yang diperbolehkan. Jika belum paham dapat kita lihat pada tabel band plan atau pita frekuensi amatir radio disini.

Cara melakukan pertukaran dalam Tipalayo DX Contest seperti pada kegiatan kontes pada umumnya yaitu dengan melakukan pertukaran signal report dan nomer urut dimulai dari 001. Untuk melakukan panggilan dapat dilakukan dengan menyebut CQ Tipaloyo Contest.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah perangkat lunak (software) logger untuk mencatat QSO, dimana pada kontes Tipalayo DX harus menyertakan file User Defined Contest (UDC file) untuk mendukung pencatatan ke dalam logsheet. File UDC tersebut dapat diunduh melalui https://tipalayodxcontest.orlokpolman.com/udc/.

Ada beberapa pilihan kategori yang tersedia dengan single operator yang meliputi;

  • Extra Class High Power
  • Extra Class Low Power
  • Advanced Class High Power
  • Advanced Class Low Power
  • General Class dan
  • Single Operator (Out Side Indonesia)/DX Any Power

Panitia akan memberikan bonus 20 point apabila dapat melakukan kontak dengan stasiun 7C8C serta dengan YF8DX dan YG8BH masing-masing 10 poin.

Ketentuan lainnya secara lengkap dapat mengunjungi website tipalayodxcontest.orlokpolman.com atau petunjuk pelaksanaannya dibawah ini.

Tipalayo DX Contest 2022 ORARI Lokal Polewali Mandar

Sumber: https://tipalayodxcontest.orlokpolman.com/

Tinggalkan Balasan