DX Pedition TPOTA Suban Air Panas Curup

DXPedition TPOTA Suban Air Panas Curup

DX Pedition TPOTA Suban Air Panas Curup akan diaktivasi activator dari Rejang Lebong tanggal 27 Maret 2022. Program Tourist Park On The Air (TPOTA) adalah program yang dibuat YB6_DXCommunity untuk Amatir Radio yang suka beroperasi di luar ruang.

Sesuai data di website resmi dxpedition.yb6-dxc.net ada tujuh activator yang akan melakukan kegiatan DX Pedition TPOTA Suban Air Panas Curup.

Tujuh activator tersebut adalah YB4PZ, YC4PSB, YC4PKS, YC4RWH, YC4PCR, YD4MGA dan YD4MGI yang merupakan anggota ORARI Lokal Rejang Lebong. Dari kawasan wisata Suban Air Panas di Jalan Lintas Curup – Lubuk Linggau, mereka akan beroperasi secara Portable atau /P untuk memanggil seluruh chaser melalui SSB 40meter band. Pemandian Air Panas Suban (Suban Hot Spring) terletak sekitar 2 kilometer dari pusat kota Curup, Bengkulu, Indonesia.

TPOTA Curup Suban Bengkulu

Melalui kegiatan DX Pedition TPOTA Suban Air Panas Curup activators akan mengabarkan tentang keindahan alam di Rejang Lebong yang suasananya sangat alami karena bersanding dengan tebing dengan rindangnya pepohonan. Selain terdapat kolam-kolam air hangat, di Suban juga terdapat air terjun yang menambah suasana nyaman untuk berlibur. Di air terjun Suban pengunjung dapat bermain air dan menikmati sejuknya udara dengan aman untuk bermain bagi Anda dan keluarga.

Di pemandian air panas Suban juga terdapat dua buah batu besar yang dianggap sakral yaitu Batu Tri Sakti yang konon dipercaya ada tiga roh besar pelindung yang menghuni batu tersebut. Yang satu lagi adalah Batu Menangis yang konon kadang-kadang mengeluarkan air seolah-olah sedang menangis.

Keberadaan Batu Menangis berkaitan dengan legenda seorang putri bernama Gemercik Emas yang selalu terisak-isak, karena ia menolak untuk menikah dengan seorang pangeran bernama Putra Gambir Melang.

Maka, mengunjungi pemandian air panas Suban, tak hanya bisa bersuka ria menikmati air panas alami, tapi juga bisa mengenal cerita rakyat Rejang Lebong.

Dikutip dari ksmtour.com dengan judul “Suban Air Panas Pemandian Air Panas di Bengkulu” selain merupakan tempat rekreasi, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik.

Sumber air panas yang ada di kolam-kolam ini berasal dari mata air yang dialirkan melalui pipa-pipa atau bambu-bambu sehingga membentuk seperti pancuran. Di Pemandian Air Panas Suban ini terdapat kolam renang yang cukup luas. Kolam renang ini terbagi dua, untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Tidak jauh dari kolam renang yang luas ini, terdapat 3 buah kolam kecil yang berisi air panas alami.

Panasnya kolam ini bisa dibilang tidak terlalu panas sehingga membuat Anda betah untuk berlama-lama berendam. Bagian tertentu dari sudut-sudut kolam ini yang memiliki suhu airnya yang cukup panas, karena berdekatan dengan sumber mata air panas. Berendam di dalam kolam air panas sungguh memberikan relaksasi yang luar biasa. Setelah berendam tubuh Anda serasa segar kembali, letih dan capek pun hilang seketika. Selain cocok untuk liburan keluarga, tempat ini juga cocok untuk sarana refreshing remaja dan anak-anak.

Legenda Batu Megalitikum di Suban

Terdapat dua buah Batu Megalitikum di lokasi wisata Curup Suban yang merupakan peningalan Suku Rejang yaitu dengan lokasi berbeda. Batu pertama berada dibagian bawah sering disebut dengan “Tri Sakti” dan batu kedua beradanseratus meter dari lokasi pertama dikenal dengan nama “batu menangis” atau “Putri Selangkah”.

Batu Tri Sakti memiliki cerita tentang tiga orang hebat yakni Sebei Teret, Sebei Tikis dan sebei Bitan yang hinga kini dipercayai sebagai pelindung. Bahkan hingga saat ini, masih ada beberapa warga yang meminta pertolongan dengan membawa beberapa sesajian ke tempat keramat itu. Sedangkan Batu Menangis atau sekarang disebut “Putri Selangkah”. Konon katanya batu tersebut dijadikan tempat merenung dan menangis sang putri Gemercik Emas yang tidak mau dijodohkan dengan Putra Gambir Melang yang merupakan putra Suku Rejang.

Disebut Putri Selangkah, karena setiap putri hendak pergi kemanapun baru berjalan selangkah putri itu telah sampai di tempat tujuan. Dulu batu itu memang sering mengeluarkan air. Sebagian warga mempercayai, batu itu merupakan air mata Putri Selangkah. Hanya saja, saat ini batu itu sudah jarang mengeluarkan air. Air Putri Selangkah ini juga diyakini bisa melancarkan urusan jodoh. Anda biasa mengusapkan air dari batu itu ke alis mata.

Akses menuju Suban Air Panas tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Jalan Negara. Anda yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Panorama alam dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi membuat perjalanan liburan anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Jika Anda ingin melakukan kegiatan DX Pedition TPOTA, Anda dapat registrasi melalui DXPEDITION.YB6-DXC. Di dxpedition.yb6-dxc juga ada beberapa jenis program lain sesuai lokasi yang akan dijadikan tempat untuk aktivasi.

Source: https://yb6-dxpedition.net/

Tinggalkan Balasan