TPOTA Tahura Bung Hatta

TPOTA Tahura Bung Hatta akan dilakukan oleh aktivator dari Padang Sumatra Barat. TPOTA atau Tourist Park On The Air merupakan program kegiatan amatir radio yang beroperasi dari kawasan cagar alam yang dilindungi.

Program TPOTA diselenggrakan oleh dxpedition dari YB6-DX Community. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya di Macam-macam Program DXPedition Berdasar Lokasi.

Pada aktivasi Taman Hutan Raya di Tahura Bung Hatta (TRBH) merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dalam program TPOTA dari pulau Sumatra. Kegiatan serupa sebelumnya dilakukan oleh YC8FMN dan rekan-rekan dari Makasar di Benteng Fort Rotterdam.

Kegiatan TPOTA Tahura Bung Hatta dilakukan pada tanggal 22 Januari 2022 dan dilakukan oleh YB5MB, YC5ARZ, YC5ACD, YC5LBD dan YD5ABD. Kelima aktivator akan beroperasi dengan stasiun Portable/P.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mengenalkan lebih luas lagi tentang wisata alam yang ada di Sumatra Barat ini.
Taman Hutan Raya Bung Hatta adalah sebuah kawasan cagar alam hutan primer Sumatra Barat. Sebagai Cagar alam yang berfungsi melestarikan plasma nutfah, perlindungan sumber daya alam, pendidikan dan penelitian, kegiatan TPOTA tersebut diharapkan pula agar kita dapat menjaga alam.

Dikutip dari website dxpedition.yb6-dxc.net kegiatan tersebut disupport oleh YB5FN, YB5LX, YB5IN, YB5KJY, YB5HPT, YB5CHJ, YC5IHA, YC5DFR, YC5AKH, YD5AKV, YD5APT, YD5AOX. YD5ARO,YC5KND dan YD5AKY.

Termonitor sejak pagi hari kegiatan TPOTA TRBH di 7.125MHz. Beberapa chaser dari berbagai daerah/call area sangat antusias berpartisipasi.

Namun sayang sekali masih banyak yang tidak mendengarkan dahulu aktivatornya, kegiatan apa yang sedang berlangsung. Sehingga banyak yang mengira kegiatan tersebut adalah BOTA (Beaches On The Air) dalam menjawab panggilan aktivator.

Hal tersebut diatas karena mungkin kegiatan TPOTA Tahura Bung Hatta dan BOTA Pantai Kawasan Megamas Manado dilakukan bersamaan dan menggunakan frekuensi yang sama. Sehingga sedikit ada “Kekacauan” crowdid di tengah-tengah lokasi seperti yang termonitor dari stasiun YC2TFB.

Jika Anda adalah anggota Amatir Radio dan berminat pada operasi dari luar rumah/out door dan ingin melakukan kegiatan TPOTA, Anda dapat registrasi melalui web dxpedition dari yb6-dxc dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut;

1.Program ini bisa digabungkan dengan kegiatan lainnya seperti camping, liburan atau rekreasi bersama keluarga.

  1. Activator harus berada pada range lokasi Taman wisata atau tempat rekreasi yang akan di aktivasi
  2. Activasi dilakukan selama 24 Jam 00:00 UTC- 23:59 UTC
  3. Aktivasi boleh dilakukan dengan Mode apapun Phone, CW, Digital, Satellite . ( ROIP dan Repeater (RPU) tidak diperbolehkan )
  4. Activator wajib menjaga kesopanan dan kebersihan Alam Sekitar Taman atau tempat rekreasi di mana pelaksanaan TPOTA
  5. Activator akan memanggil dengan panggilan Contoh CQ TPOTA Tourist Parks On The Air de YC3FPI/P Memancar dari Taman Alas Purwo Calling CQ And Standby.
  6. Activator sesekali menginformasikan web YB6_DXC untuk mendownload eQSL-Card dan klaim award di dxpedition.yb6-dxc.net

Selengkapnya Anda dapat mengunjungi web tersebut.

Sumber foto/info: https://dxpedition.yb6-dxc.net/

Tinggalkan Balasan