SOTA Aktivasi Gunung Punjung YBJ/JI-134

Kegiatan Summits On The Air (SOTA) untuk mengaktivasi sebuah gunung dalam kegiatan Amatir Radio telah banyak dilakukan oleh rekan-rekan dari ORARI Daerah Jawa Timur, salah satunya dari lokal Pacitan. Dengan nama YH3AB SOTA Team dari ORARI Lokal Pacitan SOTA Aktivasi Gunung Punjung YBJ/JI-134 kembali akan dilakukan hari Minggu, 16 Januari 2022.

Gunung Punjung dengan kode summit YBJ/JI-134 sebelumnya pernah juga diaktivasi pertama kali pada hari sabtu tanggal 19 Juni 2021. Aktivasi pertama kali saat itu dilakukan oleh Joko Wahyudiyanto – YD3CNH dan Nurul Burhan – YD3AXD disusul pada 15 Agustus 2021 oleh YG3DSY dan YD3AXD.

Jika sukses dilakukan hari ini 16 Januari 2022 SOTA Aktivasi Gunung Punjung YBJ/JI-134 kali ini akan tercatat dalam sota.org ke lima kalinya . Aktivator yang akan menggetarkan gunung Punjung ini adalah YD3AXD, YD3CNH, YD3ASV, YD3BFB, YG3DSY dan YD3DCZ. Melalui 2 meter band dan 40 meter band mereka akan CQ SOTA memangil chaser dimanapun berada untuk berpartisipasi.

Chaser dapat hunting dan beaming ke Gunung Punjung dengan locator OI51mv, tepatnya pada koordinat Lat/Long/ -8.1064’S 111.080803’E. Lokasinya berada tak jauh dari pusat Kota Pacitan kurang lebih hanya 20KM dengan waktu tempuh kurang dari satu jam.

Gunung Punjung yang terletak di Desa Gondosari Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan ini memiliki ketinggian 553 mdpl. Penampakan dari citra satelit lewat gogle map merupakan kawasan hijau dengan masih banyaknya pepohonan disekitar lokasi.

YH3AB SOTA Team juga akan melakukan penanaman pohon disekitar lokasi aktivasi.

Untuk ikut melestarikan alam, dalam aktivasi gunung Punjung, YH3AB SOTA Team juga akan melakukan penanaman pohon disekitar lokasi aktivasi. Sehingga kegiatan Summits On The Air ini dapat bermanfaat juga untuk alam dan sesama.

Menurut salah satu aktivator Nurul Burhan – YD3AXD selain sebagai hobby yang menantang dan menyenangkan, diharapkan kegiatan tersebut juga sebagai ajang latih diri dalam mendirikan stasiun darurat dalam kebencanaan.

YH3AB SOTA Team Aktivasi Gunung Punjung

Chaser dapat melakukan QSL via sota.org dan special eQSL kemungkinan akan diberikan untuk semua chaser yang dapat kontak dengan aktivator. QSL info ORARI LOKAL PACITAN Jl. Janursari II/1 Perumnas Bangunsari Pacitan 63551 e-mail : yh3ajb@gmail.com. (/TFB)

Sumber/Info: Nurul Burhan – YD3AXD

Tinggalkan Balasan