JOTA JOTI 2021 Kwartir Ranting SIBOLI, Kwarcab Kendal

Kendal 17 Oktober 2021, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Singorojo, Boja dan Limbangan (SIBOLI) yang merupakan ranting dari Gerakan Pramuka Kwarcab Kendal telah usai melaksanakan kegiatan JOTA JOTI tahun 2021 bersama pendamping dari anggota ORARI Lokal Kendal Korwil SIBOLI. Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 15-17 Oktober 2021.

JOTA JOTI 2021

Kegiatan JOTA JOTI Kwaran SIBOLI berlangsung di Kantor Balai Desa Limbangan Jln Raya Limbangan-Boja. Pelaksanaan JOTA dan JOTI seperti tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini juga ditegaskan oleh Ketua Kwartir Ranting Limbangan Kakak FX Susamto saat upacara pembukaan JOTA JOTI di halaman Balai Desa Limbangan.

Dalam sambutannya Kakak FX Susamto berpesan agar seluruh anggota PRAMUKA di SIBOLI untuk terus mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan JOTA JOTI. Pelaksanaannyapun dilakukan secara bergiliran dari beberapa wilayah untuk menghindari berkerumun atau untuk menjaga jarak.

Pelaksanaan JOTA JOTI setelah usai dilakukan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan mengenalkan ORARI kepada anggota PRAMUKA dan pemaparan tata cara komunikasi melalui radio oleh Krisdianto (YAYAN) – YC2TFB dibantu peraga oleh Isro’i Yunarto – YD2SPO.

Pelaksanaan kegiatan JOTA ke-84 dan JOTI ke-42 tahun 2021 dimulai setelah dibuka secara nasional yang dilakukan dengan upacara di Cibubur Jakarta oleh Sekjend Kwarnas Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, S.IP, M.A.

Setelah dinyatakan dibuka kegiatan komunikasi dipraktekkan dengan komunikasi melalui 2 meter band bagi anggota pramuka yang baru mengenal komunikasi menggunakan radio dan 40 meter band bagi yang telah melakukan latihan sebelumnya melalui 2 meter direct sesama anggota PRAMUKA.

Di Kwaran SIBOLI sendiri menggunakan nama panggilan YH2AJYB sesuai alokasi yang diberikan oleh ORARI Lokal Kendal dengan Izin Amatir Radio Khusus yang diterbitkan oleh SDPPI. Sementara untuk Kwarcab Kendal ada 6 stasiun JOTA yaitu; YH2AJYA – YH2AJYB – YH2AJYC – YH2AJYD – YH2AJYE dan YH2AJY sebagai stasiun induk yang berlokasi di Sekretariat ORARI Lokal Kendal.

Dengan didampingi rekan-rekan anggota ORARI Lokal Kendal Korwil SIBOLI, Adik adik Pramuka melakukan komunikasi menggunakan radio baik di VHF maupun HF dengan teman-teman mereka di seluruh Indonesia. Kegitan JOTA ini adalah kegiatan rutin anggota Amatir bersama anggota Pramuka di seluruh dunia. Sementara pada pelaksanaan JOTI di Kwaran SIBOLI, Kwarcab Kendal di pandu oleh Kak Garlih – YD2BKQ. Selama kegiatan berlangsung berjalan lancar dan mendapat antusias dari semua peserta.

Tiga hari acara JOTA dan JOTI berlangsung dengan sukses, kegiatan ditutup dengan upacara penutupan yang dilaksanakan sesuai jadwal bersamaan dengan penutupan secara nasional. Karena cuaca hendak turun hujan Upacara penutupan di lakukan di dalam gedung Bali desa Limbangan.

Selaku pembina upacara, Krisdianto (YC2TFB) menyampaikan ucapan terimakasih kepada PRAMUKA khususnya Dewan Kerja Ranting Limbangan yang telah menyediakan tempat hingga berlangsungnya kegiatan dengan baik dan lancar. Dalam amanat upacara penutupan selain disampaikan rasa syukur juga harapan kerjasama antara ORARI dan PRAMUKA tetap terjalin dengan baik.

Harapan yang berikutnya dengan terselenggaranya JOTA JOTI ini dapat tercipta anggota Pramuka yang semakin paham dengan proses pendirian stasiun amatir radio dan penggunaannya secara baik dan benar serta perizinannya. Bagi anggota Pramuka juga terbuka untuk bergabung di ORARI #.

Setelah menyampaikan amanat, dilakukan pelepasan tanda peserta dan pelepasan tanda panitia. Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan semua peserta dan pendamping dari ORARI melakukan foto bersama. Berikut dibawah adalah foto-foto kegiatan selama berlangsung.

LIHAT atau DOWNLOAD foto-foto Kegiatan JOTA JOTI 2021 Kwaran Siboli, KLIK DISINI

Salam Pramuka.., sampai jumpa pada JOTA dan JOTI berikutnya…. 73!

1 thought on “JOTA JOTI 2021 Kwartir Ranting SIBOLI, Kwarcab Kendal

Tinggalkan Balasan