Balmon SFR Kelas 1 DKI Cabang Ciracas adakan UNAR Reguler ke 10 Tahun 2021

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 DKI Jakarta, Cabang Ciracas pada Tanggal 27 Mei 2021 mengadakan UNAR reguler Ke 10 tahun 2021, guna mendapatkan Ijin Amatir Radio bagi peserta baru dan kenaikan tingkat.

Ada 4 materi pokok soal-soal unar yaitu: Pancasila, Peraturan Radio,Tehnik Radio dan Bahasa Inggris. Ke empat materi itu diberikan waktu 01 jam 59 menit untuk dikerjakan dengan jumlah soal sebanyak 80 pilihan ganda.

Selain peserta baru Ujian Negara Amatir Radio ini juga diikuti untuk kenaikan tingkat Siaga ke Penggalang, dan Penggalang Ke Penegak.

Semua peserta UNAR diwajibkan mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam pandemi covid-19. Untuk itu UNAR Reguler ini dibatasi jumlah pesertanya ke dalam ruang ujian. Sejumlah 55 peserta melakukan secara bergiliran dengan tetap menjaga jarak sesama peserta.

Salah satu peserta UNAR dengan nama Rheny Trie Oktania Ritman, merasa senang sekali dapat mengikuti ujian. Bagi Tania (nick name) Amatir Radio sudah tidak asing baginya. Sering sekali mendampingi ibunya yang hobby di dalam kegiatan amatir radio seperti contest, DX-ing dan bahkan kegiatan di luar ruangan.

Tania dinyatakan lulus dengan nilai yang cukup memuaskan. Setelah lulus dengan callsign YD0RHE dilanjutkan bergabung ke ORGANISASI AMATIR RADIO INDONESIA (ORARI) melalui APPS Orari sebagai syarat untuk tetap menggunakan Ijin Amatir Radio (IAR).

Karena Tania masih di bawah usia 26 tahun, dia juga ingin gabung menjadi member YOTA di wadah amatir radio muda yaitu Youngsters On The Air yang dibentuk ORARI Daerah Jateng. Dimana wadah itu menjadi tempat saling berbagi ilmu dan pengetahuan bagi anggota amatir radio muda di Indonesia.

Selamat untuk semua peserta yang dinyatakan lulus. Selamat bergabung di dunia amatir radio “One world one language“.(2\TFB)

Kontributor: Rheny Trie Oktania Ritman – YD0RHE
Foto: Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Jakarta

1 thought on “Balmon SFR Kelas 1 DKI Cabang Ciracas adakan UNAR Reguler ke 10 Tahun 2021

Tinggalkan Balasan