Amateur Radio AWARD

Amateur Radio Awards

Apa itu AWARD? award merupakan tanda penghargaan atas prestasi seorang Amatir Radio dalam melakukan kegiatan berkomunikasi atau monitoring (SWL). Dengan demikian Amateur Radio Award adalah Bukti prestasi – benda kenangan dan merupakan prestice seorang Amatir Radio.

Bagaimana cara ntuk memperoleh award? Setiap Amatir radio dapat memperoleh award. Untuk memperoleh award yang bersangkutan harus mengajukan permohonan kepada award manager dengan mengisi formulir yang ditentukan dan melampirkan bukti kegiatan QSO atau kegiatan SWL berupa QSL Card serta membayar fee yang telah ditentukan.

Yang perlu diketahui dan diperhatikan dahulu untuk mendapatkan award; Nama Award, siapa managernya dan dimana alamatnya, persyaratan apa saja yang diminta dan besarnya fee yang harus dibayarkan.

Worked All Indonesia Award (W.A.I.A)

Diterbitkan oleh: ORARI Pusat
Alamat Manager : PO BOX 1096 Jakarta 10910
Besarnya fee : Anggota ORARI Rp. 50.000 A.R Manca Negara 8 US$ / 16 IRC

Persyaratanya: Memiliki QSL Card hasil QSO /SWL pada band HF dengan amatir radio seluruh WRA area di Indonesia (0 s/d 9)
Untuk anggota ORARI : 5 station setiap WRA= 50 QSLcard dan setiap WRA harus termasuk YD,YC dan YB
Untuk yang berasal dari Zone 28 3 Station setiap WRA= 30 QSLcard dan untuk diluar zone 28 2 station setiap WRA= 20 QSLcard.

Worked The Equator Award (W.T.E.A)

Diterbitkan oleh: ORARI Pusat
Alamat Manager : PO BOX 1096 Jakarta 10910
Besarnya fee : Anggota ORARI Rp. 50.000 A.R Manca Negara 8 US$ / 16 IRC

Persyaratanya: Memiliki QSL Card hasil QSO /SWL pada band HF dengan amatir radio dari negara yang dilalui Equator (Katulistiwa)
C2, HC, HC8, HK, KH1 & KH8, PP-PY, PY0, S9, T30, T31, T32, TN, TR, YB5, YB7, YB8, 5X, 5Z, 6O, 8Q dan 9q.

Award ini terbagi menjadi 3 kelas yaitu;

  • Award Class I : Confirmed from 15 countries include YB5, YB7, YB8.
  • Award Class II : Confirmed from 12 countries include YB5, YB7, YB8.
  • Award Class III: Confirmed from 8 countries include YB5, YB7, YB8.

Worked All Continent Award (W.A.C)

Diterbitkan oleh IARU Headquarter
Alamat manager PO BOX AAA Newington Connecticut 06111 USA
Persyaratannya: memiliki QSL Card hasil QSO pada band HF dengan amatir radio dari 6 benua: Asia – Europa – Africa – Ocenia – North America – South America menggunakan formulir khusus dan di verifikasi oleh Organisasi anggota IARU

DX Century Club Award (DXCC)

Diterbitkan oleh ARRL
Alamat manager PO BOX AAA Newington Connecticut 06111 USA
Persyaratannya memiliki QSL Card hasil QSO pada band HF dengan amatir radio dari minimal 100 Negara menggunakan formulir khusus, seluruh QSL Card harus dikirim ke Award Manager untuk diperiksa.

Masih banyak lagi award-award yang lain yang tidak bisa ditampilkan semua disini. Postingan akan datang kita coba membahas tentang award yang lain lagi. Beberapa contoh award diatas adalah yang ditulis oleh almarhum Bapak Faisal – YB1PR.

Melalui tulisannya beliau menitipkan pesan, ” AWARD adalah bukti Prestasi dapatkan dengan jujur agar dapat menjadi kebanggaan“.

Tulisan ini saya coba tulis ulang untuk menjawab pertanyaan rekan anggota baru yang telah bergabung di amatir radio dengan mengikuti Ujian Negara Amatir Radio. Semoga juga bermanfaat untuk rekan-rekan Amatir Radio yang lain.

Terimakasih Bapak Faisal, banyak ilmu dan pengetahuan yang engkau tinggalkan kepada kami, dan semoga amal kebaikanmu di terima Tuhan Yang Maha Esa. Amin

YC2TFB

1 thought on “Amateur Radio AWARD

  1. Assalamualaikum wr.wb.Semoga Kota Batu sebagai Kota wisata yg bersih ,indah ,aman, tertib dan damai.

Tinggalkan Balasan