Dukung Raimuna Nasional XII 2023, ORDA DKI Jakarta dirikan Senkom

RAIMUNA XII 2023

Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka Tahun 2023 berlangsung di Bumi Perkemahan dan Wisata (Buperta) Cibubur pada tanggal 14-21 Agustus 2023.

Raimuna Nasional merupakan kegiatan pesta pertemuan bagi anggota Pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan lima tahun sekali dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan, melestarikan kebudayaan serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Selama delapan hari sekitar 17 ribu peserta dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan Raimuna Nasional XII atau Rainas XII Tahun 2023 tersebut. Dalam kegiatan dengan tema “Pramuka Hebat Indonesia Bangkit” para peserta dapat mengikuti sejumlah program. Program tersebut diantaranya Kampus Bangkit, Magang Bangkit, Kuliner Nusantara, Beranda Nusantara dan lain sebagainya.

Secara umum Rainas XII 2023 difokuskan pada bidang pengembangan diri yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, budaya sebagai individu dan masyarakat. Sehingga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia untuk siap menghadapi perkembangan zaman, serta menjadi bagian dari generasi yang siap menyambut masa depan.

Indra Purnama dari Kot Bima bersama dengan Budi Waseso Ketua Kwarnas Pramuka
Indra Purnama dari Sekolah MAN 2 Kota Bima bersama dengan Budi Waseso Ketua Kwarnas Pramuka

Salah satu peserta Indra Purnama delegasi dari Kwartir Cabang Kota Bima, siswa Sekolah MAN 2 Kota Bima mengatakan, tahun ini sama seperti tahun kemarin saat JAMNAS XI 2022. Pada RAIMUNA NASIONAL XII 2023 di tempat yang sama (Cibubur) merasa terbekati oleh pengalaman-pengalaman kegiatan akbar Pramuka. Indra mengatakan dalam media sosialnya, “Sangatlah banyak manfaatnya… bisa jalan-jalan di berbagai tempat dan bertemu dengan tokoh-tokoh Nasional dan artis-artis”. Hal yang membanggakan bagi Indra yaitu foto bersama dengan Bapak Budi Waseso Ketua Kwartir Nasional Pramuka. “Sungguh masa-masa SMA yang terberkahi.. Masya Allah… makasih buat semua nya…” imbuhnya.

Sentral Komunikasi ORARI DKI Jakarta di lokasi kegiatan Raimuna XII 2023
Sentral Komunikasi ORARI DKI Jakarta di lokasi kegiatan Raimuna XII 2023

ORARI Daerah DKI Jakarta dirikan Sentral Komunikasi YH0AAR di RAIMUNA XII

Demi mendukung terlaksananya kegiatan, ORARI Daerah Jakarta (ORDA DKI Jakarta) ikut terlibat untuk membantu pelaksanaan teknis Rainas XII 2023 di Bumi Perkemahan dan Wisata Cibubur tersebut.

Menurut salah satu anggota ORARI Daerah DKI Jakarta, Bayu – YD0ASY selaku koordinator lapangan , sesuai dengan bidang komunikasi radio, ORARI Daerah DKI Jakarta turut membantu dan mendukung tugas-tugas panitia pelaksana. Untuk itu ORARI Daerah Jakarta mendirikan Sentral Komunikasi ORARI di lokasi kegiatan Raimuna Nasional XII dengan nama panggilan YH0AAR.

Dalam Raimuna Nasional saat ini ORARI hanya diminta mendukung kegiatan di bidang komunikasi khususnya untuk koordinasi panitia antar bidang. Untuk itu ORARI menyediakan fasilitas repeater serta memberikan alokasi frekuensi direct bagi para kontingen yang membawa alat komunikasi.

Sejumlah Anggota ORARI sekaligus Anggota Pramuka Callsigner atau yang dikenal dengan Radio Scouting yang tergabung dalam JAKARTA RADIO SCOUTING bertugas di kegiatan ini. Mereka adalah YD0BIU, YD0BJB, YD0BIY, YD0BFV dengan koordinator OM ZainuddinYB0VYG.

RAIMUNA XII 2023 Scouting Radio

Seperti halnya pada Jambore Nasional XI tahun 2022 yang lalu ORARI juga hadir dalam acara pameran. Saat itu ORARI memperkenalkan peralatan radio komunikasi, tata cara komunikasi di amatir radio kepada Pramuka tingkat Penggalang. Lebih dari 4000 peserta dari berbagai Kwarda dan Kwarcab seluruh daerah kontingen mengunjungi stan pameran ORARI. Kala itu hadir sejumlah Pengurus ORARI Pusat diantaranya Reyhan YC0RWL (sekarang YB0RWL) sebagai narasumber.

Kontribusi: Bayu – YD0ASY

Tinggalkan Balasan