Pengibaran Bendera Merah Putih di puncak Gunung Kencana Bogor dan SOTA YBJ/JB-053

SOTA YB/JB-053 Puncak Gunung Kencana Bogor

Sejumlah anggota ORARI Lokal Kabupaten Tangerang akan melakukan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di puncak Gunung Kencana Bogor dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 tanggal 17 Agustus 2023.

Sedikitnya ada 50 peserta yang telah registrasi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurut Ketua ORARI Lokal Kabupaten Tangerang Noor Shodiq – YB1RD, selain upacara pengibaran bendera, peserta juga akan melakukan renungan suci dan kegiatan Summits On The Air (SOTA).

Noor Shodiq – YB1RD dalam keterangannya mengatakan “Upacara pengibaran bendera dan renungan suci tersebut merupakan bentuk kecintaan tanah air dan rasa patriotisme sebagai anggota ORARI”. Hal tersebut senada dengan Kode Etik Amatir Radio yaitu Amatir Radio adalah Seorang Patriot, Ia selalu siap sedia dengan pengetahuan dan stasiun radionya untuk mengabdi kepada Negara dan Masyarakat.

Para peserta mendaki Puncak Gunung Kencana Bogor dengan melewati anak tangga "Sambalado".
Para peserta mendaki Puncak Gunung Kencana Bogor dengan melewati anak tangga “Sambalado”.

SOTA Gunung Kencana Bogor YBJ/JB-053

Sementara kegiatan SOTA untuk aktifasi Gunung Kencana dengan kode summits YBJ/JB-053 mempunyai tujuan tersendiri. Sesuai keterangan pemberitahuan yang disampaikan kepada ORARI Daerah Banten, SOTA Gunung Kencana mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut;

  1. Meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi mengunakan radio dan operating prosedur yang baik dan benar.
  2. Mempromosikan tempat wisata GUNUNG KENCANA yang akan di activasi
  3. Memperkenalkan kegiatan Amatir Radio Indonesia kepada dunia
  4. Mempererat rasa persaudaraan sesama anggota Amatir Radio.

Kegiatan SOTA YBJ/JB-053 sesuai rule/aturan akan memancar diatas puncak Gunung Kencana Bogor dengan ketinggian 1765 mdpl. Seluruh anggota Amatir Radio baik dalam dan luar negeri dapat mengikuti sebagai chaser melalui beberapa band dan mode.

Mode SSB akan bekerja di 40, 15, 20 dan 10 meter band, frekuensinya silahkan hunting demikian juga di 2meter. Selanjutnya mode digital (FT8) rencananya bekerja pada 40, 15, 20 dan 10 meter band. Melalui band-band tersebut para activator akan memancar secara bergantian menjelang detik-detik 17 Agustus 2023.

Silahkan buru dan arahkan antena pada Coordinates: -6.6592,106.9794 / Locator: OI33LI agar dapat terlogseet di catatan mereka.

Sebelumnya beberapa aktivator pernah melakukan aktivasi di Gunung Kencana ini beberapa kali dalam kegiatan SOTA. Tercatat pertama kali yaitu Djoni Tjiawi – YC1RTA melakukan aktivasi pada tanggal 01 April 2022 berikutnya aktivator kondang Ajib Muzaki – YG3DEB/1 pada 29 Oktober 2022.

Bagi Noor Shodiq – YB1RD yang akrab dipanggil Cak Noor, di Gunung Kencana Bogor merupakan aktivasi yang kedua. Aktivasi sebelumnya yaitu 11 Desember 2022, YB1RD melakukan bersama-sama anggota ORARI Lokal KabupatenTangerang dan sekitarnya. Semoga kegiatan di moment HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini berjalan lancar dan menginspirasi anggota lainnya.

Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih dan SOTA Gunung Kencana Bogor

Puncak Gunung Kencana Bogor terletak di Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Coordinates: -6.6592,106.9794 Locator: OI33li

Tinggalkan Balasan