SES 8B45RDK Mengenang 16 Agustus di Rumah Singgah Soekarno Rengasdengklok Karawang

SES 8B45RDK rumah Singgah Soekarno Rengasdengklok

ORARI Lokal Kabupaten Karawang, untuk mengenang peristiwa 16 Agustus di Rumah Singgah Soekarno Rengasdengklok Karawang mengadakan SES 8B45RDK.

Special Event Station (SES) ini merupakan kegiatan rutin tahunan Orari Lokal Kabupaten Karawang dalam rangka mengenang persiapan sehari sebelum detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Mengenang 16 Agustus 1945 di Rumah Singgah Soekarno Rengasdengklok Karawang ini merupakan peristiwa penculikan Soekarno dan Moh Hatta oleh golongan muda.

Membaca sejarah latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok adalah adanya perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua terkait dengan tanggal kemerdekaan. Golongan pemuda tetap mendesak agar kemerdekaan dilakukan tanggal 16 Agustus 1945, sementara itu golongan tua masih menekankan perlunya rapat PPKI. Adanya perbedaan pendapat itu membuat para pemuda rapat dan bersepakat menculik dan membawa Soekarno dan Moh. Hatta ke luar kota, dengan tujuan untuk menjauhkan mereka dari segala pengaruh Jepang.

Rumah Singgah Soekarno Rengasdengklok Karawang
Sejumlah Anggota ORARI Lokal Kab. Karawang foto di Halaman Rumah Singgah Soekarno Rengasdengklok Karawang – sumber foto Mang Arai

16 Agustus 1945 oleh sekelompok pemuda Soekarno dan Moh Hatta dibawa ke Rengasdengklok, sebuah kota kewedanaan di Kabupaten Karawang. Memilih lokasi di Rengasdengklok karena letaknya yang terpencil yakni 15 km dari Kedunggede, Karawang di sebuah rumah milik Djiaw Kie Song. Dengan demikian membuat keberadaan Soekarno dan Moh Hatta tidak diketahui tentara Jepang.

Flyer 8B45RDK SES Rengasdengklok ORARI Lokal Karawang 2023

Sesuai flyer yang beredar, kegiatan SES 8B45RDK adalah 16 Agustus 2023 mulai pukul 09.00 WIB. Bagi yang ingin berpartisipasi atau memburu Special QSL Card untuk koleksi atau DOWNLOAD dapat hunting di band dan frekuensi sesuai alokasi dan mode.
Hunting dan arahkan antena Anda ke Rumah Sejarah tempat singgah Ir.Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta di Rengasdengklok Karawang Jawa Barat.

Petunjuk Pelaksanaan 8B45RDK

STATUS 8B45RDK iar-ikrap.postel.go.id

Jenis Callsign (Callsign Type) : IAR KHUSUS
Penggunaan Stasiun (Full name) : SPECIAL CALL
Alamat Stasiun (Station Address) : [MEMPERINGATI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA] RUMAH SINGGAH SOEKARNO RENGASDENGKLOK KARAWANG – JAWA BARAT
Provinsi (Province) : JAWA BARAT
Tanda Panggilan (Callsign) : 8B45RDK
Masa Laku (Date of expiration) : AGUSTUS 2023
Status : Telah Disetujui (Approved)

Source IMG: https://web.facebook.com/groups/orari.indonesia/permalink/10160329370217930/?tn=*F

Tinggalkan Balasan