Jakarta Amateur Radio Fair (JARF) 2023

Jakarta Amateur Radio Fair - JARF 2023

Jakarta Amateur Radio Fair (JARF) 2023, adalah kegiatan pameran tentang dunia amatir radio yang dilengkapi dengan kegiatan seminar menyangkut teknis dan informasi serta perkembangan dan ketrampilan amatir radio.

Kegiatan JARF 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Juni 2023 dan kegiatan akan dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Bertepatan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila mengangkat tema “MELALUI KEGIATAN HOBBY, ORARI SEBAGAI PEMERSATU BANGSA”.

Melalui JARF 2023, diharapkan akan dapat lebih meningkatkan secara kualitas dan kwantitas kemampuan anggota ORARI Daerah DKI Jakarta seperti:

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pencarian stasiun radio ‘gelap’ sebagai bekal untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menertibkan penggunaan frekuensi di seluruh wilayah Indonesia.
  • Dengan kehadiran peserta dari luar kota atau luar negeri diharapkan lebih dekat pembangunan dan objek wisata serta pusat-pusat hiburan dan belanja yang berada di wilayah DKI Jakarta.
  • Meningkatkan rasa persaudaraan antar amatir radio.
  • Memasyarakatkan ORARI untuk lebih dikenal kepada masyarakat luas.

Kegiatan dan Lomba

Kegiatan Amatir Radio dalam Jakarta Amateur Radio Fair 2023 merupakan rangkaian kegiatan amatir radio yaitu:

  • Pameran Amatir Radio
    Pemeran alat komunikasi dan perlengkapan lainnya yang menunjang sistem komunikasi, bekas atau baru dari buatan sendiri atau buat pabrikan, dimana pameran ini menjadi moment dan kesempatan untuk menunjukan produk lokal yang tidak kalah dengan produk pabrikan.
  • Komersial
    Adalah slot waktu yang diberikan kepada sponsor untuk mempromosikan produk yang akan diperkenalkan kepada para pengunjung yang hadir +/- 20.000 Pengunjung, dengan target market yang bervariasi.
  • Seminar Tentang Teknik Radio atau Amatir Radio
    Disediakan tempat untuk para pecinta radio atau anggota ORARI untuk hadir dan mendengarkan dalam interaksi yang mengangkat topik dunia amatir radio di Indonesia atau dunia.
  • Unjuk Kebisaan Anggota Pramuka
    Pramuka dan ORARI adalah sister organisasi, disini adik-adik PRAMUKA sebagai tunas bangsa akan menunjukan kebisaan dalam satu atraksi.
  • Simulasi Bencana
    ORARI akan bergabung dengan team SAR/BPBD dalam misi kebencanaan, dimana kegiatan ini akan menunjukan bagaimana pentingnya dukungan komunikasi dalam satu koordinasi yang baik akan membantu proses evakuasi dan penyelamatan korban dalam kebencanaan.
  • Workshop/Sarasehan
    Disediakan sesie untuk pengembangan dan pencerahan, untuk seputar perkembangan dan ilmu pengetahuan amatir radio, sesie ini juga diberikan kepada sponsor untuk dapat ajang promosi produk yang akan dipasarkan
  • ATARI (Asah Trampil Amatir Radio)
    Biasa dikenal dengan nama Cerdas Tangkas, terdiri dari beberapa kelompok yang diikuti mewakili 24 daerah/provinsi yang ada di Indonesia, karena bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, tentunya materi yang diberikan berkaitan dengan pendalaman materi 4 Pilar.
  • Set-Up Emergency /Logging Contest
    Membuat stasiun darurat (dengan perlengkapan yang telat disediakan) dengan parameter waktu yang tercepat, kemampauan antenna yang maksimal baik secara kontruksi dan Standing Wave Ratio (SWR) dan pengiriman dan penerimaan berita secara sempurna
  • Lomba Mobile ARDF
    (Fox Hunting/ Amateur Radio Direction Finding)
    Adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mencari ‘stasiun radio gelap’. Dalam pelaksanaannya ‘stasiun radio gelap’ tersebut akan disembunyikan di beberapa titik tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.
    Peserta dengan menggunakan mobil yang dilengkapi pelacak signal akan mencari signal yang tersembunyi dengan waktu yang diberikan selama 5 jam.
    Mobil yang dipergunakan oleh peserta untuk menempelkan identitas klub otomotif dimana ia bergabung, dan atribut lain yang diwajibkan oleh Panitia, seperti nomor lambung, sticker sponsor, sticker kegiatan JARF, dan sticker yang lainnya yang telah ditentukan oleh panitia.
  • Lomba Walking ARDF
    Perlombaan untuk peserta memburu signal dengan berjalan kaki dan ‘stasiun radio gelap’ ditempatkan dalam radius sekitar 3 km.
  • Lomba Slalom
    Lomba Lacak Signal dalam tempo singkat dan jarak pendek. Dalam lomba ini peserta menentukan pilihan stasiun mana yang memancarkan signal dari 3 atau 4 antena yang tersedia.
  • Lomba Menerima Kode Morse
    Keahlian menerima kode morse merupakan salah satu ciri utama anggota ORARI. Pada lomba ini, peserta akan menterjemahkan kode morse ke dalam alfabet, angka (numeric) dan tanda baca, dalam kecepatan tertentu.
  • Lomba Eye Ball QSO
    Adalah ajang silahtuhrahmi dengan mencari dan mengenal sesama anggota ORARI dalam satu waktu yang ditentukan dan dicatat dalam logbook. Peserta yang mendapatkan jumlah anggota callsigner terbanyak adalah pemenangnya.
  • Panggung Gembira
    Sejalan dengan kegiatan acara yang ada dan lomba-lomba amatir radio, di lokasi utama kegiatan akan digelar panggung hiburan rakyat yang terbuka untuk masyarakat umum.
  • Satelite
  • Logging Contest
  • Special Call 8A05SILA

KEGIATAAN INOVASI

WORKSHOP untuk UMKM dalam membuat sertifikasi suatu produk local alat komunikasi, kementerian perindustrian.
Simulasi kebencanaan, Kerjasama dengan BASARNAS, BPBD dan ORARI
Lomba karya alat komunikasi, hadiah trophy dan uang.

Kegiatan ini didukung oleh Pemda DKI Jakarta sebagai Pembina, Pramuka, Kementrian Kominfo, Basarnas, BPBD DKI Jakarta, Komunitas kegiatan Outdoor, Pecinta Alam dan Universitas Pertahanan. Yang mana instansi atau organisasi diatas ini merupakan mitra kerja sama ORARI dalam kegiatan latih diri atau kebencanaan.

JARF 2023 di Taman Impian Jaya Ancol juga akan di hadiri oleh beberapa komunitas Amateur Radio di Indonesia diantaranya; DX-Portable, YB Land Dx Club, YB6_DXCommunity dan lain-lain.

Denah Lokasi Layout Jakarta Amateur Radio Fair - JARF 2023

Source: Proposal JARF 2023

Tinggalkan Balasan