Hallo Bandoeng – Netherlands Amateur Radio Fair III 2023

hb-narf hallo bandung netherlands amateur radio fair 2023

ORARI Daerah Jawa Barat Lokal Kabupaten Bandung kembali akan mengadakan kegiatan Hallo Bandoeng – Netherlands Amateur Radio Fair III 2023.

Kegiatan Hallo Bandung – Netherlans Amateur Radio Fair ( HB-NARF) adalah suatu kegiatan pertemuan Anggota Amatir Radio/ORARI untuk melakukan perlombaan, diskusi ilmiah/workshop tentang keamatirradioan dan segala aspeknya, dalam rangka menambah wawasan, keterampilan, pengetahuan serta menambah persaudaraan dan kekeluargaan diantara Anggota Amatir Radio itu sendiri.

Kegiatan HB-NARF 2023 merupakan kerja bareng antara ORARI Lokal Kabupaten Bandung dengan Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini akan dilaksanakan 24 s/d 25 Juni 2023 di tempat wisata Gunung Puntang yang merupakan daerah yang sangat ideal untuk pelaksanaan kegiatan Hallo Bandoeng -Netherlands Amateur Radio Fair 2023. Dari daerah Bandung Selatan inilah sejarah teknologi radio atau radio gelombang pendek lahir dan menghubungkan dua negara dari dua benua. Dulu, di Bandung Selatan khususnya di Gunung Puntang Kec. Cimaung, pernah berdiri Stasiun Malabar yang diresmikan dan sempat terkenal di masa penjajahan kolonial Belanda dan Jepang. Tidak hanya menawarkan wisata alam yang menyejukkan hati, di kawasan ini juga terdapat objek wisata sejarah peninggalan bangsa Belanda yang cukup unik. Area ini merupakan lokasi yang sangat terkenal di dunia karena terdapat stasiun pemancar radio yang dirintis Dr. Cornelius Johannes de Groot (1883-1927), alumnus teknik listrik dan rekayasa mekanis Delftse Polytechnische School, Karlsruhe, Jerman (namanya diabadikan oleh Walikota Bandung B. Coops sebagai nama jalan di kota Bandung: Dr de Grootweg, Jalan Siliwangi sekarang)

Bersumber dari website ORARI Lokal Bandung kegiatan HB-NARF 2023 dimaksudkan dengan tujuan untuk;
o Turut memeriahkan peringatan menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bandung ke 382.
o Memperingati 100 Tahun Komunikasi antara Bandoeng – Netherlands (Belanda)
o Merupakan sarana latih diri, olah raga, rekreasi dan mempererat tali persaudaraan sesama Amatir Radio, serta memasyarakatkan dan memperkenalkan citra positif ORARI kepada masyarakat.
o Meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknis Amatir Radio dalam melacak dan menemukan stasiun pemancar yang tersembunyi, sehingga pada saatnya dapat digunakan untuk membantu Pemerintah dalam usaha pengamanan, pemakaian gelombang radio serta penggunaan alat pemancar sesuai peraturan yang berlaku.
o Meningkatkan aktifitas serta kreatifitas para Amatir Radio dengan menjunjung tinggi sportifitas lomba.
o Lebih memperkenalkan Wana Wisata Gunung Puntang dan Daerah wisata yang berada di wilayah Bandung Selatan Kabupaten Bandung lainnya, dengan harapan dapat menarik peserta dalam dan luar negeri.

Apa saja kegiatan yang dilaksanakan di HB-NARF 2023?

Kegiatan diawalai dengan DX-ing 100 tahun Bandoeng – Netherlands pada 5, 6, 7 Mei 2023 dan hari Sabtu, 24 Juni 2023 pukul 10.00 – 22.00 WIB. Di awal kegiatan tersebut akan dilakukan sarasehan Sejarah Radio Malabar / SUE DX Comunication mengenang 100 tahun Komunikasi antara Bandung dan Netherlands (Belanda) yang diberi judul “Hallo Bandoeng – Netherlands” akan dilaksanakan di depan puing-puing Radio Malabar di Gedong Sabahu, Kolam Cinta Gunung Puntang.

Selain hal diatas diadakan pula Amateur Radio Games diantaranya;

  • Lomba Lacak Signal / Amateur Radio Direction Finding ( ARDF/Fox Hunting) dengan menggunakan Kendaraan Roda 4 (Mobile) pada malam hari, Berjalan kaki (Walking ARDF), • Slalom Test Antenna, Morse (CW), Eye Ball QSO.
  • Pameran hasil produksi anggota, misalnya antenna, perangkat TX/RX, RF Amplifier dan alat penunjang lainnya
  • Pameran alat-alat komunikasi
  • Kegiatan bursa – penjualan souvenir amatir radio, alat-alat komunikasi & penunjang dan perlengkapan stasiun amatir radio
  • PAMERAN USAHA KECIL MENENGAH (UMKM) dan Potensi Kabupaten Bandung bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat. Menampilkan ciri khas usaha kecil menengah yang ada yaitu Makanan khas, Festival Kopi dan Kesenian Kabupaten Bandung.
  • BAKTI SOSIAL, Donor Darah anggota ORARI dan masyarakat
  • TEMU KANGEN, Ajang silaturahmi bagi anggota yang mengudara pada High Frequency (HF) se Nusantara dan Internasional.
  • PANGGUNG HIBURAN RAKYAT
    Untuk para anggota ORARI dan masyarakat umum.
  • SPECIAL CALL 100 TAHUN KOMUNIKASI BABUPATEN-NETHERLANDS Callsign khusus : 8A100HBN. Special Call VHF 2 meter Band dan HF pada NET Malam atau Pagi di Lokal penyelenggara. Setiap Log Sheet di catat di masing-masing lokal dan setiap station mengirimkan QSL card ke Orari Lokal Kabupaten Bandung paling lambat 30 Juni 2023.

Puncak kegiatan di tanggal 25 Juni 2023 diadakan Kegiatan Sarasehan :

  1. Sarasehan Sejarah Radio Malabar.
  2. Saresehan Komunikasi 100 tahun Hallo Bandoeng – Netherlands (Belanda) dan Praktek Komunikasi oleh Tim ORARI DAERAH JAWA BARAT.
  3. Sarasehan Band Plan Amatir Radio bersama SDPPI.
  4. Sarasehan Re-build Radio Malabar & Floating area Kepariwisataan bersama Dinas Kebudaraan dan Pariwisata Kabupaten Bandung.

Hallo Bandoeng – Netherlands Amateur Radio Fair III 2023 diperkirakan dihadiri oleh lebih dari 5 ribu anggota ORARI yang tersebar di 9 call area seluruh Indonesia khususnya Jawa Barat dan negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam dll, insya Allah turut hadir :

· Duta Besar / Konsulat Jenderal Pemerintahan Belanda untuk Indonesia *dalam konfirmasi

· Menteri Kominfo RI *dalam konfirmasi

· Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI *dalam konfirmasi

· Menteri BUMN RI * dalam Konfirmasi

· Doni Imam Priambodo, ST. MM – YB0DX selaku ketua umum ORARI pusat (ORPUS),

· Ir. H. Yana Koryana, MP – YB1AR Ketua ORARI Daerah Jawa Barat

· Prof. DR. H. Dadan Wildan, M. Hum. – YC1CDN Staf Ahli Menteri Sekretaris Negara RI dan Komisaris Utama PT Perkebunan Nisantara I

· DR (Hc). H. Mochamad Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat,

· DR. HM. Dadang Supriatna. S. Ip. M.Si –YG1BDS Bupati Kabupaten Bandung,

· Para Anggota dan Ketua ORARI Lokal seluruh Indonesia dan Negara tetangga. Anda juga siap hadir?

Source: https://www.orarilokalbandung.or.id/hallo-bandoeng–netherlands-amateur-radio-fair-2023

1 thought on “Hallo Bandoeng – Netherlands Amateur Radio Fair III 2023

  1. Terima kasih sukses acara nya, tp kenapa ya RAPI tdk di gubris di ikut sertakan,pada acara tersebut,,padahal sama ajang silaturahmi ,Radio komunikasi untuk mempererat persodaraan dan membantu komunikasi di Pemerintahan ,ijin resmi,,,mudah2an ke depan nya di ikut sertakan secara tertulis,,RAPI

Tinggalkan Balasan