Special Call 8A37ND Festival Budaya Naik Dango Ke-37 Tahun 2022

Special Call 8A37ND Festival Budaya Naik Dango Ke-37 Tahun 2022

ORARI Lokal Landak menyelenggarakan Special Call 8A37ND dalam rangka memeriahkan Event Festival Budaya Naik Dango Ke-37 Tahun 2022.

Naik Dango atau Gawai Dayak merupakan Upacara adat masyarakat kalimantan Barat (Dayak Kanayatn) dari daerah Kabupaten Landak, Pontianak, hingga Sanggau.

Makna Gawai Naik Dango tradisi adat Suku Dayak adalah sebagai bentuk ucapan syukur kepada Jubata (Tuhan) Sang Pencipta atas panen yang berlimpah.

Naik Dango ditandai dengan menyimpan seikat padi yang baru selesai di panen ke dalam dango (lumbung padi) oleh setiap kepala keluarga yang bertani/berladang. Dalam upacara ketua adat akan menimang padi dan diikuti dengan pemberkatan berharap agar panen padi selanjutnya diberikan kelimpahan yang sama.

Upacara Naik Dango merupakan acara yang memiliki 3 aspek pokok, yaitu aspek kehidupan agraris, religius dan kehidupan kekeluargaan dengan solidaritas serta persatuan.

Untuk memeriahkan Festival Budaya Naik Dango ke-37 tahun 2022, ORARI Lokal Kabupaten Landak menggelar kegiatan Special Call 8A37ND tanggal 26-27 April 2022.

Selama dua hari ORARI Lokal Landak akan melakukan CQ (memanggil) melalui 2 dan 40 meter band. Pada 2meter band menggunakan frekuensi 145.250 MHz, di 40meter band menggunakan frekuensi sesuai alokasi mode FT8 dan SSB.

Dengan kegiatan Special Call 8A37ND diharapkan akan lebih mengenalkan Kabupaten Landak dengan destinasi wisata dan budaya suku Dayak Kanayatn. Kegiatan Special Call ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan berkomunikasi melalui radio bagi anggota.

Seluruh anggota Amatir Radio dimanapun berada berkesempatan mengikuti kegiatan ini dengan ketentuan wajib menggunakan aturan komunikasi yang baik dan benar.

Cara mengikuti Special Call 8A37ND Festival Budaya Naik Dango

Dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan setiap peserta hanya cukup menyebutkan callsign sebanyak dua kali dalam menjawab panggilan dari Net Control Station.

Seluruh peserta yang berhasil melakukan kontak dengan stasiun 8A37ND akan diberikan sertifikat penghargaan berupa eQSL Card. Semua peserta dapat mendownload melalui www.orloklandak.com.
Note: Peserta tidak perlu mengirimkan QSL Card ke 8A37ND namun dapat melakukan konfirmasi melalui QRZ.COM

Melakukan pertukaran report dapat dengan menyebutkan Callsign + Report + Ucapan.
Contoh : “8A37ND disini YB7BDE – 59 – Selamat dan Sukses Naik Dango ke-37 Tahun 2022 Kabupaten Landak, 73”.

Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata

DOWNLOAD JUKLAK

Izin Khusus Special Call 8A37ND Naik Dango

Sumber DXNEWS.COM dan QRZ.COM https://cdn-bio.qrz.com/d/8a37nd/JUKLAK_SES_8A37ND_2022_001.jpg?

Tinggalkan Balasan