Net Control Station (NCS) Amatir Radio

ORARI LOKAL KENDAL

Salah satu kegiatan Amatir Radio adalah Net, dimana Kegiatan NET salah satunya bisa digunakan untuk melatih diri dalam berkomunikasi. Selain tujuan utama menyampaikan berita darurat maupun pengumuman juga mengaktifkan anggota agar eksis dalam kegiatan berkomunikasi.

Kegiatan NET akan dikendalikan oleh seorang Amatir Radio sebagai pengendali disebut Net Control Station (NCS). Stasiun Pengendali ini akan bertindak semacam polisi lalu lintas; memutuskan siapa yang dipersilahkan bicara secara bergantian untuk menyampaikan berita atau pesan melalui pemanggilan. NCS sangat berperan penting dalam suksesnya kegiatan agar berjalan dengan lancar, mengingat pentingnya kelancaran kegiatan untuk itu perlu juga “disediakan” Petugas NET cadangan, Backup Net Control (BNCS). Backup Net Control Station sebisa mungkin siap untuk mengambil alih tanggung jawab NCS manakala terjadi sesuatu, diantaranya padamnya listrik atau adanya gangguan lain yang dengan terpaksa petugas NET meninggalkan stasiunnya. BNCS juga harus menyimpan daftar stasiun yang telah check-in

Untuk menjadi petugas NET yang baik perlu beberapa latihan, apalagi belum pernah menjadi petugas NET, dengan sering mendengarkan, menyimak dan mengikuti partisipasi kegiatan dibeberapa frekwensi band Amatir Radio seperti di kegiatan Nusantara NET yang setiap hari ada di 40M band pada frekuensi 7.055 dan NET Lokal yang diadakan pada hari tertentu di 2M band, secara tidak langsung akan dapat melatih diri untuk menjadi pengendali (NCS). Apalagi sekarang banyak sekali event Amatir Radio di Indonesia yaitu Spesial Event Station (SES) Seperti event Borobudur 52th Orari Party dan SES Work From Home 8C2WFH yang mengadakan kegiatan NET dan bahkan peserta yang ikut dalam kegiatan itu akan mendapatkan piagam atau serifikat yang telah terkonfirmasi dan berhasil mengikuti SES tersebut.

Ada beberapa syarat dasar yang direkomendasikan untuk menjadi operator NET yang baik;
• Gunakan perangkat komunikasi yang memadai dan layak dipancarkan.
• Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar kalau bisa dengan sedikit penguasaan bahasa Inggris. Bicaralah dengan perlahan dan jelas.
• Persiapkan mental dan fisik menghadapi banyaknya partisipan dan mungkin waktu yang lama agar tidak kehilangan kendali maupun suara Anda. (sediakan minum disamping operator).
• Sediakan ruang yang bisa membuat fokus untuk mendengarkan dan memahami dengan baik, Singkirkan hal-hal yang membuat kebisingan dan mengganggu konsentrasi Anda.
• Gunakan alat bantu pendengaran jika pendengaran Anda ada gangguan kesehatan dan jika memang pendengaran Anda kurang, disarankan untuk menjadi NCS pada mode digital bukan pada mode phone.
• Kuasai Pengetahuan dan praktek penggunaan Phonetik ITU.
• Gunakan komunikasi singkat apalagi peserta atau jalur sangat ramai, prioritaskan emergency dan atau yang Anda dengar dan segera untuk dipanggil, selalu kendalikan nada bicara Anda dengan tenang agar orang lain akan cenderung tetap tenang.
• Hindari menjadi sumber informasi umum tentang suatu peristiwa – ingat Anda hanya bertugas sebagai pengendali bukan petugas informasi publik.

Selain syarat dasar diatas, siapkan beberapa lembar catatan untuk menulis sebanyak mungkin stasiun yang berpartisipasi, tulis SEMUA panggilan sebelum mengkonfirmasi stasiun yang memanggil ke dalam logsheet.

Seorang NCS sebaiknya membiasakan diri untuk mengecek frekwensi yang akan digunakan sedang dipergunakan atau tidak, meminta izin sebelum digunakan,menjawab segera jika dibutuhkan, Gunakan Callsign atau tanda panggilan khusus kegiatannya. Jangan takut untuk meminta bantuan jika membutuhkannya serta mungkin Anda akan membuat kesalahan tetapi jangan takut untuk mengakui kesalahan.

Dibawah berikut contoh teks sebagai petugas Net Control Station (NCS) kegiatan Net Orari Lokal Kendal, Anda dapat mengembangkan sendiri dengan kalimat dan bahasa yang lebih baik.

Contoh Pemanggilan NCS Net Lokal:

Apakah Frekuensi ini sedang dipergunakan?
-Perhatian, silahkan untuk bergeser atau stanby jika Anda masih menggunakan frekuensi 145.180 MHz diatas 10KHz atau dibawah 10KHz karena sebentar lagi akan kami gunakan untuk kegiatan NET Orari Lokal Kendal.
-Please stanby.. please stanby.. please stanby..
-Selamat malam rekan-rekan anggota ORARI Lokal Kendal dan sekitarnya..
-CQ Kendal Net.. CQ Kendal Net.. CQ Kendal Net
-Disini stasiun induk ORARI Lokal Kendal YH2AY, stasiun NET pengendali ORARI Lokal Kendal, ORARI Daerah Jawa Tengah dengan operator Ratna Wijayanti dengan Callsign YD2BTP Alamat Gang Jalaran, Dusun Nawang Tresno, Kecamatan Sokokulino Kendal 51382.
-Memanggil rekan-rekan Amatir Radio ORARI Lokal Kendal dan sekitarnya untuk serobit pada frekuensi 145.180 MHz
-Sebelum kegiatan NET dimulai kami bacakan KODE ETIK AMATIR RADIO yang akan dibacakan oleh YC2TFB … silakan…
(setelah pembacaan Kode Etik… bisa juga dibacakan sendiri)
Terimakasih pembacaannya Kode etik Amatir Radio oleh YC2TFB 5/9 report untuk Anda. Please stanby…
-Selamat malam rekan-rekan anggota ORARI Lokal Kendal dan sekitarnya… Hari ini Senin Tanggal 21 September 2020 Pukul 13.00 UTC (20.00 WIB) Kegiatan Net Lokal kami mulai.
-Pertama-tama kami berikan kesempatan kepada anggota Amatir Radio yang akan menyampaikan berita darurat, emergency atau urgent traffix dipersilakan..
(jika tidak ada dilanjutkan panggilan kedua, jika ada diterima dan dipanggil)
-Kesempatan pertama tidak dipergunakan kami berikan kesempatan kedua kepada DPP atau Pengurus Orari Lokal Kendal atau Pengurus Orari Daerah Jawa Tengah, untuk menyampaikan berita atau pengumuman dipersilahkan, disini YH2AY Net Control Stanby…
(Jika ada DPP atau Pengurus memanggil, dipersilahkan. jika tidak dilanjutkan pada pemanggilan berikutnya)
-Pada spasi yang cukup tidak dipergunakan kesempatan berikutnya pemanggilan umum, dipersilakan untuk memanggil atau yang berkenan ceck in disini YH2AY Net control stanby…
(Jika ada yang memanggil segera dicatat dan dengan spasi yang cukup segera dipanggil balik, mungkin ada beberapa stasiun yang memanggil silahkan dipanggil secara bergantian).

*Setelah sampai puncak kegiatan net berakhir sesuai jadwal dapat kita tutup dengan contoh kalimat seperti dibawah ini;

-Kami ucapkan terimakasih untuk rekan-rekan amatir radio yang telah berpartisipasi ceck in dan mohon maaf bila ada stasiun yang ceck in namun belum tercatat dan terpanggil, kami berharap partisipasinya pada kegitan Net berikutnya.
-Tepat pada Pukul 14.00 UTC kegiatan Net Orari Lokal Kendal kami tutup dengan negatif berita atau pengumuman.
-dan peserta yang ter logsheet sejumlah 248 orang diawali oleh YC2XXX dan diakhiri YC2YYY
-Sekali lagi mohon maaf jika ada salah dalam membawakan tugas, saya YD2BTP mengucapkan terimakasih..
-Sampai jumpa … 73 .. Bye .. bye ..

Itulah contoh NET, Anda dapat mengembangkan atau mengolah kalimat sendiri yang lebih baik.
Semoga bermanfaat.(/tfb)

2 thoughts on “Net Control Station (NCS) Amatir Radio

Tinggalkan Balasan