iBOTA Pantai Goa Petapa

Kegiatan Amatir Radio untuk aktivasi pantai dalam program iBOTA Pantai Goa Petapa berlangsung dari Desa Kejawan Bangkalan Madura. Pantai Goa Petapa lokasi tepatnya adalah berada disisi timur jembatan Suramadu jadi kalau menghadap ke barat akan terlihat jembatan yang membelah laut.

Aktivasi Pantai Goa Pertapa dilakukan oleh dua aktivator dari anggota ORARI Lokal Surabaya, yaitu Steven Karta Wijaya – YB3DNK dan Sugiarto Utomo -YD3BUE. Aktivasi dilakukan melalui 40M Band (7.100MHz) 2M Band (145.540MHz) dan DMR TG510, keduanya akan menggunakan callsign portable atau /P.

Menurut cerita goa yang ada di pantai ini, konon katanya dibuat oleh seorang pendatang dan digunakan untuk bertapa.Terdapat dua goa/lubang dengan jarak antar lubang tersebut kurang lebih 25 meter. Salah satu lobang tersebut menurut cerita di huni seokor ular piton raksasa dan satunya digunakan oleh pertapa.

Indonesian Beaches On The Air  - iBOTA Pantai Goa Pertapa
instagram @exploremadura

Saat ini Pantai Goa Petapa dijadikan tempat wisata bahari dan dikelola oleh pemerintah setempat. Untuk masuk kawasan wisata pantai Goa Petapa tiketnya cukup murah yaitu Rp.5000,- saja.

Pengunjung Pantai Goa Petapa dapat menikmati pemandangan dengan hamparan pasir putih kekuningan. Pemandangan akan semakin bertambah indah dikala terjadi surut air laut, sehungga akan nampak gugusan karang yang muncul.

Dalam kegiatan Indonesian Beaches On The Air ini, aktivator mengajak untuk rekan-rekan chaser saling konfirmasi melalui website ibota.id. Bagi yang belum mempunyai akun agar registrasi sehingga sesama activator dan chaser dapat mengumpulkan point untuk claim award yang disediakan.

Kegiatan program iBOTA Pantai Goa Petapa dilaksanakan pada 25 Januari 2022 dan terdengar sangat tertib, karena dilakukan pemanggilan per call area dan chaser banyak yang memanggil dengan menyebutkan full callsign.

Sumber/Foto: https://ibota.id/beaches/beach_info?id=127

Tinggalkan Balasan