CORE Orlok Kendal Gabung Orda Jatim Pasca Erupsi Semeru

CORE Orlok Kendal Gabung dengan Orda Jatim Pasca Erupsi Semeru

Communication and Rescue – CORE Orlok Kendal tergerak bergabung dengan CORE ORDA Jatim untuk membantu dalam upaya penanganan bencana pasca erupsi gunung Semeru.

Kita ketahui, gunung Semeru di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang mengalami erupsi dan mengeluarkan guguran awan panas pada Sabtu 04 Desember 2021 yang lalu. Akibat erupsi Semeru tersebut mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka. Banyak warga yang berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka.

Team CORE berangkat ke lokasi bencana erupsi gunung Semeru pada 7 Desember 2021 yang lalu untuk bergabung dengan tim CORE dari ORDA Jawa Timur.

Keberangkatannya dilepas langsung oleh Wakil Bupati Kendal H. Windu Suko Basuki SH.dan Ketua ORARI Lokal Kendal Ir Dwi Heri – YB2CBD. Wakil Bupati yang disapa akrap dengan Pakde Basuki sebelum melepas tim menuju Lumajang berharap, ORARI Lokal Kendal dapat menjadi duta mewakili dalam misi kemanusiaan Kabupaten Kendal.

Wakil Bupati Kendal yang juga memiliki hobby di kegiatan Amatir Radio ini juga membuka rumah dinasnya untuk dijadikan posko penggalangan donasi erupsi Semeru. Hasil penggalangan donasi akan disampaikan melalui tim kedua yang akan diberangkatkan pada hari berikutnya.

Tujuan kemanusiaan ini adalah sebagai upaya membantu penanganan korban erupsi gunung Semeru. Sesuai bidangnya, CORE ORARI Lokal Kendal dengan skill yang dimiliki akan terjun membantu dalam bantuan komunikasi dan pertolongan.

Sekretaris ORARI Lokal Kendal, Kiswanto – YC2BDS menyampaikan bahwa, kegiatan ini juga didukung oleh ORARI Daerah Jawa Tengah saat melepas misi kemanusiaan ke Lumajang.

Anggota CORE yang bertugas berjumlah 6 anggota CORE ORARI Lokal Kendal dan empat orang calon anggota Amatir Radio. Tiga anggota (Tim ke-2) berangkat pada tanggal 11/122021 untuk membawa bantuan Bapak Wakil Bupati Kendal, Basuki untuk warga terdampak erupsi.

Berikut daftar nama anggota untuk tim CORE ORARI Lokal Kendal dukungan relawan erupsi Semeru;

  1. Tri Haryanto – YD2LML
  2. Nur Asikin – YD2BUS
  3. Kurnia Wijayanto – YG2ADO
  4. Muhammad Khoirun Nizam – YG2APW
  5. Rafael Novi Setya Hermawan – YG2AFL
  6. Supriyanto – Calon Anggota Amatir Radio
  7. Akim Wahyudi – Calon Anggota Amatir Radio
  8. Teguh Udianto – YD2BGM
  9. Susilo – Calon Anggota Amatir Radio
  10. Tohir – Calon Anggota Amatir Radio

Tim dengan koordinator Hariyanto – YD2LML tersebut bertugas dengan sasaran utama bergabung dengan ORDA Jatim bersama relawan gabungan di pos induk.

Tim CORE ORARI Lokal Kendal sudah sampai di posko Sumber Wuluh . Foto bersama KBOT ORDA JATIM YB3GZS .
CORE ORARI Lokal Kendal tiba di lokasi terdampak erupsi gunung Semeru

Tim CORE tiba dilokasi disambut oleh KBOT ORDA Jatim Samsul Arifin – YB3GZS di Posko Sumber Wuluh pada 9 Des 2021.

Selanjutnya dengan bergabungnya CORE Orlok Kendal dengan ORDA Jatim, bergerak sesuai komando dari pos induk dibawah Komando BPBD Lumajang.

Selama 8 hari tim CORE Lokal Kendal bersama CORE ORDA Jatim telah melakukan berbagai upaya dalam Opsar Erupsi gunung Semeru. Upaya tersebut diantaranya pencarian, pertolongan, penyaluran bantuan logistik, penyampaian informasi dan lain-lain.

Tri Haryanto – YD2LML melaporkan dalam LogSheet Opsar erupsi gunung Semeru masih dirasakannya gempa 2-3 detik di posko SAR GAB Candipuro. Hal itu akibat adanya gempa 5,1 SR yg berpusat 54 km tenggara Lumajang dan disusul Erupsi Semeru jam 09.00 16/12/2021.

Hari ke 13 proses evakuasi korban erupsi Semeru dihentikan, Klaster SAR Jawa Timur akan ditarik. Pencarian diperbolehkan untuk relawan SAR yang lain dibawah komando BPBD Lumajang.

17 Desember pukul 11.04 Tim CORE Lokal Kendal kembali ke Kendal Jawa Tengah. Termasuk relawan dan CORE ORARI Daerah Jawa Timur yang telah berkemas untuk kembali ke pos/lokalnya masing-masing.

Penarikan SAR Gabungan ini karena sudah tidak menemukan korban erupsi lagi sejak dua hari terakhir. Info terakhir tercatat 49 Korban ditemukan telah meninggal dunia dan 39 orang dilapokan hilang.

Tim relawan yang masih bertahan akan melanjutkan misi membantu penanganan pengungsi dan pencarian akan tetap di komando oleh BPBD Lumajang.

Info dan Foto: YD2LML – YD2BDS – YD2BUS
Editor; YC2TFB

Sumber: https://oraridaerahjateng.or.id/blog/2021/12/20/core-orlok-kendal-gabung-dengan-orda-jatim-pasca-erupsi-semeru

Tinggalkan Balasan