YB7-DX Club Contest menjadi Event Tahunan

YB7-DX Club Contest

YB7-DX Club yang terbentuk 7 Januari 2021 akan mengadakan contest perdana di bulan September 2021. Kegiatan kontes ini masuk menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan setiap minggu kedua bulan September.

Awal terbentuknya YB7-DX Club (YB7-DXC) diharapkan sebagai wadah untuk menciptakan contester dan DXer di Kalimantan khususnya dan luar Kalimantan pada umumnya.

Sesuai tujuan dan misi dari YB7-DXC, Contest YB7-DXC bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan sesama Anggota Amatir Radio. Event Contest tahunan ini juga dimaksudkan untuk menjalin semangat kekeluargaan dan menjunjung tinggi sportivitas dalam kegiatan Amtir Radio.

Petunjuk Pelaksanaan YB7-DX Club Contest

Petunjuk Pelaksanaan Contest YB7-DXC dalam website resminya disebutkan;

Pelaksanaan dimulai pada tanggal 11-12 September 2021 melalui 40 M band (7 MHz).

Peserta adalah Amatir Radio Indonesia yang memiliki IAR yang valid dan berlaku juga untuk station DX atau luar negeri.

Kategori kontes yaitu: Single Operator dibagi menjadi beberapa kelas, Siaga, Penggalang dan Penegak dengan power Low dan High. Untuk multi Operator dan DX juga berlaku kelas Low, Hight dan QRP.

Perhitungan score adalah 3 point jika kontak dengan negara yang sama, 5 point di benua yang sama dan 7 point lintas benua.

Multiplier, Kontak antara world prefixs dan antara negra pertama satu multiplier.
Skor akhir adalah hasil dari jumlah kontak point dikalikan dengan pengali total.

Sertifikat dan plakat disediakan oleh panitia kontes YB7-DXC kepada semua peserta yang memenuhi syarat. Beberapa syarat diantaranya, panitia hanya menerima logsheet hasil QSO dalam bentuk format cabrilio. Batas pengiriman logsheet adalah 7 hari setelah usai kegiatan. Apabila pengiriman logsheet melewati batas waktu 19 september, maka dianggap sebagai checklog.

File UDC pendukung kegiatan kontes untuk logger dapat diunduh di https://yb7dxc.com/download-udc.

Peraturan umum lainnya yaitu;
Self Spoting tidak diperbolehkan, dan hanya satu signal yang diperbolehkan dalam satu frekuensi. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat, panitia juga berhak mendiskualifikasi.(\2tfb)

Ada baiknya Anda membaca kembali Pedoman dalam Mengikuti Contest sebelum mengikuti kegiatan YB7-DX Club Contest bulan September mendatang.

Sumber: Juklak Contest YB7-DXC Contest.

1 thought on “YB7-DX Club Contest menjadi Event Tahunan

Tinggalkan Balasan