ORARI Lokal Banyumas lakukan Pembinaan dan Pelatihan Teknik Komunikasi menggunakan HT bagi Pejabat Fungsional SATPOL PP

Banyumas 27 Mei 2021, Dalam rangka meningkatkan kinerja dan menambah pengetahuan serta wawasan anggota, SATPOL PP Kabupaten Banyumas mengadakan pelatihan bagi para Pejabat Fungsional tentang penggunaan pesawat radio komunikasi dua arah, salah satunya handy talky (HT).

Pelatihan bagi para pejabat Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyumas tersebut mengundang ORARI Lokal Kabupaten Banyumas sebagai narasumber, untuk memberikan pelatihan mengenai prosedur operating communication dan penggunaan perangkatnya sebagai pelayanan dan kinerja SATPOL PP dalam bertugas.

Sriyono, S.PD – YC2KSB sebagai narasumber dalam pelatihan ini menyampaikan beberapa materi pokok. Materi tersebut meliputi Operating Procedur, perijinan keanggotaan di ORARI serta peraturan / Undang-Undang Telekomunikasi No.36 tahun 1999.

Tidak hanya penyampaian materi saja, praktek penggunaan perangkat radio baik HT maupun RIG juga dilakukan. Praktek sebagai latihan ini disimulasikan melalui VHF pada frekuensi 145.100 MHz.

Ketua ORARI Lokal Banyumas DR. M Rifqi Setyanto – YC2ILU memimpin langsung praktek tersebut. Beberapa anggota ORARI Lokal Banyumas yang membantu sebagai lawan komunikasi diantaranya YC2OCL, YC2BOR, YD2IVM, YD2CZD. Sedangkan dokumentasi foto kegiatan ditangani oleh Arum Budi setyawan – YC2NET.

Hadir juga Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah Ir.Drs.YB Praharto,M.Eng – YB2BZ yang turut memantau kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu Ketua ORARI Daerah Jateng memberikan saran agar penggunaan frekuensi khusus Satpol PP sebagai pelayanan masyarakat dan pengamanan dalam bertugaas koordinasi dilapangan dengan prinsip komunikasi satu komando akan lebih tepat menyiapkan perijinan, sehingga menjadi dan mempunyai fasilitas yang legal menurut undang-undang telekomunikasi. Dalam pesannya kepada Ketua ORARI Lokal Kabupaten Banyumas, agar segera bersinergi dengan Ka. Satpol PP Kabupten Banyumas.

Penyampaian materi dan praktek berjalan hikmat. Acara ditutup dengan foto bersama di Aula Kelurahan Purwokerto Wetan yang dijadikan lokasi acara tersebut.(/2TFB)

Kontributor: ORARI Lokal Banyumas – YH2AC
Source: ORARI Daerah Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan