Radiogram ORARI Pusat Perihal Dukom Lebaran 2021

ferry wongalas - YD2JPF Dukom

ORARI Pusat mengirimkan Radiogram kepada seluruh ORARI Daerah di seluruh Indonesia yang dikirimkan melalui stasiun YH0A. Pengiriman radiogram dilakukan oleh Wakil Ketua Umum ORARI Pusat Sugeng Suprijatna – YB0SGF via ORARI Net tanggal 08 Mei 2021 pukul 10.00 UTC di frekuensi 7.055 MHz.

Isi Radiogram dari ORARI Pusat untuk ORARI Daerah di Seluruh Indonesia perihal DUKOM Lebaran 2021 adalah sebagai berikut;

Menghadapi kegiatan lebaran tahun 2021 dan memperhatikan pandemi covid-19 serta kondisi cuaca yang ekstrim di beberapa daerah, sehingga kemungkinan dapat terjadi berbagai situasi kerawanan baik yang berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehtan, lalu lintas, keamanan, maupun bencana alam

Memperhatikan Peraturan Menteri Kominfo No. 17 tahun 2018 tentang Kegiatan Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk, Surat Edaran Satgas Penangganan Covid-19 No. 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama bulan Suci Ramadhan 1442 H, maka diinstruksikan kepada ketua ORARI Daerah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Dukungan Komunikasi Lebaran tahun 2021 sebagai berikut:

  1. Dukungan Komunikasi lebaran tahun 2021 dilaksanakan 9 Mei sampai dengan 17 Mei 2021, berkoordinasi dengan instansi terkait terutama SATGAS Penanganan Covid-19 di daerah, Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
  2. Melaksankan kegiatan pemantauan pada titik-titik rawan pelanggaran protokol kesehatan, rawan kecelakaan lalu-lintas, rawan keamanan, rawan bencana alam dengan menggelar Dukungan Komunikasi dan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah DAerah serta instansi terkait lainnya.
  3. Frekuensi Koordinasi Dukungan Komunikasi Lebaran dan Penanggulangan Bencana adalah HF 7.110 MHz, VHF 145.500 dan 147.000 MHz, serta bila diperlukan dapat menggunakan Komunikasi melalui Satelit LAPAN ORARI IO-86.
  4. Dalam melaksanakan Dukungan Komunikasi Lebaran 2021 agar tetap memperhatikan kaidah-kaidah sert ketentuan yang berlaku bagi kegiatan Amatir Radio, dan setiap anggota ORARI yang terlibat agar menggunakan atribut ORARI yang dimiliki.
  5. Seluruh Pelaksanaan kegiatan Dukungan Komunikasi Lebaran 2021 di daerah masing-masing dibawah pengawasan dan kendali ORARI Daerah.

Atas nama pengurus ORARI Pusat kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari yang fitri kita dapat semakin merekatkan persatuan dan meningkatkan persaudaraan antara sesama Amatir Radio serta dengan sesama warga bangsa.

Radiogram ini ditembuskan kepada; DIRJEN SDPPI, BASARNAS, BNPB, BMKG, LAPAN, Satgas Covid-19 dan Nusantara Net.

Sumber: ORARI Headquarter on tweter (@ORARI_Pusat)

Tinggalkan Balasan