World Amateur Radio Day diatas Gunung Sigepak dalam SOTA YBJ/JT-068

Bertepatan dengan peringatan World Amateur Radio Day (WARD) ke-96 yang jatuh pada tanggal 18 April 2021, tiga orang Anggota ORARI Lokal Purworejo dan satu orang anggota ORARI Lokal Kulon Progo mereka adalah YB2JDC, YD2BZR, YD2CRN dan YD2VUT melakukan kegiatan ekspedisi yang cukup menarik namun masih jarang diselenggarakan di Indonesia yaitu Summit on The Air (SOTA).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai 17-18 April 2021 bertempat di Gunung Sigepak yang terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Gunung dengan kode YBJ/JT-068 ini terletak pada batas wilayah Kabupaten Kulon Progo DIY dan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah dengan ketinggian 850M dpal pada koordinat 7.7749LS 110.102BT. Tim memancar pada dua band yaitu 40 meter band dan 2 meter band yang seluruhnya dipancarkan dengan mode phone.

Lokasi Gunung Sigepak berjarak sekitar 25 KM dari ibukota Kabupaten Purworejo dan berdekatan dengan lokasi obyek Wisata Goa Seplawan. Perjalanan menuju lokasi ditempuh dengan kendaraan dari ibukota Purworejo sampai dengan kaki Gunung Sigepak selama lebih kurang 1 jam kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki lebih kurang 1 jam dengan medan yang relatif miring sehingga cukup menguras tenaga dari para tim ekspedisi.

Lokasi tim memancar pada titik Pilar Acuan Batas Antara (PABA) 00032 yang jadi batas antara DIY dan Jawa Tengah. Pada kesempatan SOTA kali ini diperoleh QSO sejumlah lebih dari 200 contact baik di 40 M band maupun 2 M band dan telah dicatat menggunakan logger N1MM untuk dipindahkan menjadi ADI file untuk diupload pada beberapa web.

Untuk memancar pada band 40 meter, Tim menggunakan radio transceiver Yaesu System 600, antena bentangan open dipole yang diikat pada pohon yang ada di lokasi, sedangkan kan untuk 2 meter digunakan pesawat Alinco DR135MK-II dengan antena model Telex masing-masing didukung dengan power suplly berupa accu dengan kapasitas 40AH.

Sebagai penghargaan dan kenang-kenangan atas keikutsertaan dalam kegiatan ini penyelenggara tengah menyiapkan piagam penghargaan yang dapat diunduh oleh chaser maupun hunter yang telah ikut serta.

Kontributor: ANGGIT WAHYU NUGROHO – YD2BZR

1 thought on “World Amateur Radio Day diatas Gunung Sigepak dalam SOTA YBJ/JT-068

  1. apakah sudah bisa di download QSL card untuk SOTA Di Gunung Si Gepak YBJ/JT-068 …

Tinggalkan Balasan