Celebrate World Amateur Radio Day 2021

18 April adalah Hari Amatir Radio Sedunia, dimana 18 April 1925 di Kota Paris 25 negara membentuk IARU (International Amateur Radio Union) untuk menyatukan Radio Amatir diseluruh dunia.

Tahun ini perayaan Hari Amatir Sedunia dirayakan ditengah pandemi global yaitu adanya virus covid-19, untuk itu Tema Khusus Hari Amatir Radio tahun 2021 diambil dengan tema yang telah di umumkan Dewan Administratif IARU yaitu “Home But Never Alone“.

IARU telah menyediakan poster untuk Hari Amatir Radio Sedunia. Semua Club dimanapun dapat mendownload dan menggunakannya untuk mempromosikan WARD (World Amateur Radio Day). Poster ini tersedia dalam dua ukuran: 61cm x 91cm dan Poster ukuran kecil (A4). Anda dapatr menyebarkan poster ini di media sosial milik Anda dengan menyertakan hash tag #WorldAmateurRadioDay.

IARU sejak dibentuk hingga kini telah berkembang untuk mencakup anggota 160 negara yang dibagi menjadi tiga region atau wilayah.
IARU Region 1 meliputi Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia Utara. Region 2 mencakup Amerika, dan Region 3 terdiri dari Australia, Selandia Baru, negara-negara kepulauan Pasifik, dan sebagian besar Asia.

Beberapa negara dibelahan dunia dalam “Celebrate World Amateur Radio Day” mengadakan kegiatan berkaitan dengan Hari Amatir Radio Sedunia ini, diantaranya;

  • Australia: Bayside District Amateur Radio Society (B.D.A.R.S.) akan mengaktifkan stasiun klubnya VK4BAR selama WARD.
  • Bahrain: Bahrain Amateur Radio Society akan mengoperasikan mode A91WARD 14 – 18 April 2021 menggunakan mode SSB, FT8, dan DMR.
  • Kanada: Radio Amateurs of Canada mensponsori acara khusus “Get on the Air on World Amateur Radio Day“. Detail di https://www.rac.ca/ward2021/
  • Kanada: Dari 1700 – 1830z The Canada Hub akan menjadi tuan rumah versi khusus dari Trans-Canada Net mingguannya dan mengundang check-in dari seluruh dunia. Internet akan dipimpin oleh VE5UO yang mengoperasikan acara khusus callsign VE5RAC. Setiap orang yang check-in nantinya dapat mengunduh sertifikat peringatan gratis yang mengonfirmasi kontak. Canada Hub adalah jaringan repeater nasional yang tersedia di AllStar (517300), IRLP (9029), EchoLink (VE7NZ-L), dan Hamshack Hotline (94069). Kami menyambut koneksi dari siapa pun, di mana saja. Informasi lebih lanjut di www.thecanadahub.ca
  • Republik Dominika: Pada hari Kamis 15 April pukul 20:00 lokal /EST Radio Club Dominicano akan melakukan pembicaraan virtual dengan topik “IARU, PRESENT and FUTURE”*(Dalam bahasa Spanyol) oleh Ramón Santoyo Presiden Wilayah IARU 2 via: ZOOM / YOUTUBEZOOM ID 865 8531 1845 kode akses rcd. YOUTUBE http://bit.ly/RCDyouTubeChannel Pada hari Minggu 18 April stasiun klub akan diaktifkan pada band dan mode yang berbeda.
  • Hongaria: The Hungaria Amateur Radio Society, MRASZ, akan merayakan WARD dengan 2 kontes pendek pada band 80 dan 2 meter. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian kepada operator muda dan menjaga generasi tertua kami tetap aktif juga. https://www.mrasz.org/news
  • India: Amateur Radio Convention and Conference Samity (ARCCS) VU2GIN mengadakan beberapa acara termasuk aktivasi AU6ARD 16 – 25 April; detail di https://ward.hamconvention.net/
  • Italia: Club A.R.I. Como akan mengoperasikan II2OM 15 hingga 18 April untuk WARD.
  • Britania Raya: Persahabatan baru RSGB di Air Award terhubung dengan tema Hari Radio Amatir Sedunia tahun ini “Home but never alone”. Penghargaan RSGB merayakan persahabatan radio amatir dan memberi amatir radio Inggris kesempatan untuk mengudara, mewakili klub mereka dan mengobrol dengan amatir radio di seluruh gelombang udara. Ada penghargaan bulanan dan tahunan untuk individu, klub, dan klub dengan skor tertinggi di setiap wilayah. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web Society: rsgb.org/friendship-award
  • Amerika Serikat: ARRL telah membuat halaman web untuk mendukung Hari Radio Amatir Sedunia.
  • Puerto Rico: Federación de Radio Aficionados de Puerto Rico akan mengudara untuk Hari Radio Amatir Sedunia pada 2 meter dan HF. Akan ada sertifikat khusus dan eQSL bagi mereka yang menghubungi KP4FRA. Informasi lebih lanjut tentang www.frapr.org halaman Federacion Frapr.
  • TEN-TEC Legacy Nets kembali pada tahun 2021 untuk merayakan tema World Amateur Radio Day tahun ini yang beroperasi di tiga band (80m,40m,20m) dalam pengelompokan 4 jam pada 18April. Jadwal band dan waktu operasi akan diposting sehari sebelum acara di sini: http://groups.io/g/TENTECLEGACYNETS . Peserta dianjurkan untuk memeriksa dxwatch.com frekuensi operasi. Stasiun Kontrol Bersih akan menggunakan Netlogger.org untuk logging untuk menghilangkan tumpukan dan meningkatkan akurasi. Netlogger Net Name akan menjadi “Acara Hari Radio Amatir Sedunia.” Setelah masuk, konfirmasikan pita/frekuensi operasi di bagian atas halaman. Jendela Netlogger Chat mengundang cerita “Home but Never Alone” Anda dengan kemungkinan readout on-air. Semua kontribusi akan diteruskan ke IARU /WARD. Sertifikat Prestasi acara khusus akan dikirim melalui email ke setiap peserta yang mengkre kredit band “bekerja.” Check-in yang bekerja semua Band mendapatkan dukungan Sertifikat “Sapu Bersih”. Email W4OVT jika email Anda bukan QRZ tercantum untuk menerima Sertifikat tanpa biaya Anda pada / sebelum 05/01/ 21.
  • VOIP/ECHOLINK ROC-HAM Conference node #531091
    18 – 19 April 13:00 — 05:00 UTC (09:00 EDT-1AM EDT) melalui VOIP/ECHOLINK ROC-HAM Conference node #531091/Allstar #2585. W2JLD, VO1UKZ, GW8SZL, 2W0KYH, Pengontrol Bersih. Semua stasiun dari seluruh dunia dianjurkan untuk check-in. Kartu qsl acara khusus akan tersedia melalui S.A.S.E.
  • Fair Lawn (NJ) Amateur Radio Club akan mengoperasikan stasiun klub W2NPT di CW dan telepon sepanjang hari pada 18 April. Dalam mendukung tema acara tahun ini operator akan berbagi informasi tentang Health & Welfare Net yang dijalankan klub selama pandemi.
  • Tim Disaster Communication Action (AL)akan mengoperasikan club station KD1CAT pada 18 April 2021 untuk mendukung Hari Radio Amatir Sedunia. DCAT akan beroperasi pada semua band HF.

Let’s celebrate the international amateur radio day while maintaining social distancing !(\tfb)

Sumber info: iaru.org

Tinggalkan Balasan