Special Call 8A107MLG dalam rangka merayakan HUT Kota Malang Ke – 107

Dalam rangka memperingati HUT Kota Malang ke-107 ORARI Daerah Jawa Timur Lokal Malang Raya mengadakan Special Call dengan callsign 8A107MLG.

Kegiatan Special Call 8A107MLG dilaksanakan pada tgl 1 April 2021 , Jam 15.00 WIB ,pada band 40m, 80m dan 2m (VHF). Meski persiapan Special Call 8A107MLG dibilang mendadak, hanya butuh satu malam (wow.. recor yach kaya’ cerita bikin 1000 candi hehe..) pelaksanaan kegiatan berjalan sukses!

Seperti yang disampaikan Om Yusuf Budhyanto – YB3DY ( salah satu NCS di 40m band), ada kendala teknis yang dihadapi, selain cuaca ada operator lain yang radionya bermasalah, sehingga setelah pembukaan di 40m sempat ada jeda cukup lama.(maklhum yach… persiapannya hampir gak ada semalam… hehe..)

Teknikpun yang digunakan berbeda dalam pemanggilan, biasanya pemanggilan di list dulu oleh NCS, hingga akhirnya yang teriak tidak lagi sesuai juklak dan operating prosedur. Sebagai pengendali 8A107MLG teknik yang digunakan adalah pemanggilan kepada yang check in cukup satu kali panggil dengan tanpa di list.

Mengingat sudah “terbiasa”nya peserta yang memanggil berulang-ulang, membuat Om Yusuf Budhyanto mengingatkan berkali-kali bahkan dengan teguran, karena dalam rule ketentuannya sudah disebutkan. Salah satu ketentuannya adalah Saat Check in Peserta Wajib Menyebut Full Callsign dan tidak berulang-Ulang.

Menurut Om Yusuf, saat saya tanya lebih lancar dan cepat mana dengan teknik pemanggilan di list dengan tanpa di list, YB3DY berpendapat, “Kalo menurut sy lebih cepat langsung. Dengan catatan yang masuk mulai terbiasa dengan cara yg sy terapkan…ini cara internasional“. Beliau juga menambahkan “Karena selama ini mereka terbiasa di list jadi manggil kyk wiridan 🤣😂”.

Semoga teknik ini menular ke kegiatan Special Call yang lain…, sehingga dapat melatih diri untuk berkomunikasi dengan baik dan benar, terutama dalam kegiatan Net ataupun Special Call.

Bagi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Special Call 8A107MLG Hari Jadi Kota Malang ke 107 dapat mengunduh Special QSL Card di www.orarimalangraya.com.

Selamat HUT Kota Malang.(\tfb)

Tinggalkan Balasan