5 Point Penting Saat Mengawali Hobby Olahraga Rekreasi Petualangan

Point Penting Saat Mengawali Olahraga Rekreasi Petualangan

  1. MANAJEMEN INFORMASI & MEKANISME KEGIATAN
    a.) Cari informasi sebanyak mungkin tentang objek yang akan kita kunjungi. Informasi ini nantinya dapat memberikan panduan kepada teman-teman yang berpartisipasi khususnya tentang medan perjalanan.
    b.) Susun dan kelola mekanisme kegiatan secara matang. Penentuan lokasi, rute perjalanan, kondisi cuaca, jumlah tim, dan jangka waktu. Semua hal itu akan menentukan, pengaturan peralatan dan logistik (air/makanan/bahan bakar) yang harus dipersiapkan.
  2. CHECKING PERALATAN YANG WAJIB DIBAWA
    Siapkan segala perlengkapan dan pakaian yang berguna dalam perjalanan. Sebaiknya, jangan membawa barang terlalu banyak atau kekurangan. Porsi berat beban sepertiga dari berat tubuh kita Yang muda. Jika berat badan 60 kg, beban kerril antara 15-20 kg. Bawa perlengkapan P3K, minimal obat-obatan pribadi: obat merah, perban, obat batuk, atau obat diare.
  3. MENCUKUPI KEBUTUHAN AIR, MAKANAN (& BAHAN BAKAR)
    a.) Bekal makanan dalam mendaki gunung sangat penting. Bawalah makanan yang ringan, ringkas namun cukup mengandung kalori. Juga bahan makanan yang cepat dimasak.
    b.) Hindari membawa / mengonsumsi minuman beralkohol–Meskipun alkohol hangat namun, minuman alkohol dapat memicu pecahnya kapiler darah akibat terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.
  4. MEMPEROLEH IZIN DAN MELAPOR KEPADA PETUGAS POS PENDAKIAN
    Sebelum melakukan pendakian kita harus melapor dan memperoleh izin dari pihak-pihak terkait, terutama di Pos Pendakian. Di pos pendakian ini, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap, dan nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihubungi bila terjadi musibah di gunung. Setelah kembali dari pendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke petugas Pos Pendakian.
  5. SAFETY PROCEDURE
    Safety procedure adalah aspek penting yang harus kita jaga selama pendakian. Lengkapi tiap personal dengan KIT Survival, kit ini akan sangat membantu pada saat kita menghadapi situasi emergency dalam kegiatan pendakian.
    Oleh Nurmansah, dari berbagai sumber | Photo: Iwan F (Moment antrian Turun 750 – 1500 pendaki, Minggu sore (26/10/2014). Pos Kdng Batu – Air Panas – Pos Pemandangan, TNGP.

Baca juga ; Mereka Hilang dan Tewas di Gunung

Share dengan sesama penggiat alam bebas,
Semoga bermanfaat, jabat salam Topi Rimba!

Sumber: Didid Gaung

Tinggalkan Balasan