Operasi Search and Rescue (SAR) Orang Tenggelam di Sungai Kalikuto

Tim SAR gabungan melakukan operasi pencarian orang tenggelam di DAS Kalikuto Dsn. Salakan Desa Sambongsari kecamatan Weleri setelah sebelumnya melakukan upaya pencarian dan pemantauan hari pertama belum membuahkan hasil.

Hari sebelumnya Selasa (16/2/2021) sekitar pukul 17.00 WIB sehabis bermain bola Bersama 7 temannya, survivor atas nama Galih Priyadi (L/15th) dan 4 temannya mandi di sungai sekitar grojokan grongsil Kali Kuto yang berada di Dsn Salakan Desa Sambongsari Kec. Weleri. Survivor bersama 4 temannya mandi di sungai dengan cara melompat dari bibir tanggul dengan ketinggian ± 5 meter dan kedalaman air ± 3 meter kemudian 4 temannya naik ke permukaan namun naas survivor terseret arus dan tenggelam, anak yang selamat berusaha meminta pertolongan kepada warga sekitar, pakaian terakhir yang di pakai survivor hanya memakai celana kolor berwarna hitam.

Info dari BPBD Kabupaten Kendal pada laporan mutahir Rabu 17 Februari 2021 pukul 16.30 WIB Proses pencarian hari pertama oleh Tim SAR Gabungan dihentikan sementara dilanjutkan pencarian hari ke-2 Kamis 18 Februari 2021 di mulai pukul 08.00 WIB, hingga laporan ini disampaikan belum ada tanda – tanda survivor diketemukan.

Sementara info laporan dari PMI Kabupaten Kendal Hari: Kamis Tanggal: 18 Februari 2021 Pukul : 07.00 s.d 17.00 WIB juga turut melakukan upaya pencarian berupa

1.Melakukan pemantauan dan penyisiran pada tiga titik lokasi

Titik 1 sebelah barat utara jembatan sungai kuto

Titik 2 sebelah timur jembatan sungai kuto

Titik 3 pada jembatan exs karanganom

2.Melakukan penyisiran menggunakan 3 perahu sampai ke muara

Hasil pencarian juga belum membuahkan hasil, pencarian sementara di hentikan Kamis 18 Februari pukul 17.00 WIB, tidak ada giat pemantauan malam hari.

ORARI Lokal Kendal juga menerjunkan pasukan CORE (Communication and Rescue) untuk membantu operasi pencarian, Laporan mutahir dari Koordinator Lapangan CORE Tri Haryanto – YD2LML, Jum’at 19 Febuari 2021 operasi lanjutan ini juga belum membuahkan hasil. Berbagai teknik dalam opSAR ini telah dilakukuan bahkan hingga ke muara Sungai Kalikuto. Kendala yang dihadapi adalah peningkatan debit air dikarenakan wilayah atas DAS Kalikuto terjadi hujan. Bahkan sempat prahu tim nyaris terbalik akibat ombak di muara yang cukup besar, sehingga mesin mati.

Operasi pencarian orang hilang atas nama Galih Priyadi di sungai sekitar grojokan Grongsil Kalikuto Kendal, masih akan dilanjutkan pada hari berikutnya dengan batas waktu belum ditentukan hingga saat ini.

Unsur yang terlibat

  1. BPBD Kabupaten Kendal
  2. PMI Kabupaten Kendal
  3. GPK Kendal
  4. OPA KARS
  5. ORARI Lokal Kendal
  6. MDMC
  7. BANSER
  8. SARDA JATENG
  9. KSR Gringsing

#Posko siaga bencana BPBD Kabupaten Kendal siaga 24 jam 7 hari, apabila terjadi bencana hubungi ( 0294 ) 388160 / 08112828160
#Posko PMI Kab. Kendal Jl. Soekarno – Hatta Barat, Kendal Telp (0294)381139
#CORE ORARI Lokal Kendal, Repeater Kemanusiaan ORARI Lokal Kendal Frekuensi 147.020 MHz.

Sumber info: BPBD, PMI dan ORARI Lokal Kendal(/tfb)

0 thoughts on “Operasi Search and Rescue (SAR) Orang Tenggelam di Sungai Kalikuto

  1. PRAMULI dan UBALOKA beda pak admin, jd tdk bs disejajarkan, Krn UBALOKA dibawah dkc dan kita semacam potensinya Pramuka

Tinggalkan Balasan