Kekompakan YOTA Ditengah Badai Dalam SOTA Gunung Ungaran

Aktivasi gunung ke-8 dalam kegiatan Summits On The Air (SOTA) berhasil dilakukan oleh Youngsters On The Air ORARI Daerah Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada Jumat, 19 Februari 2021 di Gunung Ungaran dengan kode summit: YBJ/JT-017.

Keinginan untuk terus menambah ilmu dan wawasan serta menjalankan VISI MISI YOTA ODJT mendorong para anggota YOTA untuk melakukan berbagai kegiatan seperti SOTA di gunung Ungaran ini disamping itu juga untuk mengenlkan YOTA ODJT ke seluruh anggota ORARI dimanapun berada.

Sesuai VISI dan MISI kegiatan ini juga untuk mendorong teman-teman yang lain agar terus berkarya dan berprestasi walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki seperti perangkat yang terbatas seperti pada kegiatan ini yang aktivasinya hanya menggunakan HT.

Aktivasi Summits On The Air YBJ/JT-017 ini berawal dari semangat teman-teman untuk melakukan kegiatan SOTA dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak tidak hanya para pembina YOTA tetapi juga rekan-rekan ORARI Lokal Kendal yang posisinya berada dekat dengan Gunung Ungaran yang memberikan dukungan dan support.

SOTA kali ini memiliki cerita suka dan duka yang sangat berkesan bagi teman-teman yang berangkat ke Gunung Ungaran YBJ/JT-017.
Kegiatan dimulai dengan membagi 2 Tim yang berasal dari Salatiga dan Kendal.

Tim pertama berangkat dari Kota Salatiga pukul 05:00 WIB menuju Camp Mawar yang merupakan pintu masuk pendakian sampai di Camp Mawar YC2LLT bersama temannya bertemu dengan YD2LSA dan YD2BKE yang juga berangkat melalui Camp Mawar sempat terhalang di pintu masuk karena baru dibuka pada pukul 09:00 WIB setelah menjelaskan tujuan kegiatan akhirnya diperbolehkan masuk dan langsung mulai mendaki.

Tim kedua yang beranggotakan YD2BGV, YD2BUH dan satu calon anggota amatir berangkat melalui jalur pendakian Promasan perjalanan mereka mulai pukul 06:00 WIB.
Pada awal proses pendakian cukup lancar, ketika Tim 1 mencapai Pos 4 dan Tim 2 sudah berada di bawah Puncak View tiba-tiba hujan turun cukup deras dan kabut mulai datang namun perjalanan masih aman untuk dilanjutkan.

Proses pendakian Tim 1 semakin berat terutama di track berbatu antara Pos 4 hingga Puncak View membuat perjalanan Tim 1 cukup lama hingga akhirnya Tim 2 kembali turun untuk membantu Tim 1 naik keatas. Jalan yang licin, hujan, angin, kabut dan dinginnya udara tidak menghilangkan semangat teman-teman YOTA untuk melakukan aktivasi Gunung Ungaran terlebih lagi ini menjadi aktivasi pertama di Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran yang terkenal dengan medan pendakian yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi dengan berbagai karakteristik medannya tidak mematahkan semangat untuk melakukan SOTA.

Setelah pendakian panjang dengan jalan yang cukup sulit Tim 1 dan 2 mencapai puncak namun kondisi cuaca tidak kunjung membaik malah sebaliknya semakin parah dan membahayakan untuk melakukan perjalan karena medan berbatu dan jarak pandang yang sangat pendek terhalang kabut terlebih lagi kanan kiri jalan pendakian yang merupakan jurang yang sangat dalam.

Namun semua kesulitan itu terbayar dengan berhasilnya melakukan QSO dalam aktivasi. Ya… sekali lagi satu gunung di Jawa Tengah berhasil diaktivasi oleh para anggota YOTA ODJT.
Perjalanan turunpun bisa dibilang tidak mudah medan berbatu yang licin membuat beberapa kali Tim SOTA kali ini terpeleset ditambah beban berat yang dibawa.

Semua tim akhirnya memutuskan untuk turun melalui jalur Promasan agar lebih cepat sampai di bawah dan segera mencapai rumah YD2BUH yang berada di Promasan untuk beristirahat .

Sebelum pulang Tim 1 dari Kota Salatiga disambut dengan hangat oleh Keluarga Besar ORARI Lokal Kendal di titik 0 RPU ORARI Lokal Kendal. Terasa sekali kebersamaan dan kekeluargaan yang diberikan oleh ORARI Lokal Kendal kepada Tim SOTA dari YOTA ODJT ini.

Menjadi pendakian paling berkesan semoga pendakian ini dapat menginspirasi teman-teman muda yang lainnya tentunya dengan berbagai pertimbangan terutama di musim penghujan seperti sekarang ini.(\tfb)

Kontributor: YC2LLT-YD2BKE-YD2LSA-YD2BGV
Sumber: YOTA ORARI Daerah Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan