Activation YBJ/JT-048 by Member of YOTA ODJT

Gunung Gajah – Kamis, 28 Januari 2021 Kegiatan Summits On The Air kini seperti menjadi tren terbaru dikalangan anggota ORARI. Kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan di alam khusunya di pegunungan sekaligus berkomunikasi dari puncak gunung tentunya membawa sensasi tersendiri. Hal ini juga tidak luput dari perhatian anggota muda ORARI, seperti para anggota Youngsters On The Air ORARI Daerah Jawa Tengah.

Satu lagi gunung yang berhasil diaktivasi di Jawa Tengah yaitu Gunung Gajah dengan kode YBJ/JT-048 pada ketinggian 1204 MDPL. Gunung yang berada di wilayah Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini berhasil diaktivasi oleh Vincentius YC2LLT. Gunung Gajah merupakan gunung ke 4 di Jawa Tengah yang berhasil diaktivasi oleh VINCENTIUS TEGAR DEWANTO – YC2LLT (Member Of YOTA ORARI Daerah Jawa Tengah / YOTA ODJT) selama 3 bulan terakhir. Setelah melakukan survey sebelumnya pada hari Senin, 25 Januari 2021 dan tempat yang cukup mudah dijangkau maka pada Kamis, 28 Januari 2021 YC2LLT memutuskan untuk mengaktivasi Gunung Gajah.

Aktivasi yang dilakukan kali ini hanya CQ melalui 2m band / VHF pada frekuensi 145.360 MHz. Hal ini dilakukan selain memanfaatkan perangkat yang ada juga untuk menginspirasi teman-teman anggota muda lainnya bahwa kegiatan Summits On The Air tetap bisa dilaksanakan walaupun hanya dengan perangkat yang sederhana seperti hanya menggunakan HT. Penggunaan HT pada kegiatan SOTA cukup efektif selain ringan dan praktis pancatan yang dihasilkan cukup jauh karena posisi yang bagus diatas gunung. Komunikasi yang dilakukan cukup membuat senang YC2LLT selain hanya menggunakan perangkat sederhana ternyata dapat berkomunikasi hingga pacitan dengan YD3AXD yang merupakan log pertama pada kegiatan SOTA kali ini.

Dalam kegiatan SOTA yang dilakukan di alam tentunya banyak yang harus dipertimbangkan bukan hanya suksesnya melakukan SOTA. Barang bawaan seperti perlengkapan radio harus diperhitungkan semaksimal mungkin agar efektif dan efisien sehingga tidak memberatkan diri saat melakukan SOTA. Keselamatan tetap menjadi faktor penting dalam kegiatan SOTA sehingga semua membutuhkan persiapan yang baik, jika cuaca cukup buruk lebih baik menunda terlebih dahulu sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan SOTA tidak terjadi.

Special eQSL Card dari sang aktivator untuk yang terlogshet dapat diunduh di SINI

Semoga sedikit cerita tetang SOTA kali ini semoga dapat memginspirasi teman-teman anggota muda ORARI dan yang lainnya, sehingga semakin banyak activator activator lainnya khususnya di Jawa Tengah.(\tfb)

Tetap jaga keselamatan, safety safety salam lestari. 73.
KONTRIBUTOR: VINCENTIUS TEGAR DEWANTO YC2LLT

Sumber: YOTA ORARI Daerah Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan