Unar Reguler Berbasis CAT di Jawa Tengah

Ujian Nasional Amatir Radio ( UNAR) berbasis komputer merupakan perkembangan menuju tranformasi digital seperti yang disampaikan Ketua Orari Daerah Jawa Tengah – YB2BZ dalam sambutan saat Muslok ke 5 Orari Borobudur 2020 di Magelang. Ujian ini sudah diujicobakan diberbagai wilayah di Indonesia, diantaranya DIY, Makasar, Manado, Padang dan kota besar lainnya.
Orari Daerah Jawa Tengah bekerja sama dengan Balmon kelas 1 Semarang akan mengadakan Ujian Negara Amatir Radio (Unar) secara REGULER berbasis Computer Assisted Test (CAT). Unar reguler ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan kembali IAR yang dinyatakan sudah kadaluarsa dan harus mengikuti ujian ulang, tanpa harus menunggu jadwal unar secara umum atau non reguler. Pelaksanaaan unar ini adalah tahap uji coba untuk anggota dan calon anggota ORARI yang pertama kali diadakan secara reguler dalam Januari 2020. Selanjutnya dijadwalkan dilaksanakan setiap bulan selama tahun 2020 di Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Semarang. Jadwal unar yang sudah keluar di DIY bisa dilihat pada kalender unar dibawah ini;IMG-20200130-WA0004 Harapan di Jateng bisa mengungikuti jejak Balmon DIY setelah uji coba pertama sukses pada Tgl 10 Febuari 2020.

Karena berbasis CAT Semua tingkatan Siaga, Penggalang, dan Penegak akan menggunakan komputer saat ujian berlangsung. Karena keterbatasan dalam uji coba pertama kali ini diharapkan peserta membawa laptop sendiri-sendiri dahulu, sementara jaringan internet disediakan fasilitas wifi sebagai theatring.

Lokasi atau alamat Ujian Nasional Amatir Radio, UNAR Reguler di Jateng yaitu di Kantor Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas 1 Semarang, Komplek Semarang Indah Blok-
CIII/1-3 Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya Ujian Negara Amatir Radio (Unar) berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini dilakukan pertama kalinya saat unar di Jln.Pemuda No.294, Pendopo Kab. Klaten pada Tanggal 10 Nopember 2019. Saat uji coba kali itu berhasil dan diikuti peserta dari berbagai lokal.

Sementara tata tertib untuk mengikuti unar ini masih sama dengan sebelumnya saat pelaksanaannya masih secara manual seperti saat unar di Kendal, yaitu;

1. PESERTA UJIAN wajib hadir 30 menit sebelum pelaksanaan ujian dimulai
2. PESERTA UJIAN berpakaian rapi dengan kemeja berkerah dan bersepatu.
3. SETIAP PESERTA UJIAN wajib membawa kartu tanda peserta ujian dan kartu identitas diri (KTP/SIM) yang masih berlaku untuk ditunjukkan kepada pengawas ujian, BILA
TIDAK MEMENUHI BUTIR KETENTUAN INI, peserta ujian tidak diperbolehlan mengikuti ujian dan dinyatakan tidak lulus.
4. PESERTA UJIAN harus mengikuti seluruh mata ujian sesuai tingkat yang diikuti, apabila satu mata ujian tidak diikuti, dinyatakan tidak lulus.
5. PESERTA UJIAN dilarang membawa tas, buku dan catatab ke dalam ruang ujian.
6. PESERTA UJIAN dilarang pinjam meminjam alat tulis- menulis selama ujian berlangsung, bila ketahuan akan dihentikan dan pekerjaan harus dikumpulkan saat itu juga.
7. HAND PHONE/ ALAT TELEKOMUNIKASI wajib dimatikan atau di silent selama pelaksanaan ujian berlangsung.
8. PESERTA UJIAN dilarang bekerja sama, menyontek dan atau membawa catatan kecil yangbdigunakan untuk bahan menyontek,dan bila ketahuan akan dikeluarkan oleh pengawas ujian dan dinyatakan tidak lulus.
9. PESERTA UJIAN harus menjaga suasana tertib baik didalam maupun luar ruang ujian.
10. PESERTA UJIAN wajib mematuhi tata-tertib dan pengarahan yang telah diberika oleh panitia ujian.

Untuk syaratmengikuti unar ini calon peserta mendaftar secara online atau daring melalui web SDPPI, sedangkan syarat kenaikan tingkat dari siaga ke penegak dan dari penegak ke penggalang khusus ORARI DAERAH JAWA TENGAH kali ini ada tambahan syarat yang harus dipenuhi.

Program ini diharapkan dapat mempermudah pengguna frekuensi (amatir radio) untuk mendapatkan ijin sesuai yang telah ditentukan sesuai peraturan dan prosedur.

2 thoughts on “Unar Reguler Berbasis CAT di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan