Merayakan 8th Satelit IO-86 dengan FA8ULOUS

Satelit IO-86 FA8ULOUS Merayakan orbit Satelit IO-86 selama 8 tahun, Amateur Radio Satellite Indonesia AMSAT-ID adakan kegiatan dengan tema "FA8ULOUS IO-86".

Merayakan orbit Satelit IO-86 selama 8 tahun, Amateur Radio Satellite Indonesia AMSAT-ID adakan kegiatan dengan tema “FA8ULOUS IO-86”. Kegiatan 8th Satelit IO-86 FA8ULOUS akan berlangsung selama sepekan yaitu pada 23/09/2023 pukul 00:00 UTC sampai dengan 01/10/2023 pukul 23:59 UTC.

Menurut President AMSAT-ID, Muhammad Yasir Zain – YF3FEO tema FA8ULOUS IO-86 diambil dari kata FABULOUS. Artinya adalah yang menyerupai atau mengisyaratkan fabel : yang bersifat luar biasa, mencengangkan, atau dalam kata sifat hebat atau menakjubkan seperti dalam dongeng.

Selain sebagai perayaan ulang tahun mengorbitnya satelit IO-86 kegiatan ini bertujuan;

  • Meningkatkan kemampuan, keterampilan dan latih diri anggota ORARI khususnya AMSAT-ID di bidang komunikasi radio melalui satelit amatir.
  • Menjalin semangat kekeluargaan, mempererat tali persaudaraan dan menjunjung tinggi sportivitas sesama amatir radio.

Untuk itu seluruh anggota Amatir Radio dapat mengikuti kegiatan FA8ULOUS IO-86 melalui Voice Repeater (VR) Satelit IO-86 sesuai jadwal lintasan satelit. Oleh pihak dari PR Teksat BRIN akan menentukan jadwal dan selalu merilis setiap lintasan satelit IO-86 tersebut. Oleh karena itu ikutilah perkembangan jadwal dari semua mode; VR Phone, VR SSTV, VR Rattlegram dan APRS pada setiap lintasan satelit.

Dalam kegiatan FA8ULOUS IO-86 akan menggunakan seluruh mode tersebut diatas, dengan rincian sesuai petunjuk pelaksanaannya.

Rincian Juklak 8th Anniversary Satelit IO-86 FA8ULOUS

MODE VR (Phone)

  1. Peserta melakukan komunikasi di satelit IO-86 pada frekuensi uplink (TX) 145.880 MHz dan downlink (RX) 435.880 MHz (doppler ±10khz).
    Peserta memanggil YH0SAT dengan ketentuan yaitu :
    • Menyebutkan Callsign dan Report Signal (RST) dengan lengkap.
    • Menyebutkan 6 (enam) digit Grid Locator QTH lokasi pancar (contoh : OI33JR).
    • Mendapatkan balasan (Reply Report) secara sempurna dari YH0SAT.
    Contoh:
    Stasiun Panggil : YHØSAT this is YDØNXX 59 OI33JR
    Stasiun Jawab : YD0NXX this is YHØSAT 59 OI52JQ 73
  2. Peserta memasukkan log QSO (Callsign, Tanggal, Waktu (UTC), Grid Locator) pada Logger AMSAT-ID log.amsat-id.org.
  3. Peserta yang sudah berhasil log QSO tidak perlu memanggil stasiun YHØSAT di kesempatan selanjutnya (cukup satu kali) dan hasil QSO dapat dilihat di alamat website yang sudah ditentukan.
  4. SWL/non-Callsigner berkesempatan untuk berpartisipasi dengan cara merekam QSO yang berlangsung (RX Only) dalam bentuk video dan diunggah (upload) ke akun media sosial milik peserta (misal Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok dsb) dengan menggunakan tagar (hashtag) : #IO86Anniversary #Fa8ulousIO86.

MODE SSTV

  1. Peserta hanya melakukan penerimaan sinyal yang dikirimkan oleh stasiun yang telah ditentukan (YHØSAT) pada frekuensi downlink (RX).
  2. Gambar akan dipancarkan oleh YHØSAT dengan modulasi (MODE) PD90 di frekuensi downlink 435.880 MHz (doppler ±10khz) pada satelit IO-86.
  3. Gambar yang diunggah (upload) adalah gambar yang sesuai dengan yang dipancarkan oleh YHØSAT.
  4. Kualitas gambar minimal 50% dapat terlihat.
  5. Menyertakan watermark berupa Callsign / Grid Locator (contoh : OI33JR).
  6. Bagi peserta yang tidak memiliki Callsign dapat memberikan watermark berupa SWL / Nama (nickname) / Grid Locator (contoh : OI33JR).
  7. Hasil dari penerimaan gambar yang diperoleh dapat diunggah (upload) ke alamat yang sudah ditentukan.
  8. Gambar yang berhasil diterima dikirimkan pada form yang akan diumumkan pada website amsat-id.org maksimal 24 jam setelah gambar SSTV telah ditransmisikan.
  9. Total gambar yang akan ditransmisikan oleh NCS adalah sebanyak 6 (enam) buah gambar dalam 2 (dua) lintasan satelit yang sudah terjadwal.

MODE APRS

  1. Peserta melakukan komunikasi di satelit IO-86 dengan mode PKT yaitu APRS pada frekuensi 145.825 MHz.
  2. Penilaian komunikasi APRS berdasarkan kriteria yaitu :
    a. Melakukan pengiriman pesan (beacon) berupa pesan singkat “FA8ULOUS IO-86 [GRID_LOCATOR]”.
    b. Melakukan komunikasi 2 arah secara sempurna dengan stasiun YHØSAT.
    c. Melakukan komunikasi 2 arah antar stasiun secara sempurna.
    d. Stasiun satgate berkesempatan mendapatkan poin dengan cara mengirimkan screenshot log (direwolf/system satgate).
  3. Untuk poin a dan d harus mengunggah (upload) screenshot hasil penerimaan pada aplikasi yang digunakan ke alamat yang sudah ditentukan.
  4. Untuk poin b peserta memasukkan log QSO (Callsign, Tanggal, Waktu (UTC), Mode PKT, Grid Locator) pada Logger AMSAT-ID log.amsat-id.org.
  5. Untuk poin c peserta memasukkan log QSO (Callsign, Tanggal, Waktu (UTC), Mode PKT, Grid Locator) pada Logger AMSAT-ID log.amsat-id.org.
  6. Peserta hanya dapat melakukan sebanyak 1 kali untuk masing-masing item (Poin a, b, c & d).
  7. Gambar dikirimkan pada form yang akan diumumkan pada website amsat-id.org maksimal tanggal 2 Oktober 2022 pukul 23.59 WIB

MODE DIGITAL RATTLEGAM

  1. Peserta melakukan komunikasi di satelit IO-86 dengan mode PKT menggunakan aplikasi Rattlegram pada frekuensi uplink (TX) 145.880 MHz dan downlink (RX) 435.880 MHz (doppler ±10khz).
  2. Penilaian komunikasi Rattlegram berdasarkan kriteria yaitu :
    a. Peserta menerima pesan (RX Only) yang dapat ter-decode dan muncul pada tangkapan layar pada aplikasi Rattlegram.
    b. Peserta melakukan komunikasi 2 arah antar stasiun secara sempurna
  3. Untuk poin a harus mengunggah (upload) screenshot hasil penerimaan pada aplikasi Rattlegram ke alamat yang sudah ditentukan.
  4. Untuk poin b peserta memasukkan log QSO (Callsign, Tanggal, Waktu (UTC), Mode PKT, Grid Locator) pada Logger AMSAT-ID log.amsat-id.org.
  5. Peserta hanya dapat melakukan sebanyak 1 kali untuk masing-masing item.

EMCOMM EXERCISE COMMUNICATION

  1. Peserta melakukan komunikasi pada Kegiatan Emcomm Exercise yang telah terjadwal, bisa sebagai NCS, bisa sebagai pengirim berita.
  2. Peserta yang tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukan komunikasi baik sebagai NCS atau pengirim berita, dapat berpartisipasi dengan cara merekam penerimaan berita (RX Only) dalam bentuk video dan diunggah (upload) ke akun media sosial milik peserta (misal Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok dsb dengan menggunakan tagar (hashtag) : #IO86Anniversary #Fa8ulousIO86
  3. Akun media sosial yang digunakan tidak boleh di-private, sehingga dapat ter verifikasi.

SCHOOL CONTACT
Peserta dapat berpartisipasi pada kegiatan ini dengan cara merekam penerimaan berita kegiatan School Contact (RX Only) dalam bentuk video dan diunggah(upload) ke akun media sosial milik peserta (misal Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok dsb) dengan menggunakan tagar (hashtag) : #IO86Anniversary #Fa8ulousIO86

Dalam perayaan mengorbitnya Satelit IO-86 ke-8 tahun, AMSAD-ID juga mengharapkan peserta untuk mengikuti sarasehan FA8ULOUS melalui zoom meeting pada tanggal 28/09/2023 pukul 19.30 WIB. Untuk link undangan sarasehan 8th Satelit IO-86 FA8ULOUS zoom meeting peserta dapat melihat pada komentar posting artikel ini kemudian hari. Dalam mengikuti sarasehan peserta harus mengikuti hingga acara berakhir dan mengisi absen pada tautan (link) yang akan diberikan pada akhir acara.

seluruh peserta nantinya akan mendapatkan Award & eQSL jika memenuhi ketentuan. Penilaian point dan ketentuan-ketentuan untuk mendapatkan sertifikat AWARD dapat Anda baca selengkapnya pada penampil juklak dibawah ini.

Source: PETUNJUK PELAKSANAAN KEGIATAN FA8ULOUS IO-86 23 SEPTEMBER – 1 OKTOBER 2023

Tinggalkan Balasan