8C478HJM Hari Jadi Majene ke-478 dan Festifal Sandeq

8C478HJM Special Call Hari Jadi Majene ke-478 dan Festifal Sandeq

ORARI Daerah Sulawesi Barat Lokal Majene adakan SES 8C478HJM Hari Jadi Majene ke-478 dan Festifal Sandeq Tahun 2023.

Terdengar hari ini 12 Agustus 2023 SES 8C478HJM memanggil seluruh anggota Amatir Radio di frekuensi 7.115MHz. Operator yang menjadi Net Control Station (NCS) adalah seorang YL dan terdengar lantang dengan report 5/9+ 10dB di stasiun YC2TFB malam ini.

Saat mencoba memanggil dengan low power (dibawah 100Watt) menggunakan radio jadul Yaesu FT80C, Puji Tuhan YC2TFB terpanggil. Sayapun segera mencatat di logsheet dengan software yang saya pergunakan buatan sahabat saya yaitu 2DSV Logger pada pukul 11.18 UTC.

Setelah mencatat dan “ngelog” sejenak saya parkir di frekuensi yang dipergunakan oleh 8C478HJM untuk sekedar menyimak. Sejauh pendengaran saya, kegiatan tersebut berjalan lancar meskipun yang berpartisipasi cukup padat. Apalagi malam itu berbarengan dengan event ORARI Indonesia Award 2023.

Sambil nyimak kegiatan tersebut saya mencoba browsing dan mengingat kembali tentang artikel yang pernah saya tulis tentang sandeq di kegiatan Sandeq QSO Party yang diadakan oleh ORDA Sulbar tahun yang lalu.

Sandeq perahu khas Suku Mandar
Sandeq perahu khas Suku Mandar

Sementara Festival Budaya Sandeq yang rutin diadakan tiap tahun itu adalah untuk melestarikan perahu Sandeq yang merupakan perahu khas Suku Mandar bagian barat pulau Sulawesi.

Penamaan sandeq berasal dari bahasa mandar yang sama “sande’” yang berarti runcing, sebagaimana bentuk perahu tersebut yang memang nampak runcing di bagian haluan dan buritannya. Jenis perahu layar bercadik ini telah lama digunakan oleh para nelayan Mandar untuk melaut dan sebagai alat transportasi antar pulau.

Kemungkinan kegiatan yang dilakukan oleh ORARI Lokal Majene ini adalah sama halnya dengan Sandeq QSO Party yang lalu. Yaitu sebagai ajang promosi wisata bahari bagi salah satu kekayaan Nusantara melalui kegiatan Amatir Radio.

Yang jelas kegiatan 8C478HJM Hari Jadi Majene ke-478 dan Festifal Sandeq yang terpantau dari stasiun saya berjalan tertib. Hingga akhirnya diimbangi propagasi yang semakin menurun acara ditutup tepat pukul 13.30 UTC malam itu oleh NCS Some Old man

Semoga esok hari segera dapat eQSL Card atau semacamnya melalui link yang disediakan oleh panitia.

Tinggalkan Balasan