Malam Selikuran Gunung Sumbing

Masyarakat lereng Gunung Sumbing yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung biasanya melakukan tradisi Malam Selikuran Gunung Sumbing.

Masyarakat lereng Gunung Sumbing yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung, Magelang, dan Wonosobo biasanya melakukan tradisi Malam Selikuran Gunung Sumbing. Seperti halnya masyarakat Desa Pagergunung Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung akan melakukan kegiatan tradisi Budaya Malam Selikuran dengan pendakian di Gunung Sumbing.

22-23 April 2022 para pendadki dan masyarakat akan meakukan pendakian massal via Cepit Pagergunung Kec. Bulu, Kabupaten Temanggung.

Malam Selikuran Gunung Sumbing adalah tradisi yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan memasuki hari yang ke duapuluh satu (dalam bahasa jawa “selikur”). Tradisi turun temurun ini dilaksanakan sebagai peringatan Nuzurul Quran dan ritual pendakian oleh masyarakat sekitar untuk mengunjungi petilasan Kyai Makukuhan. Pada malam selikur diyakini sebagai hari Kyai Makukuhan bermunajah untuk perkembangan Islam di lereng Sumbing.

Untuk menyemarakkan acara Malam Selikuran tahun 2022 juga akan diadakan acara live musik dan 1000 Oncor (Obor). Kegiatan ini tentunya akan melibatkan ribuan masyarakat dan termasuk pecinta alam. Menurut kebiasaan pendaki bukan saja berasal dari daerah Temanggung akan tetapi banyak yang dari luar daerah dan provinsi.

Untuk mengikuti pendakian malam selikuran bagi yang dari luar kota diwajibkan oleh pihak panitia agar dapat menunjukkan bukti pernah divaksin minimal sekali. Sebagai data untuk menghadapi hal yang tidak diinginkan seluruh peserta juga diwajibkan mengisi daftar hadir yang akan disediakan oleh panitia.

Melalui surat Pemerintah Desa Pagergunung Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung Nomor ; 037/2005/IV/2022 Tertanggal 12 April 2022, tentang permintaan bantuan Dukungan Komunikasi dan Pengamanan, ORARI Lokal Kabupaten Temanggung akan menerjunkan beberapa anggotanya untuk melakukan tugas tersebut.

Untuk melaksanakan tugas Dukungan Komunikasi yang dimaksud, Ketua ORARI Lokal Kabupaten Temanggung Harun Winardi – YB2HRN menerbitkan Surat Perintah Tugas.

Surat Perintah Tugas DUKOM pelaksanaan kegiatan Budaya Malam Selikuran pendakian massal Gunung Sumbing Tahun 2022 selengkapnya dapat dilihat dibawah ini. (/2TFB)

Source: ORARI Daerah Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan