Tahun 2022 ORARI Daerah Kalimantan Utara terbentuk

Tahun 2022 ORARI Daerah Kalimantan Utara terbentuk setelah sukses melaksanakan Musyawarah Daerah I tanggal 12 Maret 2022 di Tarakan. Dengan demikian Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) bertambah 1 induk Organisasi Daerah yaitu ORARI Daerah Kalimantan Utara (ORDA Kaltara).

Pembentukan ORDA Kaltara adalah sesuai Anggaran Rumah Tangga (ART) dengan mempertimbangkan kemampuan organisasi dalam melaksanakan fungsi dan kegiatan, jumlah anggota serta pertimbangan lain untuk terselenggaranya organisasi.

Pembentukan ORDA Kaltara bermula atas dorongan dari beberapa lokal yang ada di Kalimantan Utara (Kaltara).
Sesuai ART Pasal 8 butir 3 tiap Provinsi dapat membentuk Organisasi Amatir Radio Daerah apabila pada propinsi tersebut telah berdiri sekurang-kurangnya 3 (tiga) Organisasi Lokal. Nama Organisasi adalah ORARI Daerah dengan nama Daerah karena berada di propinsi Kalimantan Utara maka nama Organisasi adalah ORARI Daerah Kalimantan Utara.

Masih pada pasal 8 ART ORARI, pembentukan ORARI Daerah (ORDA) baru ditetapkan oleh Ketua Umum ORARI, maka setelah dilakukan Musyawarah Daerah I ORDA Kaltara Ketua Umum ORARI Pusat mengesahkan ORDA Kaltara.

ORARI Daerah Kalimantan Utara terbentuk setelah sukses melaksanakan Musyawarah Daerah I yang diselenggarakan di kota Tarakan pada tanggal 12 Maret 2022

Pengesahan ORDA Kaltara dilakukan saat setelah melakukan Musyawarah Daerah (MUSDA) tgl 12 Maret 2022 yang diwakili oleh Sekretaris Jendral ORARI Pusat Yusuf Budhyanto YB3DY. Sekjen ORARI Pusat mendapat mandat secara langsung oleh Ketua Umum Pusat ORARI Donny Imam Priambodo yang berhalangan karena menghadiri MUSDA VIII ORDA DIY.

Dalam MUSDA ke-1 ORDA Kaltara melalui dukungan 4 ORARI Lokal yaitu Lokal Kota Tarakan, Kab. Malino, Kabupaten Tanah Tidung dan Lokal Kab. Bulungan, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua ORARI Daerah Kaltara yaitu ARIF SUPRABOWO YG7UAFU. Sementara susunan Dewan Pengawas dan Penasehat (DPP) adalah sebagai berikut;

  1. Ketua DPP Merangkap Anggota : Drs. Datu Buyung Perkasa M.Pd – YG7UACZ
  2. Sekretaris Merangkap Anggota : Hasan Basri-YF7UADF
  3. Anggota-anggota : Mochtar-YF7UABD, Maharani-YG7UAGN, Darham-YG7UFO

DPP dan Ketua ORARI Daerah Kaltara terpilih akan memimpin selama lima tahun ke depan masa bakti 2022-2027.

Sesuai catatan dinas kependudukan, Provinsi Kaltara ada empat Kabupaten dan satu Kota yaitu;

  1. Bulungan
  2. Malinau
  3. Nunukan
  4. Tana Tidung (KTT)
  5. Kota Tarakan

Dengan demikian ORARI Daerah Kaltara kedepan dapat dibentuk menjadi lima organisasi lokal, sesuai nama Kota dan Kabupaten yang ada.

Sementara untuk jumlah anggota, ORDA Kaltara akan terus berupaya menghimpun anggota bekerja sama dengan Kemenkominfo RI melalui Loka Monitor SFR. Sesuai fungsi dan kegiatannya ORDA Kaltara akan menyelenggarakan pelatihan dan bimbingan teknis seperti yang tertuang dalam Anggaran Dasar (Pasal 7).

Kegiatan pertama kalinya dalam sejarah terbentuknya ORDA Kaltara dilakukan pembinaan dan pembekalan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) kepada calon anggota. Pembinaan dan Bimbingan UNAR secara langsung disampaikan oleh Sekjend ORARI Pusat pada 13 MAret 2022.

Selamat atas terbentuknya ORARI Daerah Kalimantan Utara. Sebagai catatan lahirnya ORDA Kaltara, Semoga jaya dan sukses selalu.(/2TFB)

Tinggalkan Balasan