Cisadane Contest 2022

Cisadane Contest 2022

ORARI Lokal Kota Tangerang menyelenggarakan Cisadane Contest 2022 yang dijadwalkan tanggal 26 Februari 2022 mulai pukul 00:00 UTC – 23:59 UTC.

Kegiatan kontes Cisadane tahun 2022 adalah sebagai perayaan HUT ke-1 ORARI Lokal Kota Tangerang sekaligus memperingati HUT ke-29 Kota Tangerang. Sesuai rule disebutkan bahwa Cisadane Contest 2022 bertujuan untuk mempromosikan ORARI Lokal Kota Tangerang dan sebagai ajang latih diri dalam berkomunikasi.

Peserta terbuka bagi semua anggota Amatir Radio yang memiliki Izin Amatir Radio yang sah dan masih berlaku. Peserta juga berkesempatan untuk mendapatkan plakat dan hadiah uang tunai dengan nominal sesuai tingkat juara nasional dan harapan.

Kontes bekerja melalui 40 meter band dengan mode SSB (phone), semua peserta dapat menggunakan frekuensi antara 7.100 sampai 7.200 MHz. Tidak ada kategori Multi Operator (Club Contest / Club Station). Hanya satu kategori yang diperbolehkan untuk mengikuti Cisadane Contest yaitu single operator dengan maximal power 100 watt serta 1 transmisi.

Cara melakukan panggilan kontes / CQ Contest adalah dengan CQ Cisadane Contest. Pertukaran report yaitu Callsign + RS + dua digit kode provinsi (kode dapat dilihat pada tabel dibawah artikel ini).

Jika saya berasal dari Jawa Tengah maka pertukaran dapat dilakukan dengan contoh: “YC2TFB 59 JT“. Bagi peserta dari stasiun luar negeri (station DX) kode provinsi diganti dengan “DX” contohnya: “VU2GSM 59 DX”.

Point dihitung berdasar Komunikasi/QSO dengan sesama negara (2 point), dengan station dari continent yang sama (3 point) dan dengan station berbeda continent (5 point). Bonus senilai 29 point jika berhasil kontak/QSO dengan; YB1RZ, YB1SAM, YB1RUS, YB1SKR, YC1XCN, YC1RDX dan YC1TJJ.

Perolehan Satu Multiplier akan di peroleh melalui QSO dengan World Prefix pertama kali dan QSO dengan Kode Provinsi pertama kali. Score dihitung dengan cara total point dikalikan multiplier.

Logsheet hasil kegiatan Cisadane Contest 2022 pihak panitia hanya akan menerima dalam bentuk file cabrilio (.log atau .cbr). Panitia tidak akan menerima logsheet yang ditulis tangan dan yang dikirim melalui pos. Logsheet dapat diunggah melalui menu (upload/submit) pada cisadanecontest.com/log-submission/

Batas waktu unggah logsheet (upload/submit) adalah 7 (tujuh) hari setelah contest, jika melewati batas waktu, logsheet akan dianggap sebagai Checklog. Deadline pengiriman adalah tanggal 6 Maret 2022 pukul 23:59 UTC.

Ketentuan lain untuk mengikuti Cisadane Contest 2022
  • Self spotting tidak diperkenankan.
  • Tidak menggunakan frekuensi yang sedang dipergunakan untuk Net, SES, Emergency (7,110 MHz) dan sesuai Band Pland Amatir Radio.
  • Hanya satu sinyal pancaran pada satu stasiun yang diperbolehkan.
  • Panitia pelaksana berhak mendiskualifikasi peserta contest yang melanggar aturan.
  • Keputusan panitia pelaksana bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Sertifikat akan diberikan kepada peserta apabila mengunggah (upload) logsheet pada menu Log Submission. Bila terlambat mengunggah logsheet dari jadwal yang ditentukan, tidak akan mendapat sertifikat dan masuk ke dalam kategori checklog.

Software logger yang dipergunakan adalah N1MM logger+. Jika belum mempunyai software N1MM logger+ Anda dapat unduh/download melalui link ini: UNDUH N1MM logger versi terbaru 1.0.9461 (update 22/02/2022). Sebagai pendukung logger untuk kegiatan Cisadane Contest dibutuhkan file UDC Cisadane dan IDProv.sec [UNDUH FILE UDC CISADANE] [UNDUH FILE IDProv].

Hasil unduh / download file UDC silahkan dimasukkan ke PC/Laptop Anda dalam folder (default) : \Documents\N1MM Logger+\UserDefinedContests. Untuk file IDPROV.sec dimasukkan ke dalam folder (default) : \Documents\N1MM Logger+\SupportFiles.

Log Type Cisadane Contest 2022
Tabel Kode Provinsi untuk pengisian kolom Sent Exchange di N1MM Cisadane Contest
Kode ProvinsiNama Provinsi
ACAceh
BABali
BBBangka Belitung
BEBengkulu
BTBanten
GOGorontalo
JAJambi
JKDKI Jakarta
JBJawa Barat
JTJawa Tengah
JIJawa Timur
KBKalimantan Barat
KSKalimantan Selatan
KTKalimantan Tengah
KIKalimantan Timur
KUKalimantan Utara
KRKepulauan Riau
LALampung
MAMaluku
MUMaluku Utara
NBNusa Tenggara Barat
NTNusa Tenggara Timur
PAPapua
PBPapua Barat
RIRiau
SRSulawesi Barat
SNSulawesi Selatan
STSulawesi Tengah
SGSulawesi Tenggara
SASulawesi Utara
SBSumatra Barat
SSSumatra Selatan
SUSumatra Utara
YOYogyakarta

Sumber: https://cisadanecontest.com/

5 thoughts on “Cisadane Contest 2022

  1. I AM VU3SIO AND PARTICIPATED TODAYS CISADANE CONTEST. I WOULD LIKE TO SEND THE LOG. KINDLY GIVE ME THE LINK TO UPLOAD THE LOG OF THE CONTEST

Tinggalkan Balasan