BOTA iBOTA Pantai Losari Makassar Bukan Sekedar Hobby

Kegiatan Amatir Radio aktivasi pantai BOTA iBOTA Pantai Losari Makassar akan dilakukan oleh tim dari Jakarta Utara dan Makassar. iBOTA (Indonesian Beaches On The Air) Pantai Losari dilakukan selama dua hari yaitu 5-6 Febuari 2022 oleh beberapa aktivator secara bergantian.

Pantai Losari adalah pantai yang indah dan terletak di Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya ditepi Kota Makassar yang jaraknya sekitar tiga kilometer dari pusat kota. Untuk menuju Pantai Losari jika dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja melalui Jalan Tol Insinyur Sutami.

Di pantai ini terdapat taman yang disebut Pelataran Bahari (Taman Laut), dengan luas hampir satu hektar. Sebagai tempat wisata, setiap hari pantai Losari dikunjungi oleh warga lokal untuk menghabiskan waktu dan melepas penat sehabis aktivitas. Puncak pesona keindahan Pantai Losari dapat dilihat di saat matahari tenggelam dan lebih sempurna lagi jika cuaca cerah.

BOTA iBOTA Pantai Losari Makasar Bukan Sekedar Hobby
Pelataran Bahari dilihat dari atas

Diwaktu tertentu dapat juga disaksikan balap jetsky dan perahu tradisional jolloro katinting, perahu layar tradisional Sandeq dan yacht. Seperti kita ketahui perahu tardisional Sandeq juga digunakan sebagi nama Kegiatan Amatir Radio dengan Sandeq QSO Party.

Menjelang malam Pantai Losari ini juga semakin ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan atau hari libur. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai sambil makan pisang epe yang dapat dibeli di warung tenda. Pisang epe adalah pisang mentah yang dibakar dan dibuat pipih dicampur gula merah dan merupakan makanan khas Makassar.

Di Kawasan Wisata Pantai Losari Kegiatan Beaches On The Air akan dilakukan oleh YB0GIN dan YB0SHR portable 8. Rencana kegiatan aktivasi pantai ini sudah dilakukan jauh hari sejak Om Ginanjar YB0GIN dipercaya menjabat Pengurus ORARI Pusat bagian Kegiatan Amatir Radio. Bahkan YB0GIN berencana akan melakukan kegiatan Beaches On The Air di seluruh call area yang ada di Indonesia.

Aktivasi Pantai oleh YB0GIN bersama YB0SHR telah dilakukan beberapa kali melalui kerjasama dengan beberapa daerah. Anda dapat membaca ulang jejak aktivasi beliau yang ditulis pada artikel-artikel sebelumnya.

BOTA Pantai Losari Makassar kali ini adalah kerjasama antara anggota/tim dari Jakarta Utara dan Makassar. YB0GIN/8 dan YB0SHR/8 dijadwalkan pada tanggal 5 Febuari 2022 mengudara melalui 40 meter band dengan YB8EZY, YC8BHZ, YD8DYK, YC8DBI, YC8ASS, YB8FS dan YC8HFC dengan operasi Portable /P.

Pada hari berikutnya yaitu Minggu 6 Febuari 2022 aktivasi BOTA Pantai Losari kembali dilakukan YB0GIN/8 dan YB0SHR/8 dengan aktivator YD8DYK, YB8EZY, YC8ASS, YC8HFC dan YC8BHZ.

Dikutip dari website Indonesian Beches On The Air – ibota.id Daftar aktivator dan Jadwal Aktivasi Pantai Losari dapat dilihat dalam tabel dibawah ini;

ACTIVATORNAMAJAM/UTC
YB8EZYHJ. KASMALESTARI01.00
YB0GINH.R. Ginanjar Taufiq, S.IP., M.Si01.30
YC8BHZBACHTIAR. SE10.15
YD8DYXSUPARNO. BA11.15
YC8DBIA.WAHYUNI NYOMPA04.15
YB0SHRHJ. SAHARA SULTAN06.00
YC8ASSNURHASIAH07.15
YB8FSBAHARRUDIN NR08.00
YC8HFCHj Fath Habib09.15
Aktivasi Tanggal 05/02/2022
yc2tfb.net Write to Share
ActivatorNamaJam/UTC
YB0GINH.R. Ginanjar Taufiq, S.IP., M.Si00.15
YD8DYXSUPARNO. BA10.15
YB0SHRHJ. SAHARA SULTAN02.15
YB8EZYHJ. KASMALESTARI04.00
YC8ASSNURHASIAH05.00
YC8HFCHj Fath Habib06.00
YC8BHZBACHTIAR. SE07.00
Aktivasi Tanggal 06/02/2022

Sesuai yang telah dijadwalkan, semua aktivator akan memanggil chaser dari berbagai penjuru dunia yang dapat mendengarkan pancaran mereka. Sebagai upaya membantu mempromosikan tempat wisata tersebut, mereka juga akan mengabarkan keindahan pantai Losari untuk dikunjungi.

Sehingga BOTA iBOTA Pantai Losari Makassar bukan sekedar hobby untuk kesenangan pribadi, namun juga bermanfaat. YB0GIN sebagai Pengurus ORARI Pusat bagian Kegiatan Amatir Radio mengajak kepada yang tertarik untuk melakukan kegiatan yang sama dapat melakukan di lokasi masing-masing anggota Amatir Radio.

Sebagai pengakuan untuk mendapatkan award para aktivator dapat registrasi melalui DXPortable ibota.id dan atau DXPedition YB6_DXCommunity bota.yb6-dxc.net

FOX Hunting dalam rangka memeriahkan Rally Signal 2022 oleh ORARI Lokal Makassar

Selesai kegiatan aktivasi pantai BOTA iBOTA Pantai Losari YB0GIN bersama YB0SHR juga akan melakukan silaturahmi ke anggota ORARI Lokal Makassar. Selain itu juga akan menghadiri acara FOX Hunting dalam rangka memeriahkan Rally Signal 2022 oleh ORARI Lokal Makassar.

Kontributor: H.R. Ginanjar Taufiq, S.IP., M.Si – YB0GIN (Pengurus ORARI Pusat bagian Kegiatan Amatir Radio)

Tinggalkan Balasan