UNAR Reguler III Balmon SFR Kelas I Semarang tahun 2021

SEMARANG 31/05/2021. Balai Monitor SFR Kelas I Semarang, mengadakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Reguler ke 3 di Kantor Balmon Semarang. Komplek Semarang Indah Blok CIII/1-3, Semarang Jawa Tengah.

Sebelumnya Balmon Semarang telah membuka pendaftaran UNAR Reguler ke III ini sejak tanggal 19 Mei 2021 dengan kuota peserta dibatasi.

Jumlah peserta pendaftar dan kuota yang disediakan ternyata melebihi dari yang ditetapkan yaitu 15 peserta, hal ini menunjukkan bahwa kesadran masyarakat akan pentingnya Izin Amatir Radio dalam penggunaan frekwensi.

Ujian Negara Amatir Radio yang diselenggakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat ini, dibuka langsung oleh Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Semarang.

Dalam sambutannya Kabalmon berpesan setelah dinyatakan lulus dalam mengikuti UNAR agar tetap mematuhi penggunaan izin sesuai band plan dan tingkatannya sehingga tertib menggunakan frekuensi radio dapat terwujud.

Sementara Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah Ir. Drs. JB Praharto, M,Eng – YB2BZ yang hadir dalam UNAR tersebut menyampaikan “ORARI adalah organisasi yang anggotanya cerdas-cerdas. Dalam UNAR Reuler III tidak ada permainan angka untuk meluluskan, kalau tidak lulus ya harus mengulang” katanya. Ketua ORARI Daerah Jateng juga menegaskan agar setelah lulus bisa menjaga Kode Etik Amatir Radio dan mematuhi AD/ART.

10 peserta UNAR Reguler ke-III tahun 2021 terdiri dari anggota baru sebanyak 8 peserta kenaikan tingkat ke penegak 2 orang. Sedianya kuota 15 yang diberikan namun 5 peserta tidak melakukan pembayaran invoice akhirnya tidak mendapatkan kartu ujian.

Ada 2 peserta dinyatakan tidak lulus pada tingkat siaga karena berhalangan hadir (sakit). Sementara kedua peserta kenaikan ke penegak dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang UNAR berikutnya.(\2tfb)

Lain dengan Semarang Balmon Jogja Adakan UNAR Secara Rutin

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Yogyakarta (Balmon Jogja), juga mengadakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) yang diikuti enam puluh satu peserta pada 24 Mei 2021 yang lalu. Ujian diselenggarakan di Kawasan Kantor Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Yogyakarta, Jalan Cangkringan, Kalasan.

Jumlah Peserta UNAR di Balmon Jogja sebanyak 61 peserta berasal dari D.I.Y sebanyak 21 peserta dan 35 peserta dari Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur sebanyak 2 peserta, Jawa Barat 1 peserta, DKI 1 Peserta dan Sulawesi Selatan 1 Peserta. Peserta Siaga sebanyak 50, Penggalang 6 peserta dan Penegak 5 Peserta. Dari 61 peserta terdapat 7 peserta yang dinyatakan tidak lulus.(\2TFB).

Foto: Kiswanto – YC2BDS
Editor: Krisdianto – YC2TFB

1 thought on “UNAR Reguler III Balmon SFR Kelas I Semarang tahun 2021

Tinggalkan Balasan